Mahasiswi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Azzah Putri Agustin, berhasil mengembangkan media buku fabel bergambar sebagai inovasi pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pakis III/370 Surabaya dan menjadi kontribusi nyata mahasiswa Unesa dalam penguatan literasi sejak pendidikan dasar.
Penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya minat dan kemampuan membaca siswa kelas II, khususnya dalam memahami isi bacaan. Kondisi tersebut menjadi tantangan serius karena keterampilan membaca merupakan fondasi utama bagi keberhasilan belajar pada jenjang selanjutnya. Kurangnya media bacaan yang menarik dan sesuai karakteristik siswa kelas rendah menjadi salah satu penyebab utama lemahnya kemampuan literasi awal.
Melalui pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ASSURE (Analyze, State Objectives, Select Methods and Media, Utilize Media, Require Learner Participation, dan Evaluate), Azzah merancang buku fabel bergambar yang menyesuaikan tingkat perkembangan kognitif dan minat baca anak usia sekolah dasar. Buku ini memadukan cerita fabel yang sederhana dengan ilustrasi visual menarik untuk membantu siswa memahami isi bacaan secara lebih mudah dan menyenangkan.
Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Pakis III/370 Surabaya. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa buku fabel bergambar yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca. Aspek kebahasaan, tampilan visual, serta kesesuaian isi dengan karakteristik siswa kelas rendah memperoleh penilaian positif dari para validator.
Hasil uji coba penggunaan media menunjukkan adanya peningkatan signifikan keterampilan membaca siswa, baik dari segi kelancaran membaca, pemahaman isi teks, maupun minat membaca. Siswa terlihat lebih antusias mengikuti pembelajaran, aktif membaca, dan mampu menceritakan kembali isi bacaan dengan lebih baik dibandingkan sebelum menggunakan media buku fabel bergambar.
Melalui penelitian ini, Azzah Putri Agustin menegaskan bahwa buku fabel bergambar merupakan media pembelajaran yang efektif dan relevan untuk meningkatkan keterampilan membaca di kelas rendah sekolah dasar. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru SD dalam mengembangkan pembelajaran literasi yang kreatif, sekaligus mendorong pemanfaatan media bacaan inovatif guna memperkuat budaya membaca sejak dini.