Penelitian yang dilakukan oleh Dea Meriana Cristi Anie, mahasiswa S1 Manajemen Pendidikan, bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan kesejahteraan terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri (SDN) di Kota Surabaya. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan sampel 82 guru yang diambil secara representatif untuk mendapatkan gambaran yang akurat.
Kajian teori menggunakan konsep kompetensi dari Spencer, kesejahteraan dari Collie, dan kinerja guru dari Castetter sebagai landasan analisis. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala Likert 1–4 yang dirancang khusus untuk mengukur variabel-variabel yang diteliti.
Analisis data dilakukan melalui uji regresi linier sederhana dan berganda. Hasil menunjukkan bahwa kompetensi guru memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja dengan nilai signifikansi 0,00 yang lebih kecil dari 0,05, menandakan hubungan yang kuat dan berpengaruh positif.
Selain itu, kesejahteraan guru juga memberikan pengaruh signifikan yang sama terhadap kinerja guru. Guru yang merasa sejahtera cenderung memiliki motivasi dan energi lebih dalam melaksanakan tugas pembelajaran sehingga kinerjanya meningkat.
Analisis simultan menunjukkan bahwa kompetensi dan kesejahteraan secara bersama-sama berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di SD Negeri di Surabaya. Hal ini menegaskan bahwa upaya peningkatan kompetensi profesional dan kesejahteraan guru perlu menjadi fokus utama untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik.
Penelitian ini merekomendasikan sekolah dan pemangku kebijakan untuk terus meningkatkan fasilitas dan program pengembangan kompetensi serta kesejahteraan guru agar kinerja pendidik dapat selalu optimal dan berdampak positif pada mutu pendidikan di Kota Surabaya.