Deskripsi
Kajian dan diskusi dengan memanfaatkan ipteks mengenai sebagai alat bantu menguasai konsep, mengimplementasi dan memecahkan problematika anak berkebutuhan khusus (ABK). Menguasai kajian konsep identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus yang meliputi pengertian, arah dan tujuan, tahapan, ruang lingkup, prosedur, instrumen, pelaksanaan identifikasi dan asesmen ABK. Pengambilan keputusan strategis dalam menghadapi fenomena dan probematika anak berkebutuhan khusus sesuai dengan dasar-dasar teoretis keilmuan pendidikan luar biasa. Bertanggung jawab terhadap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian identifikasi dan asesmen ABK lewat pengelolaan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan profesional.
Referensi
- Daniel Hallahan dan James Kauffman. (1994), Exceptional Children (Introduction to Special Education) , Massachusetts: Allyn and Bacon.
- Department Of Health Division Of Family Health Bureau Of Early Intervention (2000). Vision Impairment Assessment And Intervention For Young Children (Age 0-3 Years). Albany, New York 12224.
- Kingsley, M. (1999). " The Effects of a Visual Loss " dalam Mason, H. & McCall, S. (Eds.). (1999, pp.23-30). Visual Impairment: Access to Education for Children and Young People. London: David Fulton. Publishers.
- Mason, H. (1999). ," Assessment of Vision " dalam Mason, H. & McCall, S. (Eds.). (1999, pp.5164). Visual Impairment. Access to Education for Children and Young People. London: David Fulton Publishers.
- Mc Loughlin J.A. & Lewis RB. (1981 ).Assessing Special Students , Columbus: Charles E. Merril Publising Company.
- Michael L. Hardman dkk. (1990), Human Exceptionality (society, school and family ), Massachusetts: Allyn and Bacon.
- Skjorten, Miriam Donath, (1999 ), Assessment . UIO, Norway.
- Sugiarmin, M. (2002). Asesmen Bagi Anak Berkebutuhan Khusus . Dinas Pendidikan Prov Jabar.
- Sugiarmin, M. (2003). Asesmen Keterampilan Menolong Diri Anak Berkebutuhan Khusus . PLB UPI.
Dosen Pengampu