Publikasi S1 Teknologi Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2015 | Pengaruh Permainan Futsal Modifikasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 4-5 Tahun | Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental desain. Pada penelitian yang menggunakan nonequivalent control group design ini terdapat dua kelompok yang masing-masing menggunakan subjek penelitian dengan jumlah masing-masing 10 anak pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh permainan futsal modifikasi terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada permainan futsal modifikasi terhadap perkembangan motorik kasar dalam kemampuannya menendang bola secara terarah pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3 Surabaya. |
Paud Teratai 4 (2), 2015 | |
2014 | Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok a Tk Tunas Harapan | Penelitian pada anak kelompok A di TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berbicara anak dalam menjawab pertanyaan apa dan siapa; serta menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana. Hal ini terlihat ketika pembelajaran terdapat 15 dari 24 anak tidak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan guru, anak hanya diam ketika diminta untuk menceritakan pengalaman/kejadian secara sederhana. Oleh karena itu perlu dilakukan variasi pembelajaran dengan metode yang tepat, salah satunya dengan metode sosiodrama yang mampu memberikan kesempatan berbicara kepada masing-masing anak. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh penggunaan metode sosiodrama terhadap kemampuan berbicara anak kelompok A TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pre eksperimen dan desain penelitian one group pretest-posttest. Subyek penelitian berjumlah 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Taknik analisis data menggunakan statistik non parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test) dengan rumus Thitung< Ttabel, dimana penelitian ini dikatakan signifikan karena adanya pengaruh dua variabel jika Thitung< Ttabel.Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabel dengan taraf signifikan 5%= 81 dan hasil pengambilan keputusannya yaitu: Ha diterima karena Thitung< Ttabel (0< 81) dan Ho ditolak karena Thitung> … |
PAUD Teratai 3 (3), 1-7, 2014 | |
2014 | Pengaruh Kegiatan Meronce terhadap Kemampuan Mengenal Pola pada Anak Kelompok A di Taman Kanak-kanak Wifa | Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak WIFA Bangkalan yang dilatarbelakangi oleh kemampuan mengenal pola anak yang masih rendah. Sekitar 60%(16 dari 26) anak masih kesulitan dalam mengenal pola. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan yaitu kegiatan meronce karena dalam kegiatan meronce anak berinteraksi langsung dengan bahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kegiatan meronce terhadap kemampuan mengenal pola pada anak kelompok A di Taman Kanak-kanak WIFA Bangkalan. |
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Surabaya, 2014 | |
2014 | Pengaruh Media Realita Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran Pada Anak Kelompok B Di TK Dharma Wanita Desa Kapas Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri | Penelitian pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Desa Kapas Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal konsep ukuran dalam hal mengenal, menyusun dan mengukur benda dari pendek ke panjang. Hal ini terlihat saat pembelajaran tentang mengenal, menyusun, dan mengukur benda yang berukuran pendek ke panjang terdapat 70% dari 20 anak yang mengalami permasalahan dalam mengenal, menyusun, dan mengukur benda yang berukuran pendek-panjang. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan media realia terhadap kemampuan mengenal konsep ukuran pada anak kelompok B di TK Dharma Wanita Desa Kapas Kecamatan Kunjang Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre exsperimental dan desain penelitian one group pretest-posttest. Subyek penelitian berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik non-parametrik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test) dengan rumus t hitung< t tabel, maka hasil penelitian ini signifikan karena adanya pengaruh antar dua variabel.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan mengenal konsep ukuran pada saat observasi awal (pretest) dan observasi setelah perlakuan (post-test) menggunakan media realia diperoleh nilai rata-rata hasil pre-test 4, 9 dan rata-rata hasil post-test 8, 8. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung= 0 lebih kecil dari t tabel= 52 dan hasil … |
PAUD Teratai 3, 2014 | |
2014 | Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan sains anak kelompok a di taman kanak-kanak aba | Penelitian ini dilatarbelakangi pada proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan sains anak kelompok A di Taman Kanak-kanak ABA Danunegaran Yogyakarta, yang masih berpusat pada guru. Kesempatan bagi anak-anak untuk terlibat langsung menemukan informasi disekitar mereka masih terbatas. Hal ini menyebabkan kemampuan sains anak masih rendah. Oleh karena itu, keterampilan sains anak harus dikembangkan dengan menggunakan cara yang tepat. Salah satu cara yang tepat adalah pembelajaran inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan sains anak kelompok A di TK ABA Danunegaran Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental designs dengan jenis the non equivalent pretest-postest designs. Subjek penelitian ini terdiri atas 13 anak kelas A1 dan 13 anak kelas A2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentai, dan hasil perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan Mann Whitney U-Test dimana jika Uhitung< Utabel, maka penelitian ini signifikan.Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan sains pada saat pretest dan setelah diberi perlakuan posttest menggunakan model pembelajaran inkuiri diperoleh nilai rata-rata hasil pretest kelompok eksperimen 5, 30 dan kelompok kontrol 5, 38 serta rata-rata hasil posttest kelompok eksperimen 8, 53 dan kelompok kontrol 6, 84. Hasil perhitungan dengan Mann Whitney U-Test diperoleh Uhitung= 0 lebih kecil dari Utabel= 39, Ha diterima karena Uhitung< Utabel (0< … |
PAUD Teratai 3 (3), 2014 | |
2014 | Sistem pengaman dan pelacak kendaraan bermotor menggunakan GPS dan SMS | Pengamanan dan pelacakan kendaraan bermotor merupakan sebuah sistem untuk mengetahui posisi kendaraan dengan pasti. Sistem pelacakan ini menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System) dan perangkat seluler untuk pengamanannya. Kendaraan yang telah dilengkapi dengan GPS akan membalas SMS (Short Message Service) yang dikirim dengan format tertentu, dan akan menunjukkan posisi kendaraan berada. Modul yang ada di kendaraan adalah SIM 548C dan mikrokontroler AT mega 162, serta relai sebagai pemutus kontak. Pada modul SIM548C terdapat modul yaitu GSM dan GPS yang masing-masing memiliki antena yaitu antena GPS dan antena GSM, data yang diterima oleh modul akan diolah dan dikirim secara serial ke mikrokontroler melalui pin RX dan TX. Cara melacak hp yang hilang Dengan Akses data untuk GPS yaitu NMEA 0183 dan data GSM menggunakan AT Command untuk komunikasi dengan mikrokontroler AT mega 162. Selain posisi kendaraan yang dapat diketahui, kendaraan juga dapat dimatikan mesinnya dengan mengaktifkan relai lewat SMS. |
JTET (Jurnal Teknik Elektro Terapan) 3 (1), 2014 | |
2013 | Peningkatan Keterbukaan Diri melalui Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom pada Siswa Kelas XI SMA Kanisius Ambarawa Tahun Ajaran 2012/2013 | Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui peningkatan keterbukaan diri melalui bimbingan kelompok teknik homeroom pada siswa kelas XI SMA Kanisius Ambarawa Tahun Ajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen yang dilaksanakan pada Februari 2013 sampai Maret 2013.Subjek dalam penelitian ini adalah 17 orang siswa kelas XI SMA Kanisius Ambarawa menjadi 2 kelompok, yaitu 8 orang siswa sebagai kelompok kontrol dan 9 orang siswa sebagai kelompok eksperimen. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala keterbukaan diri berdasarkan teori Boorks dan Emmert. Skala ini mengungkap keterbukaan diri pada siswa dengan 48 item pernyataan. Analisis data untuk mengukur keterbukaan diri ini menggunakan teknik uji Mann Whitney melalui program SPSS 11.5 for windows. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada peningkatan keterbukaan diri yang signifikan 9 orang siswa yang menjadi kelompok eksperimen atau yang menjadi subjek penelitian siswa kelas XI SMA Kanisius Ambarawa. Dari uji Mann Whitney kelompok eksperimen antara pre test dan post test diperoleh hasil yaitu nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,43 < 0,050 yang artinya ada perbedaan yang signifikan kelompok eksperimen antara skor pre test dan post test. Dan mean rank pre test kelompok eksperimen sebesar 7,44, sedangkan mean rank post test kelompok eksperimen sebesar 11,33. Hal ini menunjukan bahwa post test memiliki rata-rata keterbukaan diri yang lebih tinggi dari pada pre test dengan selisih 3,89. Sehingga terjadi peningkatan keterbukaan diri pada kelompok eksperimen Dari hasil tersebut dapat … |
Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP-UKSW, 2013 | |
2011 | Implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan (Standar ISI, standar kompetensi lulusan, proses pembelajaran) di RSDBI Lawangan Daya II Pamekasan | Kata Kunci standar isi kompetensi lulusan proses pembelajaran Standar Isi merupakan ruang lingkup materi dan tingkat kompotensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan kompetensi bahan kajian kompetensi mata pelajaran dan silabus yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Kompetensi Lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan proses pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan bersama guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan dapat membangkitkan semangat peserta didik untuk belajar secara mandiri dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi kurikulum RSBI di SDN Lawangan Daya II Pamekasan khususnya dalam pelaksanaan SI SKL dan proses pembelajaran sesuai dengan ciri tambahan yang merupakan karakteristik esensial Sekolah Dasar Bertaraf Internasional. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti merupakan instrumen kunci dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini peneliti menjadi partisipasi moderat dalam pelaksanaan pengumpulan data selama di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan mengoreksi kelengkapan data dari masing-masing instrumen yang telah dipersiapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Lawangan … |
Universitas Negeri Malang, 2011 | |
2011 | Pengembangan pembelajaran collaboration blogger learning (CBL) untuk meningkatkan interaksi sosial pada blended learning | Tesis Teknologi Pembelajaran Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punaji Setyosari M.Pd. M.Ed. (II) Dr. Waras Kamdi M.Pd. Kata kunci Pengembangan disain pembelajaran kolaborasi blog interaksi sosial blended learning. Media online atau internet saat ini telah dipercaya dunia pendidikan dan pelatihan secara keseluruhan. Hal ini tampak dengan bertambahnya jumlah blended-learning yang ada di Indonesia maupun online-learning di luar negeri. Dengan demikian maka pembelajaran online muncul sebagai area baru yang penting dalam penelitian dan pengembangan di bidang Teknologi Pembelajaran. Internet dengan segala keunggulan yang ditawarkan telah merubah kebiasaan dan cara hidup masyarakat serta dunia pendidikan. Dalam penelitian-penelitian yang sudah dilakukan di sejumlah lembaga pendidikan dalam negeri dan luar negeri ditemukan adanya kekurangan dalam pembelajaran online. Diungkapkan bahwa siswa sering merasa terisolasi dan kurang dapat berinteraksi dengan siswa lain atau pun guru untuk men-konstruk pengetahuan yang diperolehnya. Sedangkan dalam teori belajar dinyatakan bahwa kurangnya interaksi dalam pembelajaran dapat menyebabkan siswa merasa tidak terikat dalam proses pembelajaran yang pada akhirnya mengurangi hasil belajar. Salah satu fasilitasweb yang bersifat umum dan memiliki potensi besar sebagai sarana untuk interaksi sosial adalah web log atau blog. Berdasar hasil observasi pendahuluan yang dilakukan ternyata blog sangat menarik jika dimanfaatkan dan diintegrasikan dalam proses pembelajaran. SMA … |
Universitas Negeri Malang, 2011 | |
2011 | Pengembangan Pembelajaran Collaboration Blogger Learning untuk Meningkatkan Interaksi Sosial pada Blended Learning | Tesis. Teknologi Pembelajaran, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang, 2011 |