Sampaikan Administrasi dan Keuangan, Dr. Najlah Himbau Garda Muda Cintai Lingkungan


fip.unesa.ac.id – Surabaya Semangat Garda Muda Dewantara dalam melaksanakan rangkaian PKKMB masih terus membara. Hal ini dapat dilihat dari masih antusiasnya mahasiswa mengikuti materi ketiga yang menjadi rangkaian kegiatan PKKMB pada hari pertama. Pada materi kali ini, panitia PKKMB mengangkat tema “Manajemen Pelayanan Administrasi Umum dan Keuangan”. Diniyah bertindak sebagai moderator. Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan menjadi pemateri pada sesi kali ini.

Dosen yang berasal dari Probolinggo ini, memaparkan 5 hal yang berkaitan dengan tugasnya, yaitu program kerja bidang administrasi umum dan keuangan, struktur organisasi fakultas ilmu pendidikan, fasilitas belajar mahasiswa, beasiswa, dan pembayaran pendidikan yang lebih dikenal dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Struktur organisasi Fakultas Ilmu Pendidikan, terdiri dari Dekan yang dijabat oleh Dr. Mochamad Nursalim, M.Si, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Wagino, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Dr. Najlatun Naqiyah, M.Pd., dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Heryanto Susilo, S.Pd., M.Pd. Setiap bidang dibantu oleh Kasubag yang berada dibawah arahan Kabag Tata Usaha Fakultas Ilmu Pendidikan Drs. Rahmat Basuki, M.M. Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki 8 jurusan, yaitu jurusan psikologi, jurusan bimbingan konseling, jurusan pendidikan luar biasa, jurusan pendidikan guru anak usia dini, pendidikan guru sekolah dasar, jurusan pendidikan luar sekolah, jurusan kurikulum dan teknologi pendidikan, dan jurusan manajemen pendidikan.

Dalam mendukung kegiatan pembelajaran, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) menyiapkan sarana yang memadai. Setidaknya FIP memiliki 8 gedung perkuliahan dan 64 ruangan untuk kegiatan proses belajar mengajar. Selain itu FIP menyediakan fasilitas-fasilitas khusus yang dapat digunakan mahasiswa, misalnya ruang auditorium. Fasilitas-fasilitas khusus tersebut dapat digunakan melalui prosedur perizinan pada bagian administrasi umum dan keuangan. Hanya saja, dosen muda bimbingan konseling tersebut berpesan, dalam penggunaan fasilitas yang ada, mahasiswa diminta untuk menjaga dan merawatnya dengan baik, terutama mengenai kebersihan ruangan. Sekalipun FIP memiliki cleaning service yang memadai, namun kesadaran mahasiswa akan kebersihan tetap perlu ditumbuhkan, tanpa mengandalkan celaning service yang ada.