Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SD Kreatif Insan Rabbani

Penelitian yang dilakukan oleh Syahrizal Putra Wardhana, mahasiswa S1 Manajemen Pendidikan, bertujuan untuk mengetahui proses implementasi supervisi klinis dalam meningkatkan kinerja guru di SD Kreatif Insan Rabbani. Supervisi klinis dipandang sebagai pendekatan strategis untuk pembinaan profesional guru melalui interaksi kolaboratif dan reflektif antara kepala sekolah dan guru.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan pada kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, dan guru kelas untuk memperoleh gambaran lengkap mengenai pelaksanaan supervisi klinis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi klinis dilaksanakan melalui tiga tahapan utama, yaitu perencanaan yang meliputi pertemuan pendahuluan, pelaksanaan berupa observasi pada proses pembelajaran, dan evaluasi melalui pertemuan tindak lanjut. Pelaksanaan yang terstruktur dan berkesinambungan ini terbukti mampu meningkatkan kinerja guru dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

Selain itu, supervisi klinis juga membuat guru lebih terbuka menerima umpan balik dan melakukan refleksi atas praktik pembelajaran yang dijalankan. Proses ini menumbuhkan kesadaran profesional dan motivasi untuk memperbaiki kualitas pengajaran secara berkelanjutan.

Penelitian ini menegaskan bahwa supervisi klinis merupakan salah satu upaya paling efektif dalam pengembangan profesionalisme guru. Dengan supervisi yang rutin dan sistematis, guru dapat meningkatkan keterampilan mengajar dan mengelola kelas yang berdampak positif terhadap pencapaian hasil belajar siswa.