MataKuliah Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus


Deskripsi

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar intervensi dini anak berkebutuhan khusus (pengertian, tujuan, manfaat, fungsi dan prinsip intervensi dini ABK), teori-teori yang berkaitan dengan intervensi dini anak berkebutuhan khusus (ABK), karakteristik ABK dan aspek-aspek pada ABK yang perlu diintervensi dini, ruang lingkup, jenis jenis intervensi dini ABK berkaitan fisik motorik, pra-akademik dan akademik, ADL/Activity Daily Living, adaptive behavior/perilaku adaptif, psikososial, kesulitan belajar, bahasa, bidang edukatif, dsb. (physical development, language development, cognitive development, psychosocial development). permasalahan intervensi dini ABK dan parents involment (keterlibatan orang tua), rujukan (referral) dalam intervensi dini ABK, materi/bahan dan pengukuran intervensi dini ABK, identifikasi dan asesmen dalam intervensi dini ABK sebagai dasar intervensi dini ABK, program intervensi dini bagi ABK, srategi konvensional, strategi berbasis online leraning, metode, teknik, media (digital dan non digital), teknologi asistif dalam implementasi intervensi dini ABK dan PDBK, metode drill, remedial, applied behavior analysis, bermain, musik, sensori integrasi, scaffolding, task analysis, modeling, home program, online learning, dsb., ;media digital dan non digital dalam implementasi/pelaksanaan intervensi dini ABK, pemecahan masalah intervensi dini ABK dan PDBK melalui karya ilmiah dalam bentuk artikel atau karya lainya, praktek program berkaitan intervensi dini ABK dan PDBK di sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK dan laporan praktek program intervensi dini ABK dan PDBK. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dengan model pembelajaran kooperatif, case study, project based learning, problem based learning, kolaboratif, kontekstual.


Referensi
  1. Bagnato, S.J. 2007. Authentic Assessment for Early Childhood Intervention: Best Practices. New York: The Guilford Press A Division of Guilford Publications, Inc., www.guilford.com.
  2. Bagaskorowati, R. 2007. Identifikasi, Asesmen, Intervensi Dini . Jakarta: Dirjend. Dikti Depdiknas.
  3. Eaton, E. 2012. Early Intervention and Special Education. Fisher Digital Publications at St. John Fisher College , https://fisherpub.sjfc.edu/education_ETD_masters/285.
  4. Nurakhmi, R., Santoso, Y.B., Pangestu, P.D. 2019. Menemukenali dan Menstimulasi Anak Penyandang Disabilitas Panduan Dasar untuk Orang Tua, Keluarga dan Pendamping . Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
  5. Sattler, Jerome, M. 2002. Assesment of Children Behavioral and Clinical Applications . San Diego: Jerome M. Sattler, Publisher, Inc.
  6. Sunardi, Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Dirjend. Dikti Depdiknas.
  7. Widajati, W., Mahmudah, S. 2018. Metode ABA (Kiat Mengatasi Perilaku Anak). Surabaya: Unipress Unesa.
  8. The Early Intervention Service. 2011. Special Education through the New Zealand Government Relay Service on 0800 4 711 711 or go to www.nzrelay.co.nz

Dosen Pengampu
Prof. Dr. Murtadlo, M.Pd
NIP 195611231985031001
NIDN 0023115601
Dr. Dra Wiwik Widajati, M.Pd
NIP 196204181987032001
NIDN 0018046201
Drs Pamuji, M.Kes
NIP 196207161988031012
NIDN 0016076204