Publikasi S1 Manajemen Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2021 Student Thinking Levels in Solving Open-Ended Geometric-Function Problem by Algebraic Representation Approach
The mathematical problem mostly has been involved in the measurement of student ability according to study objectives and data needs. In this study, geometric-function problem has been used to data collection, analyzed problem type, and students thinking levels based on their completion. The sample of this study was three student high school in a science programme in the region of West Jakarta who selected purposively. Based on data analyzed, the result was found that students view the problem as the task constructed algebraic function formula. The completion and solution that have been shown by students, categorized the problem in open-ended type. The finding of mathematical thinking levels analysis there was a different complexity of thinking process between students because the number of concepts applicate. According to van Hiele theory, student’s geometry thinking levels was on abstraction level minimally, and the problem is not relevant for deduction thinking level criterion. For the analysis result about algebraic thinking levels, by the structure of the observed learning outcome (SOLO) taxonomy, students at the levels between relational and extended abstract Students in these levels was a student high ability so it is appropriate with the background of the sample selected.
1st Annual International Conference on Natural and Social Science Education …, 2021
2021 Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19
Pandemi Coronavirus disease 2019 (COVID-19) telah mengubah semua bidang, salah satunya sistem di bidang pendidikan. Guru dan siswa dituntut untuk belajar dari rumah melalui pembelajaran online hal ini tentunya dapat berpengaruh terhadap psikologi siswa khusunya dalam belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya keluhan siswa dalam mengerjakan tugas-tugas pelajaran matematika sementara mereka memiliki keterbatasan dalam belajar. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh self efficacy dan motivasi dalam belajar siswa selama pembelajaran online terhadap hasil belajar matematika. Responden sebanyak 113 siswa kelas IX di MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan tahun ajaran 2020/2021 pada bulan Oktober sampai Desember 2020. Metode dalam penelitian menggunakan metode survey dengan teknik pengumpulan data yang yaitu melalui hasil angket self efficacy, angket motivasi belajar dan dokumentasi hasil belajar matematika siswa pada Penilaian Akhir Semester (PAS) kelas IX tahun ajaran 2020/2021. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa:(1) self efficacy berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa,(2) motivasi dalam belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa dan (3) self efficacy berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa.
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara 13 (1), 1-11, 2021
2021 MASKER QUOTES SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGEDUKASI MASYARAKAT MELAWAN COVID 19
Pandemi Covid-19 ini sudah semakin menyebar di seluruh penjuru dunia, sehingga World Health Organization (WHO) meningkatkan status kesehatan dunia yang sebelumnya Endemik menjadi Pandemi. Di Indonesia, virus ini sudah menyebar di seluruh provinsi. Berdasarkan data yang diupdate terakhir (28 Mei 2020), Surabaya menduduki urutan kedua dan cenderung masih naik hingga sekarang. Data tersebut menunjukkan penyebaran virus sangat massive dan perlu dihentikan dengan mengikuti protokol WHO. Pemerintah melakukan upaya seperti physical distancing, PSBB dan upaya lainnya. Pembatasan aktivitas masyarakat memiliki dampak besar termasuk di bidang pendidikan. Perlu ada solusi dalam menghadapi penyebaran virus covid 19 di masa new normal ini. Sekolah sebagai centre of culture mampu menggerakkan masyarakat pada umumnya untuk lebih peduli pada orang lain dan dirinya sendiri melalui “butuh menggunakan masker”. Metode pelaksanaan disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan ini. Kegiatan PKM dilakukan melalui Pelatihan pembuatan masker quotes sebagai media edukasi kepada sekolah dan masyarakat sekitar. Hasil yang dicapai dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah sekolah mitra dalam hal ini SMPN 6 Ekselen Hang Tuah Surabaya mempunyai Keterampilan memahami konsep sekolah sehat dengan memahami kesehatan diri dan orang lain yang mengacu pada standar WHO dengan Kegiatan Pertama dalam kegiatan kepada masyarakat adalah, in service learning.
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 (1), 2021
2021 The Usability Measurement of E–Faculty of Education UNESA Service Using USE Questionnaire
In this 21st-century era, the development of a management information system is one of the efforts that can be made to improve the quality of public services, both in general and in certain sectors, for example, education, where because of the effect of industrial revolution 4.0 and society 5.0, these days the community often to use the assistance of technology for their social activities. One of many ways that can be used to measure the success rate of a system is using usability measurement. The usability level of an information system shows whether the system is accepted by the user or not. This study aims to measure the usability level of the educational service in the Faculty of Education, State University of Surabaya (UNESA), using the USE Questionnaire. The data from this research are processed using a descriptive statistics method and then analyzed both for each aspect and the correlation of all aspects. The …
JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan) 5 (3), 169-177, 2021
2021 Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Akademik Dalam Memperbaiki Kompetensi Profesional Guru Di Masa Pandemi Covid-19
Kepala sekolah berperan dalam memperbaiki kompetensi profesional guru dengan memberikan bantuan untuk memperluaslpengetahuan, meningkatkan keterampilan mengajar dan menumbuhkan kompetensi profesional guru dalam menguasai pengelolahan kegiatan pembelajaran. Tujuan penulisan artikel ini yaitu untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor akademik dalam memperbaiki kompetensi profesional guru di masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur dengan mengumpulkan data dan referensi yang berhubungan dengan topik artikel. Hasil studi literatur menunjukkan bahwa: 1) Kepala sekolah berperan sebagai supervisor akademik dalam memperbaiki kompetensi profesional guru dimasa pandemi Covid19 yaitu dengan memberikan pembinaan, bimbingan, pengembangan dan mengoptimalkan kemampuan mengajar guru agar lebih berkualitas; 2) Kegiatan supervisi akademik terdiri dari tiga tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut; 3) Teknik supervisi yang digunakan pada masa pandemi Covid-19 yaitu kunjungan kelas secara virtual; 4) Hambatan yang terjadi dalam melaksanakan supervisi akademik yaitu keterbatasan kemampuan IT guru, ketidakterbukaan guru terhadap kepada kepala sekolah terkait permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring, dan kepala sekolah yang belum sepenuhnya memahami terkait konsep, fungsi, dan tujuan pelaksanaan supervisi akademik.
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (05), 257-1272, 2021
2021 Optimalisasi sarana prasarana berbasis IT sebagai penunjang pembelajaran dalam jaringan
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (1), 240-255, 2021
2021 Manajemen Kelas Dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19
Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (1), 144-155, 2021
2021 Pengembangan aplikasi sistem informasi layanan akademik berbasis codeigniter
Pengembangan sistem informasi manajemen merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, baik secara umum maupun pada sektor–sektor tertentu, misalnya pendidikan, terutama pada saat seperti ini (pandemi covid-19), di mana kegiatan sosial masyarakat beralih menggunakan bantuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu layanan pendidikan yang ada di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya untuk memudahkan mahasiswa dalam mengakses segala kebutuhan mengenai surat menyurat dan dinamakan dengan sistem informasi layanan akademik Fakultas Imu Pendidikan Unesa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan menerapkan sembilan dari sepuluh langkah yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Hasil penelitian ini adalah E–Layanan Fakultas Ilmu Pendidikan sesuai atau mendekati sempurna untuk digunakan, dengan hasil pada masing–masing tahap adalah sebagai berikut:(1) pada tahap pengujian awal (Preliminary Field Testing) mendapatkan presentase hasil melebihi 30% pada setiap kategorinya;(2) pada tahap pengujian yang kedua ditemukan beberapa hambatan tetapi dapat terselesaikan pada tahap selanjutnya;(3) pada tahap pengujian yang terakhir (Operational Product Testing) mendapat presentase hasil melebihi 70% pada masing–masing kategorinya, ini berarti bahwa pengembangan E–Layanan sangat berguna. Dengan adanya E–Layanan juga aktivitas layanan akademik sangat terbantu terutama pada pasa pandemi Covid–19 seperti saat ini.
JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan 4 (2), 139-151, 2021
2021 Strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di masa pandemi Covid-19
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (1), 156-170, 2021
2021 Sarana dan prasarana dalam mendukung pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 9 (1), 186-199, 2021