MataKuliah Filsafat Ilmu


Deskripsi
Mata kuliah ini menyajikan, membahas dan mendiskusikan manajemen pendidikan sebagai disiplin ilmu pengetahuan yang diterapkan dalam kehidupan bermasyakat berdasarkan teori yang terus diperbaharui menurut perkembangan jaman. Manajemen pendidikan di pelajari dari dimensi sudut pandang filsafat. Manajemen pendidikan sebagai ilmu pengetahuan dipelajari dari dimensi ontologi, epistimoilogi dan aksiologi, direnungkan secara kritis, sistimatis, mendasar dan integral. Manajemen pendidikan merupakan ilmu pengetahuan yang berkembang sebagai hasil renungan filosofis dan peraktek empirik yang kemudian digunakan untuk memecahkan masalah pendidikan dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa dalam bentuk sistem, organisasi dan manajemen pendidikan.Ilmu pendidikan merupakann ilmu pengetahuan yang normatif praktis, berada dalam pengalaman interaksi pergaulan antar manusia. Peraktek pendidikan mengambil seting dalam fenomena kehidupan interaksi antara pendidik dengan peserta didik guna mengembangkan potensi peserta didik mencapai tujuan pendidikan.Manajemen pendidikan memerlukan analisis kritis berdasarkan ilmu pengetahuan untuk mewujudkan pengembangan potensi peserta didik dalam merubah sikap supaya tercapai tujuan pendidikan (nasional) agar lahir manusia beriman dan bertakwa yang cerdas dan kompetitip sehingga lahir manusia unggul berakhlak mulia.
Referensi
Aabbas, Hamzah. (1981). Pengantar Filsafat Alam. Surabaya. Al Iklas. Anshari Endang Saefuddin (1987) Ilmu Filsafat dan Agama, Surabaya, Bina Ilmu. Arifin, Muzayyin. (2005). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta. Sinar Grafika. Burhanuddin H.S. (1985). Filsafat Manusia. Bandung Selamat Jaya. Departemen Pendidikan Nasional (2002) Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad Ke 21 (SPTK-21). Depdoknas. Departemen Pendidikan Nasional (2000) Filosofi, Kebijaksanaan Dan Strategi Pendidikan Nasional. Depdiknas. Engkoswara (1987) Dasar dasar manajemen pendidikan. Depdikbud Jakarta. Engkoswara (2002) Profesionalisme Guru. Kumpulan Naskah. Program Pasca Sarjana UNESA. Graff Orin B., Calvin M Street, Ralp B Kimbrough, Archie R Dykes (1966) Philosophic Theory & Practice In Educational Administration . Belmont, Publishing Comp. Calipornia. Himpunan Peraturan Perundang-Undangan(2003) Undang-undang RI N0. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS. FM Fokus Media. Ismaun. (2007). Serahan Perkuliahan Filsafat Manajemen pendidikan. Sekolah Pasca Sarjana UNESA. Mujamma Khadim Al Haramain (1413 H) Al Qur’an dan Terjemahnya. Medinah Munawaroh. Muhammad Th (1984) Kedudukan Ilmu Dalam Islam. Surabaya Usaha Opset printing. Mudyahardjo Redja (2001) Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung, Remadja Rosdakarya. Muhadjir Noeng (1998) Filsafat Ilmu, Telaah Sistimatis Fungsional Komparatif. Jogyakarta, Rake Sarasin. Pranarka, A.M.W. (1987). Epistimologi Dasar. Jakarta. CSIS. Peursen Van (1993) Susunan Ilmu Pengetahuan. Sebuah Pengatar Filsafat Ilmu. Jakarta Gramedia. Rasyidin, Waini dkk. (2006)., Bahan Belajar Mandiri, Filsafat Pendidikan. UNESA Press Syafiie, Inu Kencana. (2000) AlQuran dan Ilmu Administrasi. Jakarta. Rineka Cipta. Siagian (1975) Filsafat Administrasi. Jakarta, Gunung Agung. Silalahi ulbert (1999) Studi Tentang Ilmu administrasi. Konsep Teori dan Dimensi. Bandung, Sinar Baru Algesindo. Sutisna Oteng. (1983). Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung. Angkasa. Supriadi Dedi (1998) Kebenaran Ilmiah, Metode Ilmiah, Dan Paradigma Riset Pendidikan. Program Pasca Sarjana UNESA. Suriasumantri Yuyun S (1996) Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. CV Muliasari. Suriasumantri Yuyun S (1999) Ilmu Dalam Perspektif. Jakarta. YayasanObor. Tafsir Ahmad (1999) Filsafat Umum. Bandung Remadja Rosdakarya.
Dosen Pengampu
Prof. Dr. Siti Masitoh, M.Pd
NIP 195703101984032001
NIDN 0010035705
Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si
NIP 196805031994031003
NIDN 0003056807