fip.unesa.ac.id, SURABAYA – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik, Dr. S. Hariyanto, S.Pd., MM., telah melaksanakan Ujian Disertasi Terbuka Program Studi S3 Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (FIP UNESA) di ruang sidang lantai 2 gedung O1 FIP UNESA pada Senin, 20 Januari 2025.
Ujian terbuka ini dihadiri jajaran dewan penguji yang terdiri dari Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si. (Ketua), Prof. Dr. Mustaji, M.Pd. (Anggota / Promotor I ), Dr. Sri Setyowati, M.Pd. (Anggota / Promotor II), Dr. Nunuk Hariyati, S.Pd., M.Pd. (Anggota), Prof. Dr. Suryadi, M.Pd (Anggota), Prof. Dr. Dra. Gunarti Dwi Lestari, M.Si. (Anggota), Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd. (Anggota).
Pada ujian terbuka tersebut, ia mengangkat judul “Implementasi Program Nawa Karsa Gresik Cerdas Dalam Meningkatkan Kualitas Guru SD di Kabupaten Gresik,” ia berhasil menyelesaikan program studi doktoral hanya dalam waktu 5 semester atau 2 tahun setengah dengan memperoleh IPK 3,92 dan nilai disertasi 90,4.
Program Nawa Karsa dicanangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar dengan fokus pada pengembangan kompetensi profesional guru SD melalui pelatihan intensif, pendampingan berkelanjutan, dan pembentukan komunitas profesional. Keberhasilan program ini menunjukkan dampak positif seperti meningkatnya capaian indeks pendidikan Kabupaten Gresik dari 78,90 pada tahun 2022 menjadi 80,98 pada 2023, menurunnya angka putus sekolah, dan peningkatan kemampuan pedagogis.
Meskipun begitu dalam implementasinya program ini memiliki beberapa tantangan seperti adanya resistensi dari guru senior terhadap perubahan, keterbatasan infrastruktur di wilayah terpencil, serta beban administrasi guru yang tinggi. “Oleh karena itu, kunci dari keberhasilan program ini adalah dengan adanya kolaborasi antar pihak, seperti pemerintah, Dinas Pendidikan, komunitas, dan sektor swasta,” tuturnya.
Program Nawa Karsa ini diharapkan dapat diimplementasikan di berbagai daerah tidak hanya di Kabupaten Gresik saja serta bisa menjadi program yang berkelanjutan dengan memperbaiki apa yang sudah menjadi evaluasi selama pelaksanaan program. Di akhir ia mengungkapkan betapa pentingnya mencari ilmu dan berharap agar para pendidik bisa melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi.
Penulis: Nadea Diva Nurfin Afrilia (BK), Florencya Agatha Damasitha (MP).