Publikasi S2 Manajemen Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2021 | Analisis Kebijakan Pendidikan | Buku ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan tentang kebijakan pendidikan bagi pimpinan, pengambil kebijakan, dosen, kepala sekolah, pengawas, pemerhati dalam bidang manajemen, ekonomi, pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas tiga belas jenis tuliasan, sehingga pembahasannya lebih komprehensip, yaitu: Konsep Dasar Kebijakan Pendidikan. Inovasi dan perubahan dalam pendidikan. Pendidikan dan Perubahan Sosial Budaya. Pendidikan dan Gender. Pendidikan dan Ekonomi. Pendidikan dan Mobilitas Sosial. Pendidikan Multikultural. Pendidikan Inklusi. Pendidikan dan Teknologi Informasi. Analisis Kebijakan Pendidikan Tinggi. Implementasi Kebijakan. Monitoring dan Evaluasi Kebijakan. Penelitian Kebijakan Pendidikan |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Supervisi Pendidikan | Supervisi (Pengawas) pendidikan harus memiliki kemampuan profesional yang kredibilitas dalam pelaksanaan pengawasan. Kompetensi profesional pengawas diperlukan untuk meningkatkan kualitas pengembangan guru di sekolah. Pertanyaan tentang peningkatan kualitas pengembangan guru di sekolah terutama tergantung pada peran guru untuk memberikan dukungan dan layanan guru profesional untuk membuat tugas utama mereka lebih baik. Keuntungan didasarkan pada kapasitas pemantauan terkuat dari administrator dan pengawas untuk memenuhi tugas mereka secara bertanggung jawab. Pemantauan tidak hanya memenuhi dukungan dan penerapan teknik pemantauan, tetapi pemantauan diperlukan untuk memastikan keberhasilan proses dan hasil pemantauan. Buku Supervisi Pendidikan ini berisi tentang sebagai berikut: Konsep Dasar Supervisi Pendidikan Prinsip dan teknik supervisi Pendidikan Pengertian dan keterampilan dalam Supervisi Klinis Model, pendekatan dan teknik Supervisi Pendidikan Program Supervisi Pendidikan Pelaku-pelaku dalam Supervisi Pendidikan Supervisi Akademik Konsep, tujuan, komponen dan jenjang Akreditasi Problematika Supervisi Pendidikan Kepemimpinan pendidikan Kepala Sekolah sebagai Supervisor Monitoring dan Evaluasi Pendidikan |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Teori Manajemen Pendidikan | Buku Teori Manajemen Pendidikan ini penting dipelajari karena manajemen sebagai suatu seni dan ilmu pengetahuan telah dipelajari sejak lama dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Dalam Teori Manajemen Pendidikan dijelaskan bagaimana mengelola institusi pendidikan agar dapat mewujudkan tujuan pendidikan sehingga manajemen pendidikan sebagai suatu seni harus dapat mengelola kelangsungan pendidikan agar dapat memberikan impact yang diinginkan terhadap pendidikan, karena masih banyak institusi pendidikan yang belum memiliki manajemen yang baik dalam pengelolaan pendidikannya. Struktur penyajian buku ini terbangun atas sembilan bab yang menjelaskan secara komprehensif tentang: Bab 1. Pandangan tentang Manajemen Pendidikan. Bab 2. Karakteristik Konsep Manajemen Pendidikan. Bab 3. Berbagai Pendekatan dalam Manajemen Pendidikan. Bab 4. Perkembangan Teori Ilmu Manajemen. Bab 5. Fungsi-fungsi Dasar Manajemen. Bab 6. Bidang Garapan Manajemen Pendidikan. Bab 7. Inovasi dalam Manajemen Pendidikan. Bab 8. Model-model Manajemen Sekolah, dan Bab 9. Analisis Kebijakan dalam Pengelolaan Pendidikan. Buku ini sangat berguna untuk menambah pengetahuan bagi mahasiswa, guru, dosen, kepala sekolah, pengawas pendidikan, birokrasi pendidikan, dan pemerhati dalam bidang pendidikan dan manajemen. |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Manajemen supervisi pendidikan | Kualitas lembaga pendidikan di Indonesia adalah tergantung pada pengelolaan dari lembaga pendidikan itu, peran dan fungsi strategis ada pada kepala sekolah itu sendiri, lembaga pendidikan yang bermutu terbentuk karena peran serta dan upaya dari kreativitas kepala dan pengawas sekolahnya. Supervisi Pendidikan merupakan fungsi manajemen yang diperlukan untuk mengevaluasi kinerja organisasi atau unit-unit dalam suatu organisasi guna menetapkan kemajuan sesuai dengan arah yang dikehendak, supervisi akademik dan supervisi manajerial bagian yang terpenting pembinaan dan pengarahan menuju perbaikan kinerja personal guru dan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Buku ini membahas: Bab 1 Konsep Dasar Belajar Bab 2 Definisi Dan Dimensi Supervisi Bab 3 Prinsip-Prinsip Supervisi Untuk Pengelolaan Pembelajaran Bab 4 Pengendalian Dan Evaluasi Supervisi Bab 5 Parameter Evaluasi Dan Instrumen Evaluasi Guru Bab 6 Pengarahan, Pembinaan, Dan Bimbingan Guru Bab 7 Pengalian Kinerja Guru Bab 8 Efektivitas Penilaian Kinerja Bab 9 Pelaporan Kinerja Bab 10 Implementasi Supervisi Akademik Bab 11 Masalah Dan Hambatan Supervisi Pendidikan |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Manajemen Sistem Pembelajaran | Penulisan buku MANAJEMEN SISTEM PEMEBELAJARAN bertujuan untuk memperkaya referensi di bidang manajemen sistem pembelajaran. Di samping itu, buku ini juga dimaksudkan untuk membina dan mengembangkan kemampuan mahasiswa calon pendidik, praktisi pendidikan, mulai dari pendidik, dosen, penilik, pengawas, penentu kebijakan serta siapa saja yang menaruh minat dalam bidang pendidikan untuk menambah wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran di dalam kelas. Buku MANAJEMEN SISTEM PEMBELAJARAN ini terdiri dari 12 bab yaitu: BAB 1 Konsep Manajemen Sistem Pembelajaran BAB 2 Pendekatan Sistem Pembelajaran BAB 3 Fungsi-Fungsi Manajemen Sistem Pembelajaran BAB 4 Model Sistem Manajemen Pembelajaran BAB 5 Perencanaan Sistem pembelajaran BAB 6 Pengorganisasian Sistem pembelajaran BAB 7 Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran BAB 8 Menajemen Sistem Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran BAB 9 Pengembangan Media dan Sumber Belajar BAB 10 Manajemen Sistem Pengembangan Kurikulum BAB 11 Manajemen Sistem Supervisi Pembelajaran BAB 12 Sistem Evaluasi/Penilaian Pembelajaran |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Manajemen mutu pendidikan | Dalam mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan dibutuhkan manajemen mutu pendidikan. Manajemen mutu adalah suatu sistem untuk membantu satuan pendidikan. Manajemen mutu merupakan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan semua aktivitas kerja yang harus diselesaikan untuk mempertahankan mutu yang diinginkan. Dengan demikan, lembaga-lembaga pendidikan perlu mengembangkan sistem-sistem mutunya agar dapat membuktikan kepada publik bahwa mereka dapat memberikan layanan yang bermutu baik terkait dimensi layanan produk dan terutama terkait dimensi layanan jasanya. Pembahasan dalam buku ini adalah: Bab 1 Konsep Dasar Manajemen Mutu Pendidikan Bab 2 Hakikat Mutu Pendidikan Bab 3 Sejarah dan Tokoh Pemikir Mutu Bab 4 Penerapan Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Bab 5 Penjaminan Mutu Internal Bab 6 Penjaminan Mutu Ektsternal Bab 7 Strategi Pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Buku ini menyajikan pembahasan seputar manajemen mutu pendidikan. Adapun hal yang penulis bahas meliputi konsep dasar manajemen mutu pendidikan, hakikat mutu pendidikan, sejarah dan tokoh pemikir mutu, manajemen mutu pendidikan, penjaminan mutu internal, penjaminan mutu eksternal, akreditasi untuk penjaminan mutu eksternal, dan strategi pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan. |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan | Kualitas lembaga pendidikan di Indonesia adalah tergantung pada pengelolan dari lembaga pendidikan itu, peran dan fungsi stategis ada pada kepala sekolah itu sendiri, lembaga pendidikan yang bermutu terbentuk karena peran serta dan upaya dari kreativitas kepala dan pengawas sekolahnya. Supervisi Pendidikan merupakan fungsi manajemen yang diperlukan untuk mengevaluasi kinerja organisasi atau unit-unit dalam suatu organisasi guna menetapkan kemajuan sesuai dengan arah yang dikehendaki, supervisi akademik dan supervisi manajerial bagian yang terpenting pembinaan dan pengaahan menuju perbaikan kinerja personal guru dan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka buku ini menampilkan materi perkuliahan dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir mengenai; Bab 1 Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Bab 2 Pilar Pendidikan Bab 3 Pendidik Bab 4 Peserta Didik Bab 5 Belajar Dan Pembelajaran Bab 6 Sumber Dan Media Pembelajaran Bab 7 Kesulitan Belajar Bab 8 Permasalahan Pendidikan Bab 9 Pendidikan Sebagai Sebuah Sistem Bab 10 Pendidikan Sepanjang Hayat Bab 11 Pendidikan di Era Globalisasi |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Pengembangan Pembelajaran Daring Mata Kuliah Manajemen Peserta Didik Dalam Masa Pandemi Covid-19 | Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran daring pada mata kuliah Manajemen Peserta Didik di Angkatan 2019 (Kelas A dan B) melalui platform Google Classroom dan pengembangan bahan ajar mahasiswa untuk membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan Manajemen Peserta Didik. Hal ini sangat penting karena dengan menggunakan platform Google Classroom dan didukung dengan bahan ajar dapat memudahkan mahasiswa dalam belajar dan diskusi meskipun tidak tatap muka secara langsung. Metode yang digunakan adalah ADD (Analysis, Design, Development) bahan ajar mahasiswa dan pemanfaatan platform Google Classroom untuk pembelajaran daring. |
JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan) 5 (2), 130-138, 2021 | |
2021 | PELATIHAN PENYUSUNAN PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH BAGI KEPALA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN NGANJUK | Kurangnya pemahaman serta pengetahuan kepala sekolah tentang teknik penyusunan proposal Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) di kabupaten nganjuk menjadi salah satu permasalahan yang krusial. Permasalahan tersebut membutuhkan sebuah solusi berupa pelatihan secara berkesinambungan agar kepala sekolah dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan PTS serta bagaimana cara menyususn proposal PTS yang nantinya bisa di terapkan sekolah. Hal ini sangat perlu dilakukan agar para kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensinya sebagai kepala sekolah yang profesional. Melihat kondisi tersebut maka perlu diselenggarakan kegiatan pelatihan menyusun Proposal PTS bagi kepala sekolah SD di Kabupaten Nganjuk. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan ini meliputi metode ceramah, tanya-jawab, diskusi, pemberian tugas dan latihan mandiri, coaching dalam menyusun proyek proposal. Metode ceramah, tanya-jawab dan diskusi, digunakan pada saat pertemuan awal dan penyampaian materi pelatihan yang diberikan kepada peserta pelatihan. Metode pemberian tugas dan latihan mandiri penyusunan proposal digunakan pada saat melatih peserta pelatihan menyusun bagian-bagian dari komponen proposal. Produk PKM ini adalah: proposal PTS yang dibuat oleh kepala sekolah dan PTS digunakan untuk membuat rencana perubahan sekolah yang mengacu pada standart mutu. |
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (2), 2021 | |
2021 | Pemberdayaan Penjahit Masker Kain Anti Covid-19 di Kabupaten Ponorogo | Penyebaran Covid-19 berdampak besar pada kesehatan dan perekonomian masyarakat. Kesehatan dan perekonomian menjadi satu kesatuan yang harus diselesaikan secara seimbang. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat kali ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam menurunkan penyebaran covid dan membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian. Dalam mewujudkan tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup empat tahap, yaitu tahap perencanaan, survei kebutuhan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengabdian masyarakat kali ini diikuti oleh 25 penjahit yang berasal dari Desa Poko Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Masker yang diproduksi berjumlah 1000 masker yang selanjutnya akan didistribusikan kepada masyarakat Desa Poko untuk membantu pencegahan penyebaran Covid-19. Melalui pemberdayaan ini, selama 2 kali produksi 1 kelompok penjahit masker dapat menghasilkan penghasilan sebesar Rp 805.000 dan menyisakan masker senilai Rp 80.000, sehingga laba secara keseluruhan mencapai Rp 885.000. |
Abimanyu: Journal of Community Engagement 2 (1), 60-65, 2021 |