Surabaya – Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) menyelenggarakan Seminar Nasional yang bertujuan untuk menggali peran teknologi pendidikan dalam menghadapi tantangan dan peluang pembelajaran masa depan. Seminar tersebut diadakan pada tanggal 20 Mei 2023 Secara Hybrid. Seminar Nasional ini dihadiri oleh para akademisi, praktisi pendidikan, mahasiswa, dan masyarakat umum yang tertarik dengan perkembangan teknologi pendidikan dan penerapannya dalam konteks pembelajaran masa depan. Dalam seminar ini, peserta memiliki kesempatan untuk mendengarkan paparan dari beberapa ahli dan praktisi terkemuka di bidang teknologi pendidikan.
Dengan tema “Peran Teknologi Pendidikan Menuju Pembelajaran Masa Depan: Tantangan dan Peluang,” seminar ini membahas berbagai isu penting seputar integrasi teknologi dalam konteks pendidikan. Dalam sambutannya, Koordinator Program Studi S1 Teknologi Pendidikan FIP UNESA, Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd., mengungkapkan kebanggaannya atas penyelenggaraan seminar ini. Beliau menyatakan, “Seminar ini adalah upaya kami untuk memperkuat pemahaman kita tentang bagaimana teknologi pendidikan dapat menjadi alat yang efektif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih baik dan relevan dengan zaman”.
Para pembicara berbagi wawasan mereka tentang bagaimana teknologi pendidikan dapat mempengaruhi proses pembelajaran di masa depan, sambil menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang ada. Salah satu pembicara utama adalah Prof. Dr. Paulina Pannen, MLS, seorang pakar dalam bidang pembelajaran jarak jauh, juga menjadi salah satu pembicara kunci dalam seminar ini. Dalam presentasinya yang secara online, Dr. Paulina Pannen, MLS membahas peran teknologi dalam memungkinkan pembelajaran jarak jauh yang efektif dan inklusif. Beliau menyoroti tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh dan strategi untuk mengatasi hambatan tersebut.
Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, seorang ilmuwan ternama dalam bidang ilmu pembelajaran, menghadirkan wawasan yang berharga dalam seminar tersebut. Dalam paparannya yang penuh semangat, ia membagikan pemahaman tentang perkembangan terkini dalam ilmu pembelajaran dan bagaimana pendekatan inovatif dapat digunakan dalam mendesain pengalaman pembelajaran yang efektif. Dalam paparannya, Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd, membahas teori-teori pembelajaran terkini yang menjadi dasar bagi desain pembelajaran yang sukses. Ia menyoroti pentingnya memahami kebutuhan dan gaya belajar individu serta bagaimana mengintegrasikan teknologi pendidikan dalam mendukung pembelajaran yang personal dan berpusat pada siswa.
Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., seorang ahli evaluasi pendidikan yang diakui secara luas, memberikan kontribusi berharga dengan paparannya yang berfokus pada pentingnya evaluasi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan pengalaman luasnya, ia membahas metode dan pendekatan evaluasi terkini yang dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan masa depan. Prof. Dr. Rusijono, M.Pd.,, menyoroti peran penting evaluasi pendidikan dalam memastikan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Ia menjelaskan bahwa evaluasi pendidikan bukan hanya tentang memberikan nilai, tetapi lebih dari itu, evaluasi pendidikan dapat menjadi alat untuk memahami kebutuhan individual siswa, mengidentifikasi kelemahan dalam metode pengajaran, dan merumuskan strategi perbaikan. Selain itu, Prof. Dr. Rusijono, M.Pd., membagikan metode evaluasi terkini yang dapat diterapkan dalam pendidikan masa depan. Ia membahas pentingnya penggunaan evaluasi formatif yang kontinu dan menyeluruh untuk mengukur pemahaman siswa dan mendeteksi kesulitan belajar yang mungkin mereka hadapi. Ia juga menguraikan pentingnya memanfaatkan teknologi dalam proses evaluasi, seperti ujian berbasis komputer, sistem pembelajaran adaptif, dan analisis data untuk memberikan umpan balik yang lebih efektif.
Seminar Nasional Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNESA berhasil mencapai tujuan utamanya dalam memberikan wawasan mendalam tentang peran teknologi pendidikan dalam menghadapi tantangan dan peluang pembelajaran masa depan. Peserta seminar sangat antusias dan terinspirasi oleh paparan para pembicara yang ahli di bidangnya. Selama sesi diskusi, banyak ide-ide inovatif diajukan oleh peserta seminar mengenai implementasi teknologi pendidikan di berbagai konteks, mulai dari pendidikan formal hingga non-formal. Beberapa peserta juga berbagi pengalaman sukses dalam menerapkan teknologi pendidikan di institusi mereka masing-masing. Sebagai Program Studi yang terus berinovasi, Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNESA berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan dan acara yang relevan guna mengembangkan pemahaman dan penerapan teknologi pendidikan yang efektif dalam konteks pendidikan masa depan.