MataKuliah Filsafat Pendidikan Luar Biasa


Deskripsi

Matakuliah ini mengkaji hakekat filsafat dan filsafat pendidikan bagi pembelajaran anak berkebutuhan khusus, konsep ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam pendidikan, implementasi aliran filsafat bagi pendidikan anak berkebutuhan khusus. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat filsafat pendidikan, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor anak berkebutuhan khusus dalam mengimplementasikan pemikiran para filsuf pendidikan. Implementasi implikasi pemikiran filsuf pada strategi, teknik penyampaian dan penilaian pembelajaran anak berkebutuhan khusus untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pemikiran Kihajar Dewantara untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran anak berkebutuhan khusus.


Referensi

  1. Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I (Pendidikan) dan II (Budaya). Yogya: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
  2. Gunawan.2009. Menuju Jati Diri Pendidikan yang Mengindonesia. Yogya: Gadjah Mada University Press.
  3. Kuhn. Thomas S. 2005. Peran Paradigma Dalam revolusi Sains, Bandung: RemajaRosdakarya
  4. Liang The. Gie. 2000. Pengantar Filsafat Ilmu, Yogyakarta: Liberty.
  5. Madden, Edward H. 1968. The Structure of Scientific Thought, London: Routledge & Kegan Paul
  6. Moore,T.W.1982.Philosophy of education: an introduction.London:Routledge & Kegan Paul.
  7. Ruitenberg, Claudia W. 2012. Philosophy and Lived Experience: A Phenomenological Revival.Illinois: Philosophy of Education.
  8. Sadulloh. Uyoh. 2011. Pengantar Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta
  9. Soemargono, Soejono. 2004. Pengantar Filsafat Louis O. Kattsoff. Terjemah. Yogya: Tiara Wacana
  10. Suriasumantri, Jujun. 2002. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer . Jakarta: Pusaka Harapan.
  11. Suriasumantri,Jujun.2003. Ilmu Dalam Perspektif, Sebuah Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu . Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  12. Tafsir. Ahmad.2010. Filasafat Pendidikan Islami, Bandung: Remaja Rosdakarya

Dosen Pengampu
Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd
NIP 195703101984032001
NIDN 0010035705
Dr Dra Asri Wijiastuti, M.Pd
NIP 196110131986032001
NIDN 0013106103