Deskripsi
Mata kuliah ini mempelajari konsep dan teori metode penelitian dalam bidang pendidikan. Cakupan materi terdiri dari bahasan teori tentang metodologi penelitian yang dikaitkan dengan bidang pendidikan. Telaah penelitian kuantitatif dan kualitatif dilakukan untuk memperkuat pemahaman terhadapmetodologi penelitian.
Referensi
1) Bogdan Robert C.& Sari Biklen, Knopp. 1982. Qualitative Research for Education; An Introduction to Theory and Methods; Allyn and Bacon,Inc. Boston London
2) Borg, W.R, Gall MD, 2003. Educational Research , Longman Inc.95 Street, White Palins, 106001
3) Miles Matthew B., Haberman Michael A. 1984. Qualitative Data Analysis; A Sourccebook of New Methods; Sage Publication, Beverly Hills, London.
4) Spradley, James. 1980. Participant Observation. Holt Rinehart and Winston.
5) Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta. Bandung
6) Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung Alfabeta.
7) Thiagarajan, S., Semmel. D & Simmel, M. I. 1974. Insctructional for Training Teancher of Expectional Children. Minnerpolis , Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota
8) Buhari, Bustang. 2010. Four-D Model (Model PengembanganPerangkatPembelajarandariThiagarajan, dkk) . (online), ( http://bustangbuhari.wordpress.com/2011/08/25/four-d-model-model-pengembangan-perangkat-pembelajaran-dari-thiagarajan-dkk/ ), diakses 3 Pebruari 2013.
9) Moh. Nazir. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
10) Y Riyanto . 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan kualitatif dan kuantitatif.. Surabaya: Unesa university press
Dosen Pengampu