Dosen Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNESA Melatih Guru SMA se-Gresik dalam Pengelolaan Pusat Sumber Belajar

Fip.unesa.ac.id, Gresik 20 Juni 2023 – Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (TP FIP UNESA) dengan bangga meluncurkan program pelatihan pengelolaan sumber belajar bagi guru Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Gresik. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di SMA melalui pemanfaatan teknologi pendidikan yang efektif. Dalam era digital saat ini, penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran telah menjadi kebutuhan yang penting. Namun, tidak semua guru memiliki pemahaman yang mendalam tentang cara mengintegrasikan teknologi dengan baik ke dalam pembelajaran mereka. Oleh karena itu, Prodi Teknologi Pendidikan UNESA berinisiatif untuk memberikan pelatihan kepada para guru SMA di wilayah Gresik.

Pelatihan ini dilaksanakan di SMA NU 1 Gresik. Para peserta terdiri dari puluhan guru SMA yang berasal dari berbagai sekolah di Gresik. Mereka diberikan pengetahuan dan keterampilan tentang penggunaan teknologi pendidikan yang inovatif dan efektif dalam pembelajaran. Dalam pelatihan tersebut, tim pengajar yang terdiri dari dosen-dosen terbaik Prodi Teknologi Pendidikan UNESA memberikan materi tentang pengelolaan sumber belajar digital, penggunaan perangkat lunak pendidikan, pembuatan konten pembelajaran interaktif, serta strategi penggunaan media pembelajaran yang tepat. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk berlatih langsung menggunakan perangkat dan aplikasi pendidikan yang relevan.

Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd., Koordinator Program Studi S1 Teknologi Pendidikan FIP UNESA, menyampaikan pentingnya pelatihan ini. “Kami menyadari bahwa teknologi pendidikan dapat menjadi kunci dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di era digital ini. Dengan pelatihan ini, kami berharap para guru SMA di Gresik dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi siswa,” ujarnya. Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNESA berharap bahwa pelatihan ini dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas pembelajaran di SMA se-Gresik. Mereka berencana untuk melanjutkan program pelatihan serupa di masa mendatang serta mengembangkan kerjasama dengan pihak sekolah dan dinas pendidikan untuk memperluas jangkauan pelatihan. Dengan pemanfaatan teknologi pendidikan yang tepat, diharapkan guru SMA di Gresik dapat menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, menarik, dan relevan bagi siswa. Selain itu, penggunaan teknologi pendidikan juga dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan mengembangkan keterampilan digital mereka.

Program Studi Teknologi Pendidikan UNESA juga berkomitmen untuk terus mendukung guru-guru dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Mereka menyadari bahwa perkembangan teknologi terus berubah, dan para guru perlu memperbarui pengetahuan dan keterampilan mereka secara berkala. Oleh karena itu, Prodi Teknologi Pendidikan UNESA akan terus mengadakan pelatihan, workshop, dan kegiatan pengembangan profesional lainnya untuk guru-guru SMA di Gresik.

Dr. Andi Mariono, M.Pd., Koordinator Program Studi S2 Teknologi Pendidikan menyampaikan, “Kami berharap melalui program pelatihan ini, para guru dapat mengembangkan kompetensi teknologi pendidikan yang lebih baik. Dengan demikian, mereka dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif, mendukung perkembangan siswa, dan membantu mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik.” Selain melalui pelatihan, Prodi Teknologi Pendidikan UNESA juga akan terus mendukung guru SMA di Gresik dengan menyediakan sumber daya dan informasi terkini mengenai teknologi pendidikan. Mereka akan mengadakan forum diskusi, menghasilkan publikasi, dan berbagi penelitian terbaru dalam bidang tersebut. Hal ini bertujuan untuk menciptakan komunitas pembelajaran yang berkelanjutan dan saling mendukung antara Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNESA dan guru-guru SMA di Gresik.

Dengan adanya program pelatihan pengelolaan sumber belajar ini, diharapkan kualitas pembelajaran di SMA se-Gresik dapat terus meningkat. Guru-guru akan dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi pendidikan dalam mengajar, sehingga siswa dapat lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan meraih hasil yang lebih baik. Prodi Teknologi Pendidikan UNESA berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Melalui inisiatif seperti pelatihan pengelolaan sumber belajar bagi guru SMA se-Gresik, mereka berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan generasi muda yang siap menghadapi tantangan di era digital dan berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa.