Prodi S2 PAUD FIP UNESA Selenggarakan Seminar Nasional untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini

Fip.unesa.ac.id, Surabaya 10 Juni 2023, Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (PAUD FIP UNESA) telah sukses menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema ” Optimalisasi Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD HI) Tantangan dan Harapan”. Acara ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia. Seminar Nasional ini diikuti oleh para akademisi, praktisi PAUD, dosen, dan mahasiswa yang tertarik dengan perkembangan terkini dalam pendidikan anak usia dini. Para peserta datang dari berbagai institusi pendidikan dan organisasi yang terlibat dalam pembelajaran dan pengembangan anak usia dini.

Dalam seminar ini, para pemateri yang merupakan pakar dan praktisi di bidang pendidikan anak usia dini menyampaikan presentasi mereka mengenai inovasi terbaru, metode pembelajaran yang efektif, strategi pengelolaan kelas, pengembangan kurikulum, serta isu-isu penting lainnya dalam pendidikan anak usia dini. Para Narasumber tersebut adalah Dr. Setiap Utoyo, M.Pd dari Universitas Negeri Padang, Dr. Desi Nurillah, S.Pd, M.Pd dari Universitas Jakarta, dan Dr. Nurul Khotimah, S.Pd, M.Pd., Universitas Negeri Surabaya. Selain presentasi, juga diadakan sesi tanya jawab dan diskusi yang interaktif, di mana peserta memiliki kesempatan untuk bertanya, berbagi pengalaman, dan berdiskusi mengenai topik-topik yang dibahas. Hal ini menciptakan suasana kolaboratif dan memperkaya pemahaman tentang pendidikan anak usia dini.

Dalam sambutannya, Ketua Program Studi S2 PAUD FIP UNESA, Dr. Nurul Khotimah, menyatakan, “Seminar Nasional ini adalah upaya kami untuk terus mengembangkan wawasan dan pengetahuan tentang pendidikan anak usia dini. Kami berharap melalui sharing pengetahuan dan pengalaman, peserta dapat memperoleh perspektif baru, memperkaya pemahaman, dan menghasilkan ide-ide inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini”. Seminar Nasional ini juga menjadi kesempatan bagi mahasiswa S2 PAUD FIP UNESA untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka atau karya ilmiah terkait pendidikan anak usia dini. Ini merupakan pengalaman berharga bagi mereka untuk berbagi pengetahuan dan pemikiran mereka kepada para praktisi dan akademisi di bidang ini.

Acara ini dianggap sukses karena mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, memperluas jaringan kolaborasi antara institusi pendidikan, dan menghasilkan pemikiran yang inovatif dalam bidang pendidikan anak usia dini. Semakin banyak seminar semacam ini yang diselenggarakan, semakin besar kontribusi yang dapat diberikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini di Indonesia. Dengan kesuksesan Seminar Nasional ini, Program Studi S2 PAUD FIP UNESA terus berkomitmen untuk mengembangkan acara-acara ilmiah dan diskusi yang relevan guna mendukung peningkatan pengetahuan dan kualitas pendidikan anak usia dini. Prodi S2 PAUD FIP UNESA juga berencana untuk menjalin kerja sama dengan institusi pendidikan dan organisasi terkait dalam upaya meningkatkan pendidikan anak usia dini di Indonesia.

Dekan FIP UNESA, Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., mengapresiasi keberhasilan Seminar Nasional tersebut. Beliau berharap bahwa acara seperti ini dapat terus diselenggarakan secara berkala dan menjadi wadah untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan penelitian dalam pendidikan anak usia dini. Ia juga mengajak para peserta untuk terus berinovasi dan mengimplementasikan gagasan-gagasan baru yang muncul dari acara tersebut. Seminar Nasional Program Studi S2 PAUD FIP UNESA memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pendidikan anak usia dini. Melalui forum ini, para akademisi, praktisi, dan mahasiswa dapat saling bertukar informasi, memperluas jaringan kolaborasi, dan menghasilkan ide-ide kreatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini.

Dengan adanya acara ini, Program Studi S2 PAUD FIP UNESA terus berupaya memajukan pendidikan anak usia dini dengan menghadirkan pengetahuan terbaru, memfasilitasi diskusi dan kolaborasi, serta mendorong inovasi dalam metode pembelajaran. Semoga melalui upaya ini, pendidikan anak usia dini di Indonesia dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang optimal bagi generasi muda.