Pererat Tali Persaudaraan FIP UNESA dengan Halal Bihalal

fip.unesa.ac.id, Surabaya 22 April 2024 – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) pada Senin, 22 April 2024 menghelat acara Halal Bihalal bertema “Sucikan Hati Eratkan Ukhuwah untuk Mengembangkan FIP HANDAL” yang bertempat di Pendopo FIP.

Acara Halal Bihalal ini dihadiri jajaran pimpinan dan ketua lembaga mulai dari dekan, wakil dekan, seluruh koorprodi, dosen, tendik hingga mahasiswa. Tak hanya itu, kali ini FIP mengundang tamu kehormatan KH. Ahsanul Haqq, Wakil Ketua BAZNAS Jawa Timur dan Wakil Ketua MUI Jawa Timur.

Ketua Pelaksana, Dr. Ainur Rifqi, S.Pd., M.Pd., menuturkan, kegiatan halalbihalal yang dilaksanakan ini rutin setiap tahunnya setelah pelaksanaan Idul Fitri untuk kita mensucikan hati. “Sesuai tema kegiatan, ‘sucikan hati’ dengan saling memaafkan serta ceramah untuk menyegarkan keagamaan dan pikiran guna melangkah kearah yang lebih baik, kedua ‘eratkan ukhuwah’ berarti kita untuk bekerja bersama dalam meraih kesuksesan.” jelasnya.

Selanjutnya terkait Bulan Pendidikan, Ketua Pelaksana Bulan Pendidikan Dr. Syunu Trihantoyo, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan sejumlah rangkaian kegiatan bulan pendidikan bertemakan “Pendidikan untuk Transformasi: Aksi FIP UNESA Menuju Indonesia Emas 2045”. Agenda dari kegiatan bulan pendidikan diantaranya: (1) Gebyar dan Jalan Sehat pada 4 Mei 2024, (2) Gelar Karya Mahasiswa, (3) Seminar Kebangsaan Memperingati Hari Kelahiran Pancasila, (4) Mimbar Ilmiah. Tak ketinggalan berbagai macam supporting program dari prodi selingkung FIP serta supporting program dari ormawa selingkung FIP.

Dekan FIP UNESA Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. menyampaikan kegiatan halal bihalal diadakan sebagai ajang menjalin silaturahmi, mempererat hubungan, dan mempererat tali persaudaraan antara jajaran pimpinan maupun mahasiswa selingkung FIP. “Pertemuan ini juga merupakan wadah bagi kita untuk saling memaafkan dan memperbaiki hubungan yang mungkin terputus, marilah kita bersama-sama berupaya untuk senantiasa merawat dan melestarikan nilai-nilai kekeluargaan.” terangnya.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Kemahasiswaan, dan Alumni Prof. Dr. Madlazim, M.Si., dalam sambutannya mendukung pelaksanaan halalbihalal FIP, baginya kegiatan ini penting untuk mengoptimalkan kerja sama. Selain itu, kedatangan Prof. Dr. Madlazim, M.Si., bermaksud untuk meresmikan Bulan Pendidikan FIP dalam memperingati Hari Pendidikan 2 Mei.

Wakil Ketua BAZNAS Jawa Timur dan Wakil Ketua MUI Jawa Timur KH. Ahsanul Haq dalam tausiahnya menyampaikan mengenai Surah Maryam ayat empat sampai enam, di mana Nabi Zakaria walaupun sudah usia lanjut tetap memohon keturunan dengan maksud tidak mau jika pahala terputus pada beliau. Itu berarti setiap hal yang kita lakukan dalam bentuk ibadah dan amal sholeh, kedua orang tua kita mendapatkan pahala yang setara tidak berkurang sedikitpun. Ia juga mengapresiasi acara yang diselenggarakan FIP dan prodi selingkung yang telah menyelenggarakan kegiatan bermanfaat selama bulan Ramadhan dan dalam rangka bulan pendidikan.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan Banjari, Penampilan vokal oleh mahasiswa serta berbagai doorprize seperti sepeda lipat, setrika, rice cooker, dan masih banyak lainnya.

Penulis: Dede Rahayu