Evaluasi Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dan Surabaya Mengajar Angkatan 4 di SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya

Penelitian yang dilakukan oleh Shinta Salsabila, mahasiswa S1 Manajemen Pendidikan, mengevaluasi pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 6 dan Program Surabaya Mengajar Angkatan 4 di SDN Tembok Dukuh IV/86 Surabaya. Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk menilai secara menyeluruh keberhasilan dan tantangan dalam pelaksanaan kedua program tersebut.

Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek context, tujuan dan relevansi program telah dipahami dengan baik oleh semua pihak melalui sosialisasi sebelum pelaksanaan.

Pada aspek input, desain program kerja yang dibuat oleh peserta dinilai sesuai dengan kebutuhan sekolah, didukung oleh pembekalan dan observasi awal. Dalam pelaksanaan program (process), walaupun terjadi beberapa hambatan seperti keterbatasan sarana prasarana dan kurangnya komunikasi antar tim, hal tersebut berhasil diatasi secara efektif.

Aspek product menunjukkan bahwa capaian program berhasil meningkatkan literasi dan numerasi siswa, meskipun masih ada kekurangan yang perlu diperbaiki ke depan untuk mencapai hasil yang lebih optimal. Program ini memberikan kontribusi positif yang besar bagi sekolah sasaran.

Secara keseluruhan, kedua program dinilai berjalan secara efektif dan adaptif, menghadirkan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SDN Tembok Dukuh IV/86. Evaluasi ini memberikan masukan penting untuk pengembangan dan peningkatan program di masa mendatang.

Peneliti merekomendasikan peningkatan kualitas program dan penambahan dukungan fasilitas agar kiprah Program Kampus Mengajar dan Surabaya Mengajar semakin optimal dan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dalam dunia pendidikan dasar.