FIP UNESA Selenggarakan FGD dalam rangka Dies Natalis UNESA Ke-58 dan Bulan Pendidikan


FIP.Unesa.ac.id, Jumat 10 Juni 2022 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Peran Strategis Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dalam membangun Karakter Pendidik . Acara FGD ini diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Unesa ke-58 dan peringatan bulan pendidikan FIP UNESA. Dilaksanakan di auditorium lantai 11 gedung rektorat Universitas Negeri Surabaya, acara FGD ini dihadiri oleh berbagai Narasumber yang hebat, diantaranya Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., Ketua Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ilmu Pendidikan (P3IP) FIP UNESA Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd., dan Ketua Umum Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) Prof. Dr .H. Muchlas Samani, M.Pd. Selain itu, Jajaran Dekanat FIP UNESA, Guru Besar, Dosen, Tenaga Kependidikan Selingkung FIP UNESA beserta perwakilan dari setiap Himpunan Mahasiswa Jurusan selingkung FIP UNESA juga turut hadir dalam acara tersebut.
Dalam sambutannya, Supriyanto, S.Pd., M.Pd., Selaku Ketua Pelaksana FGD menyampaikan bahwa dengan diselenggarakan nya Focus Group Discussion kali ini, diharapkan ada output yang dapat disampaikan kepada para pakar pendidikan. Focus Group Discussion ini merupakan suatu wadah bagi para tenaga pendidik, terutama segenap bapak/ibu civitas akademika FIP UNESA. Dengan diselenggarakan nya Focus Group Discussion kali ini, diharapkan hasil yang akan kita peroleh dapat kita sampaikan atau kita teruskan kepada para pakar pendidikan yang ada. Dekan FIP UNESA Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., Juga menambahkan bahwa kegiatan FGD kali ini merupakan serangkaian acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari pendidikan di FIP UNESA. Focus Group Discussion ini merupakan serangkaian acara dalam menyambut bulan pendidikan di FIP UNESA.
Seperti yang kita ketahui, Menjadi suatu lembaga pendidikan tidaklah mudah, banyak tantangan dan hambatan yang pastinya akan kita temukan. Maka dari itu, sebagai suatu lembaga pendidikan, Universitas Negeri Surabaya khususnya Fakultas Ilmu Pendidikan akan selalu berupaya mencetak tenaga pendidik yang berkualitas dan bermutu unggul .
Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Negeri Surabaya, Prof.Dr. Bambang Yulianto, M.Pd selaku pembicara kunci FGD mewakili rektor Universitas Negeri Surabaya, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. yang berhalangan hadir menyampaikan bahwa strategi Universitas Negeri Surabaya dalam membangun karakter pendidik yang kompeten yaitu dengan selalu menjadi pelopor kemajuan pendidikan di tanah air, serta mengoptimalkan pemanfaatan Sumber Daya Manusia yang ada. Sebagai suatu Lembaga Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya akan selalu turut serta menjadi pelopor pendidikan di Tanah Air dan terus berusaha memajukan Sumber Daya Manusia yang ada secara Optimal.
Materi Pertama disampaikan oleh Ketua P3IP FIP UNESA, Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd tentang membangun karakter guru melalui aktualisasi nilai-nilai karakter Ki Hajar Dewantara. Selanjutnya, Materi Kedua disampaikan oleh Ketua Umum LAMDIK Prof. Dr. H. Muchlas Samani, M.Pd. tentang membangun karakter pendidik dari sudut pandang penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan materi terakhir tentang peluang dan tantangan perguruan tinggi LPTK dalam membangun karakter pendidikan disampaikan oleh Dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr. Agus Suwignyo, M.A.
Dengan Berakhirnya acara Focus Group Discussion ini, diharapkan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya dapat semakin berkembang dan selalu menjadi pelopor dalam mencetak Tenaga Pendidik yang bermutu dan berkompeten, serta unggul di dalam dunia pendidikan Tanah Air kita tercinta.
Penulis : Vika Amalina
Editor : Hirnanda Dimas Pradana