Penelitian yang dilakukan Nadilla Wahyu Apriliani, mahasiswa S1 Manajemen Pendidikan, mengulas pengaruh signifikan penguasaan teknologi informasi dan motivasi pengembangan profesional guru terhadap kualitas pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di SMP Negeri Kecamatan Bojonegoro. Studi ini penting mengingat teknologi dan motivasi guru sebagai kunci peningkatan efektivitas pembelajaran di era transformasi digital pendidikan.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan instrumen berupa kuesioner untuk mengumpulkan data yang dianalisis secara statistik. Fokus penelitian adalah menganalisis dampak penguasaan teknologi informasi oleh guru serta motivasi pengembangan profesional mereka terhadap mutu pembelajaran yang difasilitasi oleh Kurikulum Merdeka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan teknologi informasi oleh guru memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Kemampuan ini memungkinkan guru untuk mengintegrasikan media digital dan sumber belajar online sehingga proses belajar menjadi lebih interaktif dan menarik bagi peserta didik.
Selain itu, motivasi pengembangan profesional guru juga memiliki pengaruh kuat terhadap kualitas pembelajaran. Guru yang termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensi profesionalnya cenderung mampu menerapkan strategi pembelajaran yang inovatif dan adaptif sesuai karakteristik Kurikulum Merdeka, yang menekankan pembelajaran yang lebih fleksibel dan personal.
Analisis simultan mengungkapkan bahwa penguasaan teknologi dan motivasi pengembangan profesional guru secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri Kecamatan Bojonegoro. Hal ini menegaskan pentingnya kedua faktor tersebut sebagai pilar dalam mendukung suksesnya implementasi Kurikulum Merdeka.
Penelitian ini memberikan rekomendasi agar sekolah dan pemerintah daerah semakin menguatkan pelatihan teknologi informasi bagi guru sekaligus membangun sistem yang mendukung motivasi pengembangan profesional agar proses pembelajaran di sekolah dapat berjalan optimal dan menghasilkan generasi yang kompeten dan adaptif.