Teknologi Pendidikan FIP UNESA Gelar Kuliah Tamu, Bekali Mahasiswa Kunci Publikasi Ilmiah Jurnal Terakreditasi

fip.unesa.ac.id, SURABAYA—Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menggelar kuliah tamu untuk membekali mahasiswa dan sivitas akademika dengan strategi efektif menulis karya ilmiah. Acara yang mengambil tema “Dari Ide ke Publikasi, Teknik Efektif Menulis Karya Ilmiah untuk Tembus Jurnal Nasional Terakreditasi” ini berlangsung pada Kamis, 9 September 2025, secara hybrid di Gedung O1 lantai 2 UNESA.

Koordinator Program Studi S1 Teknologi Pendidikan, Dr. Utari Dewi, S.Sn., membuka acara dengan menyambut antusiasme peserta. Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan untuk mendukung program kelulusan melalui publikasi jurnal, sekaligus mendorong mahasiswa agar dapat memenuhi syarat kelulusan yang kini dapat diganti dengan publikasi.

Narasumber utama dari Universitas Bengkulu, Dr. Eko Risdianto, memaparkan pentingnya tahapan dalam penelitian. Ia menekankan bahwa semuanya berawal dari ide yang kuat. “Sebagai peneliti, langkah pertama kita adalah mencari masalah. Dari masalah itu, nanti akan menjadi sebuah tema yang akan kita angkat untuk mencari solusi,” jelasnya.

Menurutnya, kunci menemukan solusi terbaik adalah dengan banyak membaca. Ia menekankan pentingnya literasi untuk mencari referensi yang cocok sesuai dengan tema riset yang dilakukan. Ia juga menyinggung peran teknologi dalam riset modern. “AI itu boleh digunakan sebagai alat bantu, tapi tentunya pengetahuan kita sebagai peneliti itu sama dominan diperlukan,” tegasnya.

Materi yang disampaikan mencakup cara mengolah ide penelitian menjadi naskah yang terstruktur, kiat-kiat menghindari plagiarisme, hingga tips dan trik agar naskah dapat diterima oleh editor jurnal.

Sesi pemaparan berlangsung interaktif dengan dimoderatori oleh Dosen S1 Teknologi Pendidikan, Dr. Nur Ainiyah, S.Pd.I., M.Pd. Para peserta, baik yang hadir secara luring maupun daring, memanfaatkan kesempatan ini untuk berdiskusi langsung dan bertanya mengenai tantangan yang sering mereka hadapi dalam proses penulisan.

Kegiatan ini menjadi bukti komitmen Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNESA dalam mendukung iklim akademik yang produktif. Diharapkan, ilmu yang didapat dari kuliah tamu ini dapat mendorong lebih banyak karya ilmiah berkualitas dari UNESA untuk dipublikasikan di jurnal-jurnal terakreditasi, baik nasional maupun internasional.

Penulis & Dokumentasi: Dyah Ayu (TP)

Editor: Nelly (PGSD)