Mahasiswi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Intan Pratiwi Hernovianus, mengkaji faktor-faktor yang memengaruhi kinerja guru sekolah dasar melalui penelitian berjudul Pengaruh Sistem Reward, Motivasi, dan Etos Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Asemrowo. Penelitian ini menyoroti pentingnya manajemen sumber daya manusia pendidikan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di tingkat dasar.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran strategis guru sebagai ujung tombak peningkatan kualitas pendidikan. Kinerja guru tidak hanya ditentukan oleh kompetensi pedagogik, tetapi juga oleh sistem penghargaan (reward), motivasi kerja, dan etos kerja yang dibangun oleh satuan pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan kajian empiris untuk mengetahui sejauh mana ketiga faktor tersebut berpengaruh terhadap kinerja guru SD.
Menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan teknik survei, penelitian ini melibatkan 87 guru SD dari total populasi 111 guru di Kecamatan Asemrowo. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner skala Likert (1–4) sebanyak 36 butir pernyataan yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dengan nilai Alpha Cronbach di atas 0,7.
Analisis data dilakukan menggunakan SPSS versi 26 melalui serangkaian uji statistik, meliputi uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t (parsial), uji F (simultan), serta uji koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem reward, motivasi kerja, dan etos kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun simultan.
Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,258 menunjukkan bahwa 25,8 persen variasi kinerja guru dapat dijelaskan oleh ketiga variabel tersebut. Sementara itu, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian, seperti kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan lingkungan kerja. Temuan ini menegaskan bahwa meskipun bukan satu-satunya faktor, reward, motivasi, dan etos kerja memiliki kontribusi nyata terhadap peningkatan kinerja guru.
Melalui penelitian ini, Intan Pratiwi Hernovianus merekomendasikan agar sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan menerapkan sistem reward yang adil dan berkelanjutan, sekaligus menumbuhkan motivasi dan etos kerja guru. Dengan pengelolaan manajemen pendidikan yang tepat, guru yang termotivasi dan beretos kerja tinggi diyakini mampu menghasilkan kinerja optimal, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar.