GPM FIP UNESA Lakukan Rapat Koordinasi Guna Mempersiapkan Akreditasi FIBAA

Fip.unesa.ac.id, Surabaya 5 Juni 2023 Р Gugus Penjamin Mutu Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (GPM FIP UNESA) dengan penuh semangat telah mengadakan rapat persiapan untuk mendapatkan akreditasi dari FIBAA (Foundation for International Business Administration Accreditation) untuk program studi S1 Teknologi Pendidikan, S1 Pendidikan Luar Biasa, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan S1 Psikologi. Dalam rangka mempertahankan standar mutu pendidikan yang tinggi dan mengakui keunggulan program studi yang ada, FIP UNESA telah memutuskan untuk mengajukan akreditasi FIBAA, yang secara internasional diakui sebagai lembaga akreditasi yang kredibel dalam bidang pendidikan tinggi dan bisnis.

Rapat persiapan ini dihadiri oleh koordinator program studi serta perwakilan dosen dari program studi yang bersangkutan, serta anggota GPM FIP UNESA. Mereka secara intensif membahas persyaratan akreditasi FIBAA dan mengidentifikasi langkah-langkah yang harus diambil untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh FIBAA. Wakil Dekan Bidang II FIP UNESA, Dr. Andi Kristanto, S.Pd., M.Pd., menyatakan, “Akreditasi FIBAA adalah pencapaian penting yang akan memberikan pengakuan internasional terhadap kualitas pendidikan dan penelitian yang dilakukan di program studi Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Biasa, PGSD, dan Psikologi. Kami percaya bahwa persiapan yang matang dan kolaborasi tim yang kuat akan memastikan keberhasilan dalam menghadapi proses akreditasi ini.”

Proses akreditasi FIBAA akan melibatkan evaluasi eksternal oleh tim ahli yang ditunjuk oleh FIBAA. Tim tersebut akan mengunjungi FIP UNESA untuk melakukan penilaian terhadap program studi yang diajukan untuk akreditasi. Hasil dari proses akreditasi ini akan sangat penting dalam mempertahankan dan meningkatkan reputasi program studi dan institusi di tingkat internasional. FIP UNESA berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta beradaptasi dengan perubahan yang terjadi dalam dunia pendidikan. Akreditasi FIBAA diharapkan akan menjadi langkah maju dalam mencapai tujuan tersebut dan memperkuat posisi FIP UNESA sebagai lembaga pendidikan yang unggul di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam menjalankan persiapan akreditasi FIBAA ini, FIP UNESA juga akan melibatkan berbagai pihak terkait, seperti alumni, industri, dan lembaga mitra. Kolaborasi dengan pihak eksternal ini diharapkan dapat memberikan perspektif dan kontribusi yang berharga dalam memperkuat program studi yang diajukan. Selain itu, FIP UNESA juga akan mengoptimalkan penggunaan teknologi dan inovasi dalam pendidikan. Pemanfaatan teknologi pendidikan yang canggih akan menjadi fokus dalam memenuhi persyaratan akreditasi FIBAA yang semakin menekankan pentingnya integrasi teknologi dalam pembelajaran.

FIP UNESA memandang akreditasi FIBAA sebagai kesempatan untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan meraih pengakuan yang lebih luas di tingkat internasional. Dengan adanya akreditasi ini, lulusan program studi yang terakreditasi FIBAA akan memiliki keunggulan kompetitif dalam memasuki dunia kerja global yang semakin kompleks. Diharapkan bahwa persiapan yang dilakukan oleh GPM FIP UNESA ini akan memberikan hasil yang positif dalam proses akreditasi FIBAA. FIP UNESA akan terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan berkelanjutan kepada mahasiswa-mahasiswanya serta mewujudkan visi sebagai lembaga pendidikan yang inovatif dan berorientasi internasional.