FIP UNESA Mengadakan Coaching Manuscript of ICEI Bersama Para Dosen dari Luar Negeri


FIP.unesa.ac.id., Rabu 25 Mei 2022 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) mengadakan kegiatan Coaching Manuscript of International Conference on Education Innovation (ICEI) dalam rangka persiapan untuk menyambut acara 6th ICEI melalui Zoom meeting. Acara Pelatihan ini meniliki rangkaian yang sama seperti acara pelatihan sebelumnya. Yang membedakan yaitu jika acara sebelumnya hanya dihadiri oleh para dosen selingkung Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa, acara pelatihan kali ini dihadiri oleh beberapa dosen yang berasal dari Universitas di Luar Negeri antara lain King Mongkut’s University of Technology North Bangkok Thailand, the SEAMEO Secretariat Bangkok Thailand, AND the Bicol State College of Applied Sciences and Technology Philippines.
Tujuan dari diadakannya Coaching Manuscript ini yaitu untuk memberikan mentoring atau bimbingan kepada para Dosen yang berasal dari berbagai universitas dari luar negeri tersebut tentang hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam Kegiatan ICEI Tersebut.
Kegiatan coaching manuscript ini dihadiri oleh Dekan FIP UNESA, Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. Dalam sesi yang pertama, para Dosen yang berasal dari Universitas Luar Negeri tersebut diberikan pengarahan mengenai Digital Writing yang dipandu oleh Muhammad Nurul Ashar, S.Pd., M.Ed. yang menjelaskan bagaimana Template penulisan Artikel yang dipakai untuk ICEI, bagaimana cara mengatur grammar yang baik dan benar, lalu hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam sistematika penulisan Artikel yang baik untuk ICEI 2022.
Lalu selanjutnya dalam sesi yang kedua, Mereka diberikan pengarahan mengenai Open Conference System ICEI 2022. Dalam sesi ini, Hirnanda Dimas Pradana, S.Pd. M.Pd., menjelaskan tentang bagaimana tata cara melakukan submit Artikel yang telah dibuat oleh para Dosen dari Luar negeri tersebut kedalam Open Conference System (OCS) yang telah tersedia. Mulai dari tahap awal yaitu cara untuk membuat account, hingga tahap akhir yaitu memasukkan Artikel lalu mensubmit nya untuk di cek oleh para Editor.
Harapan dari diselenggarakan nya acara ini yaitu agar ICEI dapat terselengggara dengan baik serta paper yang masuk dapat memenuhi standard scopus oleh CRC Press. Selain itu juga agar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, mendapat rekognisi di mata dunia dalam bidang penelitian dan riset. Yang kami harapkan dari pelatihan ini yaitu agar Acara ICEI yang akan datang dapat terselenggara secara lancar serta Fakultas Ilmu Pendidikan dapat memperoleh pengakuan dimata dunia dalam bidang penelitian dan riset, karena hal tersebut dapat bermanfaat bagi kemajuan FIP kedepan nya ucap ibu Wulan Patria Saroinsong, S.Psi., M.Pd., P.hD. selaku ketua ICEI 2022.
Penulis : Vika Amalina
Editor : Hirnanda Dimas Pradana