Stop Kekerasan pada Anak, Siapkan Semua yang Layak untuk Anak

Acara Talkshow Cendekian TVRI bersama Unesa kali ini mengangkat topik “Mengagas Pendidikan Layak Anak”, Selasa (25/07/2017). Talkshow dengan durasi 1 jam ini menghadirkan beberapa narsumber yakni Dr. Gunarti Dwi Lestari M.Pd M.Si,  Wakil Dekan dan Kemahasiswaan Bidang II FIP, Dr. Budiyanto M.Pd, Dosen Pendidikan Luar Biasa dan Pasca Sarjana Unesa dan Nikia, S.Pd selaku alumni Psikologi Unesa..

Dr. Gunarti Dwi Lestari M.Pd M.Si menyampaikan bahwa pendidikan di Jawa Timur sendiri mulai dari tingkatan SD hingga SMA harus memiliki 8 standart pendidikan yaitu standart kompentensi lulus, standart isi, standart proses, standart pendidikan dan tenaga pendidikan, standart sarana dan prasarana, standart pengelolaan, standart pembiayaan pendidikan, standart penilaian pendidikan. Itu semua mengacu untuk menjadikan pendidikan di Indonesia Khususnya Jawa Timur bisa menjadi lebih baik.

Pendidikan yang baik menurut Dr. Budiyanto M.Pd, adalah pendidikan yang layak pada anak terutama pada Anak Berkebutuhan Khusus atau ABK. Anak ABK perlu penanganan khusus dalam masalah pendidikannya. Terutama dalam memenuhi hak anak, anak sendiri juga memiliki 10 hak. 10 hak anak yaitu, Hak untuk bermain, hak mendapatkan pendidikan, hak untuk dapat perlindungan, hak mendapatkan nama, hak mendapatkan status kebangsaan, hak untuk mendapatkan makanan, hak untuk mendapatkan akses keehatan, hak untuk mendapatkan rekreasi, hak untuk mendapatkan kesamaan, hak untuk memiliki peran dalam pembangunan. Hak – hak tersebut wajib dimiliki oleh anak apa lagi sama Anak Berkebutuhan Khusus harus lebih berbeda dengan anakl yang lain.

Setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda, menurut Dr. Gunarti Dwi Lestari M.Pd M.Si ada beberapa faktor dalam menentukan perkembangan anak, faktor keluarga, faktor satuan pendidikan, serta faktor masyarakat yang biasa disebut dengan Tri Centra Pendidikan. Kata kunci dalam mendidik adalah pendidikan yang diajarkan pada anak haruslah menyenangkan itulah yang diebut pendidikan yang layak pada anak, pangkas Nikia, S.Pd selaku alumni Psikologi Unesa

Nikia, S.Pd memaparkan dalam mendidik anak disekolah tidak semua merupakan tanggung jawab seorang guru saja tapi orang tua juga harus memahami tumbuh kembang anak. Yang harus diperhatikan mengenai aspek anak dalam mendidik yaitu, bahagia, emosional, sosial, seni, dan kognitif. Perlu juga memahami tingkat usia pendidikan pada anak. Pada lembaga pendidikan anak kerap kali mendapat tindakan bullying. Hal tersebut sangat dilarang pada anak, sebisanya anak ahrus dihindarkan dalam tindakan tersebut.

Pada akhir acara Dr. Gunarti Dwi Lestari M.Pd M.Si memberikan sebuah kata – kata penutup agar bisa pendidikan yang layak pada anak “Stop kekerasan pada anak, siapkan semua yang layak untuk anak” kata-kata penutup tersebut yang diberikan utnuk memotivasi hadiri yang datang padaat itu pada umumnya mahasiswa agar memberikan pelayanan yang terbaik pada anak. (Rizal W/PIF)