Deskripsi
Matakuliah ini mengkaji hakekat inovasi pendekatan pembelajaran bagi ABK , konsep pendekatan pembelajaran, implementasi inovasi pembelajaran bagi ABK di kelas khusus dan inklusi. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat inivasi pembelajaran, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor ABK dalam mengikuti pembelajaran bagi ABK baik di kelas khusus maupun di kelas inklusi. Implementasi strategi, teknik penyampaian dan penilaian inovasi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan menyelesaikan inovasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan inovasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran membaca, menulis, berhitung bagi anak berkebutuhan khusus.
Referensi
Arends, Richard I. 2012. Learning To Teach sixth Edition. New York: McGraw-Hill Book Company.
Vaughn, S., C.S.Bos & J.S. Schumn. (2000). Teaching exceptional, diverse, a nd st risk students in the general education classroom . Boston: Allyn Bacon.
Joyce, B., & Weil, M. (1996). Models of teaching (5th ed.). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Nash, Ron J. (2010). The active classroom field book: Success stories from the active classroom. USA: Corwin.
Westwood, P. (1993 ). Commonsense methods for children with special needs . London : Routledge.
Brooks, J.G. & Brooks, M. 1993. The case for consturctivist classrooms . Alexandria: ASCD
Gardner, H. 1993. Multiple intelligences: the teory in practice . New York: Basic Books
Slavin, R.E. 1991. Educational psychology . Third edition. New York: Allyn & Bacon
Dosen Pengampu
NIP 195910081986031002
NIDN 0008105912