FIP Unesa Berbagi di Bulan Suci Ramadhan

Surabaya- berbagi merupakan perbuatan yang terpuji, apalagi pada bulan suci rahmadhan yang penuh keberkahan ini. Pada bulan suci rohmadhon manusia khususnya kaum muslim berlomba-lomba dalam berbuat baik, perbuatan baik ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, akan tetapi salahsatu kegiatan yang khas dilakukan pada bulan Rohmadhon ialah Bagi-bagi takjil. Seperti yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya, kegiatan ini telah menjadi kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya. Pada wawancara, Rektor Unesa Bapak Prof. Dr. Nurhasan, M. Kes. Mengutarakan bahwa kegiatan bagi-bagi takjil telah diselenggarakan Unesa sejak 4 tahun lalu,  yang pada awalnya berlokasi di lampu merah serta pinggiran jalan, akan tetapi dianggap tidak efektif sehingga mengubah lokasi kegiatan di depan gerbang Unesa Lidah Wetan, yang kemudian hingga saat ini tetap diterapkan.

Kegiatan Bagi-Bagi Takjil yang bertemakan berbagi dibulan suci ini diselenggarakan pada tangga 6-19 Mei 2019 atau pada hari pertama Rohmadhon hingga hari ke 14 Rohmadhon. Kegiatan ini berlokasi di depan Gerbang Unesa Lidah Wetan. Dalam menyelenggarakan kegiatan ini Unesa pada tahun ini bekerjasama dengan Wong Bodho. Panitia pada Kegiatan ini diselenggarakan secara bergiliran, pada hari pertama dan Kedua di panitiai oleh Kantor Pusat, kemudian hari selanjutnya disambung oleh panitia dari masing-masing fakultas. Fakultas Ilmu Pendidikan mendapatkan urutan panitia ketiga setelah fakultas bahasa dan seni. Kepanitiaan dari FIP dikoordinir oleh Drs. Mochamad Nursalim, M. Psi. selaku Dekan FIP. Bapak Heryanto Susilo, S.Pd., M.Pd. selaku Dekan III FIP mengungkapkan bahwa acara pada hari tersebut berjalan dengan Lancar, Beliau juga mengungkapkan kesan yang sangat senang dan sangat kompak, beliau juga mengharapkan agar kegiatan demikian dapat membangun kebersamaan serta memahami makna Berbagi dibulan suci.

Tujuan dari kegiatan ini ialah memberikan kesempatan kepada masyarakat umum khususnya pengendara yang sedang melintas pada saat berbuka untuk dapat berbuka puasa. Selain itu kegiatan ini juga menunjukkan pada masyarakat bahwa perguruan tinggi bukanlah suatu yang tidak dapat dijangkau oleh masyarakat, dengan kegiatan ini Unesa membuktikan bahwa perguruan tinggi juga dapat bergaul dengan masyarakat, kemudian agar dapat bersilaturahmi baik antara sivitas akademika maupun yang lain. Ungkap Pak Nurhasan. Beliau juga mengharapkan Kegiatan ini dapat menyentuh Hati masyarakat Akan Pentingnya berbagi, Ungkap bapak Nurhasan. (hdk/PIF)