PGSD FIP UNESA Gelar Webinar: Dukung Mahasiswa Garap Skripsi dalam Upaya Percepatan Masa Studi

fip.unesa.ac.id, SURABAYA – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) gelar Webinar pada Senin, 30 September 2024 via Zoom Meeting dan Streaming Youtube. Webinar bertemakan “Menghadapi Tantangan Skripsi di Akhir Masa Studi” merupakan bentuk dukungan PGSD FIP UNESA kepada mahasiswanya dalam upaya penyelesaian masa studi.

Koordinator Program Studi PGSD FIP UNESA, Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd., mengutarakan tujuan digelarnya webinar hari ini sebagai upaya mendukung mahasiswa dalam menghadapi skripsi, baik secara akademis maupun mental. Skripsi adalah tahap penting dalam perjalanan akademik di tingkat sarjana, yang kerap menjadi tantangan besar bagi mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa kesulitan dalam hal metodologi penelitian, pengumpulan data, manajemen waktu, serta menghadapi faktor psikologis mereka.

“Harapan saya, melalui webinar ini, mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang mendalam mengenai proses pengerjaan skripsi, mulai dari metodologi penelitian hingga manajemen waktu yang efektif,” ungkap Koordinator Prodi PGSD tersebut.

Pemateri pertama Dr. Arie Rakhmat Riyadi, M.Pd., menyampaikan bahwa skripsi merupakan portofolio riset, simbol ketuntasan akademik, pendukung lampu hijau (studi lanjut, berkarir, dan janur kuning) dan berbagai alasan yang berasal dari kata “why”. Apapun alasannya, jadikan skripsi sebagai prioritas. Namun, seringkali dalam pengerjaan skripsi terdapat banyak sekali hambatan baik dari akademis dan non akademis. 

“Menguasai metode penelitian, fokus pada solusi, fleksibel pada setiap pendekatan, mencari dukungan emosional,b merancang strategi, menguasai berbagai tools, kolaborasi dengan dosen pembimbing, menjaga kesehatan mental dan fisik, serta bangun motivasi pada diri sendiri,” Pemateri ungkap upaya mengatasi hambatan dalam pengerjaan skripsi.

Pemateri kedua, Rizka Elma Karunia, S.Pd., Gr., membagikan kiat-kiat skripsi dalam materinya. Pertama yang pasti, harus mengenali bidang ketertarikan kita, kemudian hubungkan dengan isu atau permasalahan urgent. Berbekal referensi dan penelitian sebelumnya, serta analisis kebutuhan dari permasalahan yang diteliti, maka penyelesaian dapat ditemukan.

“Semoga ilmu yang kita pelajari hari ini dapat bermanfaat dan kedepannya bisa menggali dan mengembangkan potensi individu yang dapat bermanfaat serta berdampak secara global,” harap Rizka Elma Karunia, S.Pd., Gr.

Penulis: Dede Rahayu Adiningtyas (PGSD), Yohana Francisca Natalia (PGSD), Annisa Aprilia Zahwa (TP)