fip.unesa.ac.id SURABAYA—Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) menyelenggarakan acara pentas drama yang bertajuk Harmoni Karya PGSD, Drama sebagai Wadah Kreasi, Edukasi Ekspresi, dan Apresiasi Sastra Mahasiswa pada Senin, 26 Mei 2025, di Graha Sawunggaling UNESA.
Pada pelaksanaannya kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen mata kuliah terkait serta seluruh mahasiswa PGSD angkatan 2024. Beragam drama ditampilkan oleh para mahasiswa dengan apiknya. Tidak hanya drama legendaris seperti “Rama dan Shinta” dan “Ken Arok dan Ken Dedes” drama-drama dengan tema inklusif yang memiliki nilai moral juga ditampilkan.
Selain sebagai bentuk pemenuhan tugas akhir mata kuliah, penyelenggaraan acara ini juga bertujuan memberikan ruang pembelajaran bermakna bagi mahasiswa. Nilai-nilai seperti kebersamaan, tanggung jawab, dan kreativitas menjadi aspek penting yang diharapkan tumbuh melalui proses pelaksanaan kegiatan ini.
Dalam wawancara bersama Nanda Veruna Enun Kharismam, S.Pd., M.Pd., ia menyampaikan harapannya agar kegiatan serupa dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang dengan kualitas yang semakin baik. “Karena lewat acara ini, kita bisa melihat potensi dan bakat seni mahasiswa, baik dalam menulis naskah drama, bermain peran, menari, bernyanyi, membaca puisi, dan lainnya,” tuturnya. Ia juga menambahkan bahwa momen ini merupakan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk belajar menjadi guru yang multitalenta.
Apresiasi terhadap acara ini juga datang dari Choirun Nisa Nur Azjizah, mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara yang turut hadir sebagai penonton. Ia mengaku sangat menikmati pertunjukan yang disuguhkan. “Acara ini dikemas dengan sangat baik. Cerita yang ditampilkan sangat menarik, membuat penonton ikut merasakan atmosfer panggungnya. Koordinasi antara panitia dan para penampil pun sangat solid,” ungkapnya. Ia berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan yang terus mendorong mahasiswa untuk mengapresiasi seni dan sastra Indonesia.
Penulis : Khesya Dyanza (TP)