MataKuliah Konsep Dasar Ips


Deskripsi


Mata kuliah Konsep Dasar IPS SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang konsep dasar IPS sebagai landasan kajian yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah, politik, keterampilan dan nilai-nilai. Mata kuliah ini meliputi substansi bidang kajian IPS, pemahaman esensi konsep dan proses pembentuknya, cakupan konsep-konsep dasar geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah. Mata kuliah ini dirancang melalui pembelajaran berbasis aktivitas, menghasilkan produk dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir melalui kegiatan inkuiri, investigasi kelompok, diskusi terfokus, berorientasi penyelesaian masalah. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami konsep esensial displin ilmu-ilmu sosial untuk dikembangkan dalam kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI).


Referensi

1. Tellez, Kip. (2013). Teaching Fact, Skills, Concepts, and Morals: What the Difference (http://people.ucsc.edu/~ktellez/facts-skills-con.html ). Diakses 27November 2013

2. Bank, James A. (1990). Teaching Strategies for The Social Studies-Inquiry, Valuing, and Decision Making . Longman New York and London

3. Skeel, Dorothy J. (1995). Elementery Social Studies-Challenges for Tomorrow 19s World . Harcourt Brace College Publishers

4. Woolever, R and Scott, K.P. (1988). Active Learning in Social studies-Promoting Cognitive and Social Growth . Scott, Foresman and Company Boston London.

5. Bisland, Beverly Milner. (2009). Two Traditions in the Social Studies Curriculum for the Elementary Grades: The Textbooks of Paul R. Hanna and Harold O. Rugg . Journal of Social Studies Research 33.2 (Fall 2009): 155-196. http://search.proquest.com. Diunduh tanggal 31 Agustus 2013

6. The College, Career, and Civic Life (C3) Framework for Social Studies State Standards: Guidance for Enhancing the Rigor of K-12 Civics, Economics, Geography, and History (Silver Spring, MD: NCSS, 2013). http://www.socialstudies.org/c3

7. The definition was officially adopted by National Council for the Social Studies (NCSS) in 1992. See National Council for the Social Studies, Expectations of Excellence: Curriculum Standards for Social Studies (Washington, D.C.: NCSS, 1994): 3. (www.socialstudies.org) diunduh 7 Januari 2014 pukul 10.00 WIB

8. Somantri, Nu 19man. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS . Bandung: Rosda

9. Sumaatmadja, Nursid.(2005). Konsep Dasar IPS . Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

10. Udin.S. Winataputra. (2002). Materi Pembelajaran IPS SD . Puat Penerbitan Universitas Terbuka.

11. Gunansyah, Ganes. (2015). Konsep-konsep Dasar Ilmu-ilmu Sosial. Zifatama Publisher


Dosen Pengampu
Ganes Gunansyah, S.Pd, M.Pd
NIP 198001292009121001
NIDN 0029018005
Putri Rachmadyanti, S.Pd, M.Pd
NIP 198906022015042001
NIDN 0002068902