Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) Berpartisipasi dalam UNESA Virtual Campus Expo: Membuka Peluang Baru bagi Calon Mahasiswa

Fip.unesa.ac.id, Surabaya 22 Maret 2024 – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) mengambil bagian dalam UNESA Virtual Campus Expo yang diadakan oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Acara ini merupakan langkah strategis FIP UNESA dalam membuka peluang baru bagi calon mahasiswa untuk mengenal lebih dekat program studi yang ditawarkan. Dalam UNESA Virtual Campus Expo, FIP UNESA memperkenalkan beragam program studi unggulan yang ada di dalamnya. Selain itu, FIP UNESA juga memperkenalkan fasilitas, kurikulum, dan kegiatan ekstrakurikuler yang dapat menjadi nilai tambah bagi mahasiswa yang bergabung.

Adapun prodi sarjana (S-1) yang ada di FIP UNESA yang ditawarkan dalam berbagai jalur penerimaan baik SNBP maupun UTBK-SNBT yang pendaftarannya sudah dibuka yaitu sebagai berikut.

  1. S-1 Bimbingan Konseling
  2. S-1 Teknologi Pendidikan
  3. S-1 Pendidikan Luar Sekolah
  4. S-1 Pendidikan Luar Biasa
  5. S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
  6. S-1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
  7. S-1 Manajemen Pendidikan
  8. S-1 Psikologi

“Partisipasi FIP UNESA dalam UNESA Virtual Campus Expo adalah wujud dari komitmen kami untuk memberikan akses yang lebih luas bagi calon mahasiswa yang tertarik untuk mengeksplorasi berbagai program studi yang kami miliki,” kata Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Pd. Acara ini juga menjadi kesempatan bagi para calon mahasiswa untuk mengetahui lebih lanjut tentang FIP UNESA. Mereka dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang proses pendaftaran, syarat masuk, serta peluang karir yang ditawarkan oleh setiap program studi. “Kami berharap bahwa melalui UNESA Virtual Campus Expo, kami dapat memberikan gambaran yang jelas dan komprehensif kepada calon mahasiswa tentang potensi dan peluang yang mereka miliki di FIP UNESA. Kami juga siap untuk mendukung mereka dalam meraih kesuksesan di masa depan,” tambah Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Pd.

Wakil Dekan I FIP, Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd, M.Pd, menambahkan bahwa FIP terus bertransformasi sebagai salah satu fakultas unggulan tidak hanya di UNESA, tetapi juga di Indonesia. FIP saat ini sudah memiliki sebanyak 20 prodi dengan rincian, 8 prodi sarjana (S-1), 8 prodi magister (S-2), dan 4 prodi doktor (S-3). Dari jumlah prodi terbanyak se-UNESA itu, terdapat 8 prodi sarjana (S-1) sudah terakreditasi nasional dengan 7 prodi di antaranya sudah mengantongi akreditasi unggul dan 4 prodi mengantongi akreditasi internasional dari FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) dengan status “unconditional”. Selain itu, 4 prodi lainnya sedang proses pengajuan akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik). Sedangkan program magister (S-2) memiliki 8 prodi dan program doktor (S-3) 4 prodi juga sudah terakreditasi nasional, rata-rata unggul.

Sementara itu, Wakil Dekan II FIP, Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd., menambahkan FIP telah 3 tahun berturut-turut mendapatkan juara kerja sama nasional maupun internasional terbanyak se-Unesa, yaitu dari prodi: PG-PAUD, PGSD dan MP. “Dengan meraih kerja sama terbanyak yang mencapai 6.000 dokumen kerja sama dalam dan luar negeri FIP mensuport UNESA sehingga mendapat juara 1 dalam IKU-6. Berkat penguatan kerja sama itu juga, program internasionalisasi FIP terus berkembang,” ucapnya. Selain prestasi secara kelembagaan, banyak mahasiswa dan dosen FIP yang meraih prestasi di tingkat lokal, nasional, dan internasional dalam berbagai bidang, seperti pendidikan dan olahraga. Beberapa dosen juga telah mendapatkan penghargaan dari kementerian atas kontribusinya dalam dunia pendidikan.

Para calon mahasiswa yang berminat untuk bergabung dengan FIP UNESA dan mengeksplorasi lebih lanjut tentang program studi yang ditawarkan dapat mengakses platform UNESA Virtual Campus Expo melalui situs web resmi UNESA.