Mahasiswa S2 Unesa Buktikan PBL Berbantuan Wordwall Tingkatkan Motivasi dan Pemahaman Konsep Siswa SD

Inovasi pembelajaran digital kembali dihadirkan oleh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Dhewi Ratih, mahasiswa Program Magister (S2) Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Unesa, berhasil membuktikan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) berbantuan media Wordwall berpengaruh signifikan dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa kelas VI Sekolah Dasar pada tema Plesiran Keliling Dunia.

Penelitian ini berangkat dari permasalahan rendahnya antusiasme siswa serta lemahnya pemahaman konsep akibat pembelajaran yang masih didominasi metode ceramah. Kondisi tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan minimnya keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, PBL yang dipadukan dengan media interaktif Wordwall dipilih sebagai solusi inovatif untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kontekstual dan menantang.

Penelitian yang dibimbing oleh Dr. Ganes Gunansyah, S.Pd., M.Pd. dan Prof. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph.D. ini menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk Posttest Only Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Wonokusumo V/44 Surabaya, dengan kelas VI-A sebagai kelas kontrol dan kelas VI-B sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk mengukur motivasi dan pemahaman konsep siswa setelah perlakuan diberikan.

Hasil analisis data menggunakan uji t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai -t hitung < -t tabel (-3,426 < -1,997) dengan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05, menandakan bahwa penerapan PBL berbantuan Wordwall secara nyata memberikan dampak positif terhadap motivasi dan pemahaman konsep siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.

Melalui Wordwall, siswa terlibat aktif dalam menyelesaikan masalah, berdiskusi, serta menguji pemahaman konsep melalui aktivitas kuis dan permainan edukatif yang menarik. Model PBL mendorong siswa berpikir kritis, bekerja sama, dan mengaitkan materi pembelajaran dengan konteks kehidupan nyata, sehingga pembelajaran tidak hanya berorientasi pada hasil akhir, tetapi juga pada proses berpikir siswa.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa Problem Based Learning berbantuan media Wordwall efektif meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep siswa sekolah dasar. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi guru dan sekolah dasar dalam mengembangkan pembelajaran inovatif berbasis teknologi digital. Selain itu, hasil penelitian ini menegaskan komitmen Unesa dalam mendorong riset pendidikan yang relevan dengan kebutuhan pembelajaran abad ke-21 serta mendukung transformasi pembelajaran di sekolah dasar.