fip.unesa.ac.id SURABAYA – Mahasiswa Program Pascasarjana S2 Pendidikan Luar Sekolah FIP UNESA telah melaksanakan kegiatan Diskusi Produktif dengan pengurus Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat FIB, Fanana Insan Baksa, pada hari Jum’at, 9 Mei 2025 yang berlokasi di Perum Joyogreen, Merjosari, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.
Kegiatan yang merupakan bagian dari tugas mata kuliah manajemen PNF yang diampu oleh Dr. Widodo, M.Pd., bertujuan untuk mendalami peran penting Lembaga Satuan Pendidikan Nonformal (SPNF) dalam menyediakan layanan pendidikan inklusif atau education for all.
Rombongan mahasiswa S2 PLS UNESA disambut hangat oleh pengelola PKBM FIB dan mahasiswa S1 yang sedang magang. Para mahasiswa diajak berkeliling area PKBM untuk melihat secara langsung proses pembelajaran bernuansa alam, termasuk kegiatan rutin menanam setiap Jumat dan kandang hewan yang dirancang sebagai sarana pembelajaran tanggung jawab dan pemeliharaan hewan. Mahasiswa juga berkesempatan melihat ruang kelas indoor dan interaksi antara tutor dengan peserta didik.

Selanjutnya, rombongan dibersamai owner atau CEO Sekolah Dolan (PKBM FIB School of Talents) oDrs. Lukman Hakim, M.Pd,. Dalam suasana yang nyaman, mahasiswa mengamati berbagai hasil kreativitas peserta didik dan sudut toko yang menjual produk hasil karya PKBM FIB. Kunjungan ini bertujuan untuk belajar mengenai pengelolaan PKBM FIB, termasuk aspek manajerial, sebagai bekal untuk mendirikan PKBM di daerah masing-masing.
“Lembaga kami berdiri pertama kali itu harus memperkuat jaringan dan manajemen tentunya berhubungan dengan proses, perencanaan jadi manajemen tidak ada perencanaan yang tidak bagus, tidak mungkin manajemennya bagus. Perencanaan aksi, rencana yang tertata dengan baik mulai dari keungannya, SDM, jejaring” ujar bapak Lukman memaparkan perjalanan pendirian dan pengembangan PKBM FIB. Kegiatan diakhiri dengan kunjungan ke Gedung Utama PKBM FIB yang dilengkapi fasilitas desain, broadcasting, fotografi, dan musik, serta sesi foto bersama.
Kegiatan diskusi produktif dan kunjungan lapangan ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam bagi mahasiswa S2 PLS Unesa mengenai pengelolaan lembaga pendidikan nonformal dan perannya dalam mewujudkan pendidikan untuk semua, sekaligus menjadi bekal berharga untuk pengembangan PKBM di daerah masing-masing.
Penulis: Dyah Ayu Hardiyanti (TP)
Dokumentasi: Tim S2 PLS