Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Produktif dan Motivasi Belajar terhadap Capaian Pembelajaran di SMKN 3 Tuban

Penelitian yang dilakukan oleh Dwenda Army Shaffa Zulianto, mahasiswa S1 Manajemen Pendidikan, bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru produktif dan motivasi belajar terhadap capaian pembelajaran siswa kelas X, XI, dan XII di Program Keahlian Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) SMKN 3 Tuban. Studi ini penting untuk memahami faktor yang memengaruhi hasil belajar di bidang keahlian vokasi.

Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 105 siswa yang dipilih menggunakan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan dengan angket ber-skala Likert 1–4 dan dianalisis menggunakan SPSS versi 22. Analisis fokus pada pengaruh variabel kompetensi pedagogik dan motivasi belajar terhadap hasil pembelajaran siswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru produktif tidak berpengaruh signifikan terhadap capaian pembelajaran siswa. Meskipun kompetensi pedagogik umumnya dianggap penting, dalam konteks ini faktor tersebut tidak cukup kuat memengaruhi prestasi belajar siswa TPTU secara langsung.

Sebaliknya, motivasi belajar siswa terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap capaian pembelajaran. Motivasi yang tinggi mendorong siswa untuk lebih aktif dan konsisten dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga hasil belajar menjadi lebih optimal.

Ketika dianalisis secara simultan, kompetensi pedagogik guru produktif dan motivasi belajar siswa memberikan kontribusi terhadap capaian pembelajaran. Temuan ini mempertegas bahwa motivasi belajar menjadi faktor dominan dalam meningkatkan prestasi siswa di SMKN 3 Tuban. Oleh karena itu, upaya peningkatan motivasi belajar perlu menjadi prioritas dalam strategi pengembangan pendidikan vokasi.