fip.unesa.ac.id, SURABAYA – Program Studi Manajemen Pendidikan (MP) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) menyelenggarakan sidang terbuka dengan promovendus Ruslan Affandi, S.Pd., M.Pd., pada Jum’at, 25 Juli 2025. Kegiatan ini bertempat di ruang sidang O1 lantai 2, dengan mengangkat judul “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Perbaikan Mutu Pembelajaran di SMP Negeri 1 Mojosari dan SMP Negeri 2 Mojoanyar Kabupaten Mojokerto (Studi Multi Situs)”.
Ujian disertasi ini dihadiri oleh Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., dengan bidang keahlian Bimbingan dan Konseling selaku Ketua Penguji, Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd., dengan bidang keahlian Supervisi Pendidikan, Hubungan Sekolah dengan Masyarakat dan Kepemimpinan Pendidikan selaku Promotor 1, Dr. Amrozi Khamidi, S.Pd., M.Pd., dengan bidang keahlian Manajemen Pemasaran selaku Promotor 2, Prof. Dr. Budi Purwoko, S.Pd., M.Pd., bidang keahlian Bimbingan dan Konseling selaku penguji, Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., bidang keahlian Teknologi Pendidikan selaku penguji, Dr. Karwanto, M.Pd., bidang keahlian Manajemen Pendidikan selaku penguji, serta penguji eksternal Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D., bidang keahlian Administrasi Pendidikan dari Universitas Lambung Mangkurat.

Melalui pemaparannya, promovendus menjelaskan bahwa tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi manajemen berbasis sekolah diterapkan dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran di dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) tersebut. Ia juga menyampaikan mengenai latar belakang penelitiannya yakni tentang mutu pembelajaran di sekolah-sekolah yang masih rendah, kemudian peranan dari penyumit buat sekolah perlu ditingkatkan, dan peran aktif dari komite sekolah perlu digalakkan dalam peningkatan mutu pelajaran serta membahas sarana-sarana yang diperlukan dalam peningkatan penggunaan teknologi pembelajaran di masing-masing sekolah dengan era kurikulum yang terus berlanjut dengan tahun ke tahun.
Melalui wawancara yang ia berharap dari hasil penelitian ini dapat menjelaskan kepada semua sekolah-sekolah bahwa Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) perlu ditingkatkan dengan pemberdayaan dari kepemimpinan Kepala Sekolah yang aktif, proaktif, dan kerjasama yang baik dengan Guru. “Tentang penggunaan teknologi sesuai dengan kurikulum yang berlaku, peranan aktif dari Komite Sekolah dan paguyuban dari kelas guru di peran peningkatan mutu pembelajaran di sekolah atau lembaganya,” pungkasnya.
Setelah mempresentasikan disertasinya dengan baik, Ruslan Affandi, S.Pd., M.Pd., berhasil menyandang gelar doktor dalam bidang Manajemen Pendidikan.
Penulis: Lina Nur Laili (PLB)
Editor: Ria Risky Syah Putri Ayu Fadilla (PGSD)
Dokumentasi: Ivan (BK), Ara (PGSD)