Transformasi digital di sektor pendidikan terus menunjukkan dampak nyata, termasuk dalam pengembangan profesional guru. Hal tersebut tercermin dalam penelitian mahasiswa Program Magister (S2) Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Ita Sri Rokhmawati, yang mengkaji “Pengaruh Kualitas Aplikasi Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) terhadap Motivasi dan Kompetensi Guru SMP Negeri Wilayah Selatan di Kota Surabaya”. Penelitian ini menegaskan pentingnya kualitas platform digital dalam mendukung peningkatan mutu pendidik.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang mendorong perubahan pola pengembangan kompetensi guru. Aplikasi Ruang GTK yang dikembangkan pemerintah menjadi salah satu sarana strategis untuk pelatihan, pembelajaran mandiri, dan peningkatan profesionalisme guru. Namun, efektivitas aplikasi tersebut sangat bergantung pada kualitas layanan, kemudahan akses, serta relevansinya dengan kebutuhan guru di lapangan.
Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei korelasional, penelitian ini melibatkan 256 guru SMP Negeri wilayah Selatan Kota Surabaya sebagai sampel dari total populasi 711 guru. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha menunjukkan seluruh konstruk memiliki nilai ≥ 0,6, sehingga instrumen penelitian dinyatakan reliabel. Analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 31.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aplikasi Ruang GTK berpengaruh signifikan terhadap motivasi guru. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,00926 (< 0,05). Artinya, semakin baik kualitas aplikasi Ruang GTK, semakin tinggi pula motivasi guru dalam mengembangkan diri dan melaksanakan tugas profesionalnya di sekolah.
Selain itu, pada uji simultan (uji-F), kualitas aplikasi Ruang GTK juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru, dengan nilai F hitung sebesar 48,683, jauh lebih besar dibandingkan F tabel 3,031486. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan aplikasi digital yang berkualitas dapat menjadi faktor penting dalam meningkatkan kompetensi pedagogik, profesional, dan pengembangan berkelanjutan guru.
Berdasarkan hasil uji determinasi, penelitian ini menemukan bahwa 35,1 persen variasi motivasi dan kompetensi guru dapat dijelaskan oleh kualitas aplikasi Ruang GTK. Sementara itu, 64,9 persen sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian. Temuan ini menegaskan bahwa Ruang GTK memiliki kontribusi nyata, meski tetap perlu didukung oleh faktor pendukung lain seperti budaya sekolah, kepemimpinan, dan kebijakan pendidikan.
Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan kualitas layanan aplikasi Ruang GTK, baik dari sisi konten, fitur interaktif, maupun kemudahan akses. Selain itu, dukungan kebijakan dan pendampingan bagi guru dalam memanfaatkan platform digital secara optimal juga menjadi kunci keberhasilan. Riset ini diharapkan menjadi rujukan bagi pemangku kebijakan pendidikan dalam memperkuat transformasi digital guna meningkatkan motivasi dan kompetensi guru secara berkelanjutan.