WhatsApp Web sebagai Platform untuk Penyampaian Feedback dan Evaluasi Pembelajaran di FIP UNESA

Dalam konteks pendidikan tinggi, penyampaian feedback dan evaluasi pembelajaran merupakan aspek yang sangat penting untuk mendukung proses belajar mengajar yang efektif. Di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA), penggunaan WhatsApp Web sebagai alat komunikasi menjadi solusi yang efisien untuk memberikan umpan balik secara langsung, cepat, dan tepat. WhatsApp Web, sebagai platform berbasis web dari aplikasi WhatsApp, memungkinkan dosen untuk memberikan feedback kepada mahasiswa dengan cara yang lebih terorganisir dan mudah diakses. Selain itu, platform ini juga dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran yang mendukung proses perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan.

Manfaat WhatsApp Web dalam Penyampaian Feedback dan Evaluasi

  1. Penyampaian Feedback yang Cepat dan Terarah WhatsApp Web memungkinkan dosen untuk memberikan feedback secara langsung setelah mahasiswa mengumpulkan tugas atau hasil pembelajaran mereka. Penggunaan platform ini memberikan kemudahan bagi dosen untuk memberikan penilaian serta saran perbaikan dalam waktu singkat dan tanpa batasan ruang. Dengan fitur pesan teks, suara, atau bahkan video call, dosen dapat menjelaskan aspek-aspek tertentu dari tugas mahasiswa yang perlu diperbaiki.
    • Feedback Tertulis: Dosen dapat mengirimkan pesan teks yang merinci aspek-aspek tugas yang telah dikerjakan mahasiswa, memberikan saran perbaikan, serta menjelaskan kriteria penilaian.
    • Feedback Visual: Dosen dapat mengirimkan screenshot atau video yang menggambarkan perbaikan atau solusi terhadap masalah yang ditemukan dalam pekerjaan mahasiswa.
  2. Kolaborasi dalam Memberikan Feedback WhatsApp Web memungkinkan diskusi dua arah antara dosen dan mahasiswa. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk mengajukan pertanyaan jika ada hal yang tidak dipahami dari feedback yang diberikan. Mahasiswa juga bisa berdiskusi dengan dosen mengenai cara-cara yang lebih baik untuk meningkatkan kualitas pekerjaan mereka.
    • Sesi Tanya Jawab: Melalui pesan suara atau video, dosen dapat menjelaskan kembali materi atau menjawab pertanyaan yang muncul terkait feedback.
    • Diskusi Perbaikan: WhatsApp Web memfasilitasi diskusi antara mahasiswa dan dosen terkait langkah-langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan kualitas tugas atau proyek.
  3. Evaluasi Pembelajaran yang Terstruktur Dengan WhatsApp Web, dosen dapat mengelola dan menyusun evaluasi pembelajaran dengan cara yang lebih terstruktur. Selain memberikan feedback terhadap tugas, dosen juga bisa memberikan evaluasi secara umum mengenai perkembangan pembelajaran mahasiswa. Evaluasi ini dapat berupa penilaian hasil belajar, kekuatan dan kelemahan mahasiswa, serta rekomendasi untuk perbaikan.
    • Evaluasi Berbasis Tugas: Dosen bisa memberikan evaluasi secara individual berdasarkan tugas atau proyek yang dikumpulkan mahasiswa melalui WhatsApp Web.
    • Evaluasi Proses Pembelajaran: Selain tugas, dosen dapat memberikan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang telah dilakukan mahasiswa, seperti partisipasi dalam diskusi kelas, penguasaan materi, atau kontribusi dalam kerja kelompok.
  4. Monitoring Perkembangan Mahasiswa WhatsApp Web memudahkan dosen untuk memantau perkembangan mahasiswa sepanjang semester. Melalui platform ini, dosen bisa melihat bagaimana mahasiswa merespons tugas yang diberikan, sejauh mana mereka dapat mengikuti pembelajaran, dan memberikan umpan balik yang mendalam sesuai dengan kebutuhan mereka.
    • Umpan Balik Berkala: Dosen dapat memberikan umpan balik secara berkala mengenai kinerja mahasiswa, baik dalam bentuk komentar langsung terhadap pekerjaan mereka atau dalam bentuk refleksi mengenai capaian pembelajaran yang telah dicapai.
    • Evaluasi Kinerja: Dengan menggunakan WhatsApp Web, dosen dapat memberikan penilaian terhadap kinerja mahasiswa secara objektif dan mencatat perkembangan mereka untuk perbaikan yang lebih baik.
  5. Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa dalam Proses Evaluasi WhatsApp Web memberikan ruang bagi mahasiswa untuk terlibat aktif dalam proses evaluasi pembelajaran. Mahasiswa bisa mengajukan pertanyaan, meminta klarifikasi terkait penilaian yang diberikan, serta berpartisipasi dalam diskusi terkait perbaikan yang perlu dilakukan. Hal ini mengembangkan sikap proaktif mahasiswa terhadap pembelajaran mereka.
    • Diskusi Evaluasi: Mahasiswa dapat mengajukan klarifikasi terkait feedback yang diterima dan berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana cara terbaik untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja mereka.
    • Keterlibatan dalam Pengembangan Diri: Mahasiswa bisa meminta saran atau masukan terkait langkah-langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mereka.
  6. Fleksibilitas dalam Pengiriman Evaluasi Dengan WhatsApp Web, evaluasi tidak harus dilakukan dalam jam-jam tertentu atau melalui tatap muka. Dosen dapat mengirimkan feedback dan evaluasi kapan saja, sesuai dengan waktu yang fleksibel bagi mereka dan mahasiswa. Hal ini memungkinkan pembelajaran dan evaluasi berjalan secara berkesinambungan tanpa tergantung pada waktu atau tempat tertentu.
    • Evaluasi Otomatis: Dosen dapat membuat kelompok diskusi dan mengirimkan materi evaluasi kepada seluruh mahasiswa dalam waktu yang efisien, tanpa terbatas pada ruang kelas fisik.
    • Penyampaian Feedback Secara Terjadwal: Dosen dapat mengatur waktu untuk memberikan feedback yang konsisten, misalnya setelah setiap ujian, tugas, atau proyek selesai, tanpa ada hambatan waktu atau lokasi.

Studi Kasus Penggunaan WhatsApp Web dalam Evaluasi Pembelajaran

Di FIP UNESA, WhatsApp Web telah digunakan oleh dosen dalam mata kuliah Teknologi Pembelajaran untuk memberikan feedback secara langsung kepada mahasiswa setelah mereka mengumpulkan tugas desain pembelajaran. Dosen mengirimkan umpan balik dalam bentuk teks, video, dan gambar, serta mengadakan diskusi singkat melalui panggilan suara jika mahasiswa membutuhkan klarifikasi lebih lanjut. Proses ini memungkinkan dosen untuk memberikan evaluasi yang jelas dan terperinci, serta memungkinkan mahasiswa untuk memperbaiki hasil kerja mereka sebelum penilaian final.

Kesimpulan

WhatsApp Web terbukti menjadi alat yang sangat efektif dalam menyampaikan feedback dan evaluasi pembelajaran di FIP UNESA. Dengan kemampuannya untuk memfasilitasi komunikasi langsung, baik melalui teks, suara, maupun video, WhatsApp Web memberikan dosen dan mahasiswa fleksibilitas dan kemudahan dalam mengelola pembelajaran. Platform ini tidak hanya mempercepat proses pemberian umpan balik, tetapi juga mendukung keterlibatan mahasiswa dalam memahami dan meningkatkan kinerja mereka. Dengan pemanfaatan yang tepat, WhatsApp Web dapat meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran dan membantu mahasiswa mencapai hasil belajar yang lebih baik.

4o mini