Membanggakan ! Ini lah Putra-Putri Fakultas Ilmu Pendidikan 2022


FIP.Unesa.ac.id- Surabaya, Fakultas Ilmu Pendidikan dihari terakhir berlangsung meriah, bahagia, dan antusias pada Rabu, 14 September 2022. Penutupan itu dirangkaian dengan penampilan dance oleh Putra-Putri FIP 2022, Penampilan dance oleh Putra- Putri dari beberapa Fakultas di Unesa dan Opening Speaker oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Mochammad Nursalim, M.Si. Ketua Pelaksana pemilihan Putra-Putri, Setyo Budi Nugroho mengatakan acara ini merupakan acara tahunan yang dilakukan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan yang setiap jurusan menyiapkan delegasi terbaik dari jurusanya untuk mewakili. Setyo mengatakan Banyak rintangan yang ia hadapi sebelum menjadi putra putri FIP yang bisa meningkatkan dan mengembangkan FIP untuk lebih baik lagi dan bersaing dengan fakultas yang lainya untuk memperebutkan putra- putri unesa pada tahun lalu.
Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Dr. Mochammad Nursalim M.Si. menuturkan bahwa sebelum menjadi seorang putra dan putri FIP, mahasiswa harus mempunyai 3 komponen dasar yaitu brain, beauty and behavior (3B). Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa Kegiatan pemilihan putra dan putri ini sengaja diadakan di outdoor FIP untuk mempertunjukkan dan memperkenalkan para finalis putra dan putri kepada warga Fakultas Ilmu Pendidikan. Beliau berharap kepada pemenang finalis putra dan putri FIP untuk bisa berkompetisi lebih giat lagi dan semangat lagi agar bisa membranding Fakultas Ilmu Pendidikan menjadi lebih baik lagi.
Kegiatan final pemilihan putra putri FIP ini diadakan diluar ruangan karena ingin mempertunjukkan dan memperkenalkan sehingga civitas akademika di FIP mampu mengenal adanya putra putri FIP. Pemilihan putra putri FIP ini mendapatkan hasil sebagai putra putri berbakat yaitu Bintang Irhash Bamanda dan Putri Divia Ayu Fotriyani. Sebagai putra putri favorit dimenangkan oleh Fawwas Firdaus Khaelani dan Putri Syailatur Rahmah. Sebagai Runner up putra putri dimenagkan oleh putra Bintang Ahmad Reza Bayu Mahardika dan putri Intan Khofifatus Sakinah. Putra putri FIP ini untuk juara 1 dimenangkan oleh putra Mukhammad Ryan Putra Ardhani dan putri Anak Agung Ayu Bintang Kusuma Dewi.
Menurut penuturan Putra Ryan selaku juara 1 pemenang pemilihan putra putri FIP menuturkan beberapa proses awal ia mengikuti pendaftaran dimulai ketika ia mendapatkan informasi dari kakak tingkat di jurusan BK, kemudian ia mencari beberapa informasi di instagram tentang pemilihan putra putri FIP. Ryan juga menuturkan beberapa persiapan yang ia lakukan sebelum mengikuti seleksi yaitu dengan banyak belajar wawasan informasi Fakultas Ilmu Pendidikan dan UNESA. Harapan yang disampaikan Ryan selaku pemenang juara 1 pemilihan putra putri FIP menuturkan Mungkin disini bukan hanya dilihat dari juara saja melainkan disini semua terbaik dan disini merupakan tanggung jawab dan ini merupakan tantang baru saya dan yang terpenting kedepannya bisa menjalankan tugas-tugas yang dapat direalisasikan dengan tepat.
Sedangkan menurut penuturan putri Anak Agung Ayu Bintang Kusuma Dewi menuturkan bahwa ia mengikuti putra putri FIP ini karena ia sangat tertarik terhadap dunia fashion sehingga ketika di fakultas terdapat pemilihan putra putri FIP ia langsung tertarik untuk mengikuti. Langkah awal yang ia lakukan untuk mempersiapkan diri yaitu dengan menjaga komitmen yang akan ia jalani kepada diri sendiri.
Hambatan yang dihadapi karena bertepatan dengan hari kuliah maka kesulitan nya yaitu mengatur waktu untuk kuliah nya dan tugas tugasnya. Bintang mengemukakan Tips dan trik tetap tenang dan tetap berafirmasi positif dan jangan pernah mengatakan tidak bisa, tidak pede, dan tidak berani. Selalu percaya diri saja bahwa kita bisa. Beberapa hal tersebut di hadapi dalam berbagai tahapan tes yang dilakukan mulai dari tes administrasi dengan mengumpulkan foto dan pengenalan diri, seleksi tes tulis dan wawasan umum dan wawasan FIP, dan tes minat bakat.
Penulis : Nisfi dan Farid
Editor : Dimas