Publikasi S1 Manajemen Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 PROBLEMATIKA PENDIDIKAN TINGGI, KURIKULUM DAN PENDIDIK DI INDONESIA
Education in Indonesia has experienced developments from time to time. Indonesia was once a beacon of education in Asia but is currently in decline. The educational comfort zone is formed when we are stuck in the routine of certification and accreditation without realizing the essence behind the importance of these activities. school today is intended only to obtain a diploma, not knowledge let alone skills. This is what will be explored in this article. educational reflection which is intended as a reminder for us that education is the task of the times and every era has the same educational task, namely glorifying and prospering human life. If our education today only raises workers and the mafia, it means that something is wrong in our education.
Jurnal Al-Murabbi 7 (1), 116-125, 2021
2021 Pengantar Penelitian Pendidikan
Penelitian (research) dapat diartikan sebagai upaya atau cara kerja yang sistematik untuk menjawab permasalahan atau pertanyaan dengan jalan mengumpulkan data dan merumuskan generalisasi berdasarkan data tersebut dan sebagai proses pemecahan masalah dalam menemukan serta mengembangkan batang tubuh pengetahuan yang terorganisasikan melalui metode ilmiah. Kemudian maka penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai proses yang sistematis untuk memperoleh pengetahuan (to discover knowledge) dan pemecahan masalah (problem solving) pendidikan melalui metode ilmiah, baik dalam pengumpulan maupun analisis datanya, serta membuat rumusan generalisasi berdasarkan penafsiran data tersebut. Yang dimaksud dengan metode ilmiah adalah metode yang menggunakan prinsip-prinsip science, yaitu sistematis, empiris dan objektif. Untuk memecahkan masalah dapat juga dilakukan Pendekatan non-ilmiah, yaitu menggunakan cara-cara (a) dogmatis, berdasarkan kepercayaan atau keyakinan tertentu;(b) intuitif, berdasarkan pengetahuan yang diperoleh secara tidak disadari atau tidak dipikirkan terlebih dahulu;(c) spekulatif, coba-coba, atau trial and error, cara terkaan, untung-untungan, yang temuannya bersifat kebetulan; dan (d) otoritas ilmiah, yaitu berdasarkan pendapat atau pemikiran logis para ahli dalam bidang tertentu. Penelitian pendidikan sungguh penting dan sangat diperlukan pada setiap organisasi pendidikan. Penelitian pendidikan diharapkan bermanfaat dalam mengembangkan teori baru dan mampu memberikan alternatif solusi pemecahan masalah yang berkaitan dengan isu-isu …
CV WIDINA MEDIA UTAMA, 2021
2021 Problematika Pendidikan Agama Islam di Daerah Minoritas Muslim
Pendidikan agama Islam ialah pondasi utama untuk membentuk karakter manusia supaya menjadi pribadi yang berakhlakul karimah dan bermanfaat bagi sekitar, sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW bahwasanya sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi yang lainnya. Pelaksanaan pendidikan agama Islam ini tentunya banyak menemui problem atau masalah. Dalam jurnal ini akan dikaji mengenai problematika pendidikan Agama Islam di daerah minoritas Muslim. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kajian kepustakaan (library research) dengan pendekatan analisis konten (content analysis). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi problematika pendidikan agama Islam di daerah minoritas Muslim beserta solusinya. Secara umum problematika yang dihadapi dalam proses pendidikan Agama Islam di daerah minoritas Muslim yaitu adanya kebijakan yang diskriminatif oleh pemerintah setempat yang tentunya kurang menguntungkan lembaga-lembaga pendidikan Islam (madrasah), kurangnya guru PAI, kurangnya atau bahkan tidak adanya sarana prasarana penunjang proses pembelajaran pendidikan Agama Islam, lingkungan sekolah yang kurang mendukung serta kurangnya partisipasi masyarakat sekitar yang kurang bisa menerima pendidikan Agama Islam itu sendiri. Adapun solusi yang bisa dilakukan yaitu adanya peran aktif pemerintah untuk menegakkan kebijakan yang bepihak pada keberlangsungan lembaga-lembaga pendidikan Islam di daerah minoritas Muslim, dukungan prima dari sekolah kepada guru PAI dalam melaksanakan proses pendidikan agama Islam, bagi madrasah …
Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 21 (02), 153-160, 2021
2021 HAK ASASI MANUSIA DALAM PERSPEKTIF ISLAM DAN MAQASHID AL-SYARI’AH
Hak paling dasar yang diberikan Allah SWT kepada umat manusia yang dilekatkan pada dirinya adalah hak asasi. Dalam ajaran Islam, Al-Qur’an dan As-Sunnah memusatkan perhatian terhadap hak manusia yang terabaikan. Sebenarnya, dengan hadirnya Islam yang salah satu tujuannya adalah mengangkat harkat martabat umat manusia dan memberikan pengajaran dengan ajaran yang ramah. Dahulu pada saat sebelum Islam datang, manusia diperlakukan dengan tidak wajar dan dipekerjakan secara semena-mena tanpa sama sekali memperhatikan aspek nilai-nilai kemanusiaan. Oleh karena itu, tulisan ini berusaha menjelaskan dan menganalisis hakikat Hak Asasi Manusia (HAM) perspektif Islam dengan prinsipnya beserta maqashid al-syari’ah.
CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 7 (1), 101-114, 2021
2021 Online learning during the Covid-19 pandemic from the perspective of Parsons’ structural functional theory
The Covid-19 pandemic results social changes significantly in the world of education, from offline learning to online learning. In order not to experience cultural lag, this article offers a functional structural theory initiated by Talcott Parsons to examine the implementation of online learning, through the AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latency) scheme. This article recommends to all involved and interested parties to immediately adapt to online learning, so that the online learning can meet the educational and learning objectives that have been proclaimed. Therefore, integration between three educational centres is needed, such as school, families and communities; so that education as a cultural pattern inherent in Indonesian society is maintained even during the Covid-19 pandemic. More than that, the implementation of online learning must maintain a new cultural pattern during the Covid-19 pandemic, namely complying with health protocol standards.
AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education 2 (1), 38-48, 2021
2021 Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam (Studi Histori Dan Regulasi Di Indonesia)
The curriculum becomes an important component in education. Therefore, the development of curriculum in Islamic education is an inevitability, because change must happen with the times. Therefore, the purpose of this writing will be to review the policy of developing of islamic education curriculum, especially in Indonesia by taking into history and regulations. This article uses library research method with content analysis approach. The results showed that the Curriculum Development of Islamic Education in the historical review from the independence period to the reform era continues to change according to the conditions and needs. The development of Islamic education curriculum is divided into 3 periods; ie first, the old order period, there were 3 changes, namely the curriculum in 1947, 1952, and the curriculum in 1964; second, the new order period, there were 4 changes, the curriculum 1968, 1975, 1984 …
Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5 (2), 293-310, 2021
2021 Pendampingan Psikososial Dan Modul Pembelajaran Sekolah Dasar Untuk Mengatasi Learning Loss
Covid-19 has made significant changes in the education world, especially in the process of teaching and learning activities, a result of curriculum changes and the compaction of learning materials, the potential of children, especially those in disadvantaged, frontier, and outermost (3T) areas of Indonesia Might lose their right to learn, this causes learning loss. This program aims to help elementary school students in 3T and non 3T areas to get good education quality rights during the Covid-19 Pandemic. The method used in the mentoring model is PAR (Participatory Action Research). The target of this assistance consists of 5 schools in Musi Rawas Utara, SDN 1 Maur, SDN 3 Maur, SDN Batu Gajah, SDN Bingin Rupit Ulu, SDN Tanjung Beringin. The results of the mentoring of this Program are; 1) Initial assessment related to learning difficulties during Covid-19 and the models and strategies used by teachers in the process of teaching and learning activities, 2) Implementation of psychosocial assistance for teachers, students, and parents through home visits and invitations to schools 2) Assisting learning modules in the form of two components, namely the literacy and numeracy modules, activities in the form of assistance to teachers, parents and students throughout learning activities at school and visits to parents and students.
Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of …, 2021
2020 Implementation of New Culture Integration Process Model in Merger Educational Organization.
This study aimed to determine the implementation of the New Culture Integration Process Model (NCIPM) in the field of education. This study is a continuation of previous research that resulted in an improved NCIPM. The implementation of NCIPM is intended to determine the level of effectiveness and efficiency of the model in educational organizations. The educational organization referred to in this study is elementary schools or Sekolah Dasar Negeri (SDN) as a result of regrouping throughout Malang City, East Java, Indonesia. This study used a mixed-method that involves two designs at once, namely, descriptive and qualitative. The population involved 41 principals from 104 elementary schools who were involved in regrouping. The data collection employed a questionnaire. The data were analyzed using descriptive techniques. The analysis results are complemented by findings from research and qualitative …
Talent Development & Excellence 12 (1), 2020
2020 Hubungan Persepsi Sikap Pendidik Tentang Media Sosial Dengan Inovasinya Dalam Pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi-sikap-inovasi pendidik tentang pendayagunaan media sosial sebagai media alternatif pembelajaran; dan hubungan antara persepsi-sikap pendidik tentang media sosial terhadap adopsi inovasi untuk pemanfaatan dalam pembelajaran. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif-korelasional. Responden penelitian adalah pendidik di SLTA Kota Malang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa persepsi-sikap-inovasi pendidik tentang pendayagunaan media sosial pada kategori ‘sedang’/cukup mengetahui dan menerima media sosial sebagai media alternatif pembelajaran; dan terdapat hubungan signifikan antara persepsi-sikap pendidik tentang media sosial terhadap adopsi inovasi untuk pemanfaatan dalam pembelajaran.
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) 4 (2), 151-158, 2020
2020 Implementasi pendidikan karakter religius melalui program menghafal Al-qur’an pada siswa kelas bawah SD Islam As Salam Malang
INDONESIA: Karakter yaitu sifat alami yang dimanifestasikan dalam tindakan dalam kehidupan sehari - hari yang baik dan benar sesuai dengan yang di dapat di sekolah. Sedangkan , religius berakar dari kata religi yang artinya taat pada agama. Sedangkan secara istilah religius merupakan kepercayaan atau keyakinan pada sesuatu kekuatan kodrati di atas kemampuan manusia. Jadi karakter religius dalam islam yaitu berperilaku dan berakhlaq sesuai dengan apa yang diajarkan dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan konsep pendidikan karakter religius melalui program menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas bawah SD Islam As-Salam Malang, (2) untuk mendeskripsikan proses pendidikan karakter religius melalui program menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas bawah SD Islam As-Salam Malang, (3) untuk mendeskripsikan pendidikan karakter religius yang terbentuk melalui program menghafal Al-Qur’an pada siswa kelas bawah SD Islam As-Salam Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun untuk teknik pengumpualan datanya dilaksanakan sesuai secara kondisi alamiah, sumber data primer dan teknik pengumpulan data didapat dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara merduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) konsep pendidikan karakter Religius melalui program menghafal Al-Qur’an pada kelas bawah SD Islam As-Salam yaitu berlandaskan nilai-nilai islami dengan tujuan untuk membentuk siswa yang berakhlakul …
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2020