Pertahankan Akreditasi A Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

(SURABAYA-FIP UNESA). Dalam rangka visitasi reakreditasi program studi dari BAN-PT, program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) pada Selasa (24/10/2017) kedatangan dua tim asesor dari BAN-PT yaitu bapak Dr. H. Y. Suyitno, M.Pd (Universitas Pendidikan Indonesia) dan Dr. Yosef, MA (Universitas Sriwijaya). Dan disambut oleh Rektor UNESA bapak Prof. Dr. Warsono, MS.

Pada awal penyambutan kedua asesor ini berada di Ruang Rapat Dekan. Kemudian para asesor melanjutkan visitasi di dua tempat berbeda yaitu di Ruang Rapat Dekan dan di Ruang Rapat Dosen PGSD.

Dari pihak FIP dan PGSD telah mempersiapkan terkait visitasi reakreditasi ini secara matang terutama dari pihak PGSD dengan harapan agar PGSD tetap mendapat akreditasi A. Pokok-pokok hal yang dinilai dari tim asesor terdiri dari visi misi program studi PGSD, administrasi dan kesekreatariatan, kurikulum, sarana prasarana, kebijakan, penerapan tri dharma perguruan tinggi melalui penelitian, mahasiswa dan alumni.

Akreditasi PGSD ini dinilai oleh tim asesor melalui dua tahap yaitu tahap pertama, penilaian terhadap borang dan atau portofolio progtram studi/institusi beserta lampiran-lampirannya melalui pengkajian “diatas meja” (desk evaluation). Tahap kedua penilaian di lapangan (visitasi) untuk pembuktian atau validasi dan verifikasi hasil desk evaluation berupa wawancara langsung terhadap kajur (ketua jurusan) dan sekjur(sekretaris jurusan), dosen, alumni dan mahasiswa. Melalui dua tahapan tersebut tim asesor dapat memberi penilaian dari aspek borang, portofolio dan hasil wawancara. Pengumuman reakreditasi ini sekitar dua bulan mendatang.

Kesan dari tim asesor setelah melangsungkan visitasi reakreditasi ini “saya sangat senang dan diistimewakan seperti seorang tamu”. (Deah/Devy/PIF)