Mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan FIP UNESA Gali Pengalaman Melalui Internship di UT untuk Memperdalam Pengembangan dan Pengelolaan Sumber Belajar Berbasis Teknologi

Fip.unesa.ac.id, Jakarta 15 Nopember 2023 – Sejumlah mahasiswa dari Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (TP FIP UNESA) mengambil langkah signifikan dalam pengembangan profesionalisme mereka melalui program internship yang mengedepankan pemahaman mendalam tentang pengembangan dan pengelolaan sumber belajar berbasis teknologi. Destinasi pilihan kali ini adalah Universitas Terbuka (UT), institusi pendidikan tinggi yang telah menunjukkan kepemimpinan dalam penerapan teknologi canggih dalam proses pembelajaran.

Program internship ini dirancang untuk memberikan mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan Unesa pengalaman nyata di dunia nyata terkait dengan pengembangan dan pengelolaan sumber belajar. Dengan fokus utama pada teknologi pendidikan, para mahasiswa berkesempatan melihat secara langsung bagaimana teknologi dapat diterapkan secara efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Universitas Terbuka (UT) diakui sebagai lembaga yang memiliki kesuksesan dalam menerapkan teknologi dalam konteks pembelajaran. Kolaborasi antara Unesa dan UT dalam program ini diharapkan dapat menghasilkan pertukaran ide dan pengetahuan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak.

Menyikapi program ini, Koordinator prodi S2 Teknologi Pendidikan Dr. Andi Mariono, M.Pd., menyatakan, “Kami senang berkolaborasi dengan UT dalam memfasilitasi mahasiswa kami dalam menggali potensi teknologi pendidikan. Kolaborasi semacam ini tidak hanya memberikan manfaat bagi mahasiswa, tetapi juga membantu menciptakan fondasi yang lebih kuat untuk masa depan pendidikan yang berbasis teknologiā€. “Mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan membawa semangat yang luar biasa dan keinginan untuk belajar. Kami yakin bahwa pengalaman mereka di UT akan memberikan pandangan baru dan wawasan berharga dalam menghadapi tantangan pendidikan abad ke-21,” tambahnya.

Selama kegiatan, mahasiswa tidak hanya mendapatkan wawasan teoritis, tetapi juga terlibat secara langsung dalam pengembangan dan pengelolaan sumber belajar di lingkungan akademis UT. Mereka diberi kesempatan untuk menyaksikan dan berpartisipasi dalam proyek-proyek inovatif yang sedang berlangsung di UT, termasuk pengembangan platform pembelajaran daring, pemanfaatan internet dalam pembelajaran, dan eksplorasi teknologi terkini dalam proses pendidikan. Program ini memberikan akses kepada mahasiswa untuk menyaksikan inovasi teknologi pendidikan yang sedang berkembang pesat. Mulai dari integrasi teknologi ke dalam pembelajaran, pemanfaatan big data untuk meningkatkan pengalaman belajar, hingga pengembangan aplikasi pendidikan yang dapat meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.

Menghadapi era digital yang terus berkembang, mahasiswa S2 Teknologi Pendidikan FIP UNESA diharapkan dapat membawa pulang pengetahuan dan keterampilan baru. Program ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam merancang, mengembangkan, dan mengelola sumber belajar yang relevan dengan kebutuhan zaman. Selain memberikan kontribusi pada kemampuan mahasiswa, program ini juga menciptakan ruang untuk pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara mahasiswa Unesa dan fakultas di UT. Hal ini diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar dan menginspirasi kolaborasi lebih lanjut di masa depan. Selama kegiatan nternship, mahasiswa mendapatkan pendampingan langsung dari Koordinator Program Studi S2 Teknologi Pendidikan, Dr. Andi Mariono, M.Pd., beserta para dosen yakni Dr. Fajar Arianto, dan Dr. Alim Sumarno, M.Pd., dari Program Studi S2 Teknologi Pendidikan Unesa.

Dukungan ini bertujuan untuk memastikan mahasiswa dapat memaksimalkan manfaat dari pengalaman lapangan mereka. Program internship ini bukan hanya tentang melihat perkembangan teknologi, tetapi juga tentang bagaimana mahasiswa dapat menjadi agen perubahan di dalam konteks pendidikan. Dengan membawa pulang pengetahuan dan pengalaman baru, mahasiswa diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.