Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menghadirkan gebrakan baru dalam publikasi ilmiah di bidang community service. Terbit secara berkala dua kali setahun, jurnal ini mewadahi hasil-hasil pengabdian masyarakat dari beragam bidang manajemen pendidikan dan psikologi, sebagai wujud nyata kontribusi akademisi dalam pengembangan dan pelayanan masyarakat.
Ruang lingkup jurnal mencakup berbagai fokus kajian, antara lain Educational Leadership and Management, Management of Guidance and Counseling, Management of Nonformal Education, Management of Special Education, Curriculum and Educational Technology, Management of Early Childhood Education, Management of Elementary Education, Management of Informal Education, dan Management of Psichology Education. Kesembilan bidang ini menggambarkan komitmen FIP Unesa untuk menampung hasil karya inovatif di ranah pendidikan dan sosial.
Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi S1, S2, dan S3 Manajemen Pendidikan FIP Unesa, dengan jumlah terbitan sebanyak 9 artikel per edisi dan total 18 artikel setiap tahun. Adanya variasi bidang kajian memungkinkan para dosen, mahasiswa, dan praktisi pendidikan untuk berbagi praktik terbaik dan hasil kolaborasi riset dalam pengabdian kepada masyarakat.
Sebagai bagian dari proses transformasi, Jurnal Pengabdian Masyarakat telah mengantongi nomor ISSN 2776-9275, yang menunjukkan integritas dan pengakuan resmi dalam peta jurnal ilmiah nasional. Pencapaian ini semakin memperkuat reputasi Unesa sebagai institusi pendidikan tinggi yang berkomitmen pada kualitas publikasi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan untuk kesejahteraan bersama.
Saat ini, pengelola jurnal tengah menjalani proses re-akreditasi sebagai upaya meningkatkan standar mutu publikasi ilmiah. Proses ini diharapkan mampu memberikan hasil maksimal sehingga jurnal semakin dipercaya sebagai referensi keilmuan dan menjadi rujukan utama dalam bidang pengabdian masyarakat di Indonesia.
Melalui inovasi dan dedikasi dalam pengelolaan jurnal, FIP Unesa terus mendorong sinergi antara akademisi dan masyarakat guna menciptakan lingkungan pendidikan yang transformasional dan berorientasi pada pengembangan potensi lokal serta penyelesaian masalah nyata di lapangan. Jurnal Pengabdian Masyarakat FIP Unesa menjadi bukti nyata komitmen universitas dalam menggerakkan perubahan melalui pengabdian dan inovasi.