Publikasi S1 Teknologi Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2011 | Pengembangan Model Media Video Pembelajaran Mata Kuliah Pengembangan Media Video/Tv Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya | Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah merancang dan membuat model prototipe media video pembelajaran yang memuat: tujuan, uraian materi, dan rangkuman disertai dengan bahan penyerta meliputi panduan dosen dan panduan mahasiswa. Model desain rancangan pembelajaran yang digunakan adalah model Dick & Carey yang meliputi: mengidentifikasi tujuan umum pembelajaran, mengadakan analisis pembelajaran, mengidentifikasi karakteristik dan tingkah laku awal, membuat tujuan khusus pembelajaran, mengembangkan butir-butir penilaian acuan patokan, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan menyeleksi bahan-bahan pembelajaran, merancang dan mengadakan evaluasi formatif, dan merevisi. Prosedur yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan Borg and Gall dalam Nana Syaodih Sukmadinata sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, diseminasi dan implementasi. Dalam pelaksanaan uji coba dilakukan dalam 4 tahap, yaitu: tahap pertama review dengan ahli isi/materi serta ahli rancangan dan media pembelajaran, tahap kedua dilakukan dengan uji coba satu-satu, tahap ketiga uji coba produk kelompok kecil, tahap terakhir dengan uji coba lapangan dengan kelompok besar (lapangan). Berdasarkan analisis dari 40 mahasiswa peserta uji coba lapangan, jumlah mahasiswa yang … |
UNS (Sebelas Maret University), 2011 | |
2010 | Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Sistem Tata Surya bagi Siswa Kelas 2 Semester I di SMAN 22 Surabaya | Era perkembangan teknologi informasi yang semakin meningkat, khususnya dalam teknologi komputer sangat berpengaruh dan berperan penting dalam dunia pendidikan. Terutama dalam media pembelajaran, yaitu sering disebut dengan komputer pembelajaran atau Computer Assisted Instructional (CAI). Pengunaan media tersebut sangat membantu sekali dalam proses belajar siswa secara mandiri. Aplikasi program yang disajikan meliputi teks, grafis, animasi, video, dan saound. Apliaksi program tersebut dapat menarik perhatian dalam proses belajar mengajar. Model dan prosedur pengembangan yang digunakan dalam pengembangan adalah model Dick and Carey (1990). Dalam pelaksanaan ujicoba dilakukan dalam 4 tahap, yaitu: 1. Tahap awal, review dengan ahli materi dan ahli media. 2. Tahap kedua, evaluasi dengan uji coba perorangan. 3. Tahap ketiga, uji coba produk kelompok kecil. 4. Tahap … |
Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya 10 (2), 12-25, 2010 | |
Sulistiowati,., & Pradana, HD (2021). Brain-Based Online Learning Design in The Disruptive Era for Students in University | Journal of Educational and Social Research 11 (6), 277, 0 | |||
Fostering Students' Independent Learning in Introduction to Learning Media Courses through the Use of Interactive Multimedia | The current era is entering a fast-paced and uncertain period. In that era, it has a significant impact on learning. One of the impacts is online learning. However, online learning raises various kinds of problems in its implementation. Student learning independence is one of the problems that arise and must be resolved immediately. If student learning independence cannot be appropriately handled, learning outcomes will also be affected. From the observations, independent learning in students also causes low learning outcomes obtained. Thus, interactive multimedia is here to solve the problem of independent learning in students. Interactive multimedia can help students to learn independently. Interactive multimedia does not only act as a passive means of knowledge but also can be a solution for students to understand introductory learning media courses. The development model used was the Lee & Owens … |
Teknodika 20 (1), 35-47, 0 |