Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Pengembangan Literasi Bahan Ajar Tema 1 Diriku Berbasis Aplikasi Lip Motion Bagi Siswa Tunarungu
Siswa tunarungu mengalami hambatan dalam mengikuti pembelajaran secara online di masa pandemi, terlebih pada pembelajaran literasi. Sebuah alternatif diperlukan untuk memecahkan permasalahan agar siswa tunarungu dapat belajar dan mengembangkan literasi dari rumah. Sejalan dengan berkembangnya teknologi, pengembangan aplikasi sebagai media pembelajaran menjadi sorotan. Berdasarkan kajian tersebut, penelitian ini menawarkan konsep pengembangan literasi yang dikemas dalam bentuk aplikasi Lip Motion. Dengan aplikasi Lip Motion, siswa tunarungu dapat memahami pesan yang disampaikan melalui penguatan oral dalam bentuk video yang diperankan oleh manusia. Metode penelitian Research & Development (R&D) dengan model ADDIE, terbatas menggunakan tiga tahapan yaitu tahap analisis, perencanaan, dan pengembangan. Tahap implementasi dan evaluasi tidak dapat dilakukan sebagai dampak dari pandemi Covid-19, dimana pembelajaran tatap muka di sekolah belum diberlakukan. Pada penelitian ini, aplikasi Lip Motion sudah terbukti layak menurut ahli materi dengan perolehan nilai 80%, ahli media dengan perolehan nilai 98%, dan terbukti praktis menurut praktisi dengan perolehan nilai 93%.
GRAB KIDS: Journal of Special Education Need 2 (1), 034-042, 2022
2022 JURNAL BASICEDU
Given that learning during Covid-19 continues to be carried out, it is necessary for parents and teachers to cooperate in the participation of children who have speech problems in daily activities. EA children who have needs with speech problems attend school at Madrasah Ibtidayah Mishabul Falah, Depok, Java. EA has educational needs that are run like any other normal child. It is important for teachers and parents to increase their activities during covid-19. EA as a child with special needs for speech disorders during Covid-19 made learning activities carried out in the home environment. This study provides a description of the experiences of teachers and parents in learning during Covid-19 with children who have speech problems while learning in the home environment. This study describes the actual conditions experienced by teachers and parents of EA in exploring learning activities during covid-19. By using data triangulation techniques obtained from parents, teachers and observations of EA as research subjects. Interview and observation data were analyzed during the covid-19 outbreak in a systematic and structured manner. Data analysis reveals four themes: 1. The way teachers and parents learn during Covid-19 in children with special needs with speech disorders. 2. Barriers for parents and teachers to face covid-19 in children with speech problems. 3. Parents and teachers' perceptions to provide learning activities for children in speaking disorders. 4. What support do children with speech disorders need during covid-19. The results of this study were positively expressed by parents and class assisting teachers in the area of child …
Jurnal Basicedu Vol 6 (4), 2022
2022 APLIKASI STUDI LANJUT ‘NISCITA’BERBASIS WEB DAN ANDROID
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan aplikasi studi lanjut “Niscita” yang berbasis web dan android. Aplikasi tersebut dikembangan dengan tujuan untuk membantu khususnya para guru bimbingan konseling dalam merencanakan dan juga memberikan informasi terkait studi lanjut siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Selain itu, aplikasi tersebut dapat memberikan informasi terkait perencanaan karir studi lanjut siswa dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sampai dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi niscita melalui prosedur penelitian dan menggunakan pengembangan model Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan data kualitatif yang diperoleh dari sibjek penelitian ahli materi, ahli media, ahli bahasa, guru bimbingan konseling, dan peserta didik kelas X, XI dan XII SMA Negeri 1 Tuban. Hasil penelitian ini antara lain telah terbukti bahwa aplikasi niscita memperoleh persentase sebesar 93, 5%(sangat baik) dan aplikasi tersebut termasuk dalam kriteria sangat layak tanpa diperlukan revisi. Kesimpulan dalam penelitian pengembangan aplikasi ini sangat layak apabila dipergunakan dan bermanfaat khususnya guru bimbingan konseling dan siswa-siswi dalam mempersiapkan studi lanjut ke perguruan tinggi negeri. Penelitian yang akan datang diharapkan dapat lebih mempelajari secara mendalam mengenai aplikasi niscita sehingga dapat dijadikan sebagai bahan acuan untuk memperbaiki dan mengembangkan aplikasi niscita lebih luas.
JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING AR-RAHMAN 8 (2), 119-125, 2022
2022 Model Bimbingan untuk Meningkatkan Aspek Sosial dan Motorik Anak Tunaganda di Sekolah Dasar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bimbingan untuk meningkatkan aspek sosial dan motorik anak tunaganda di SD umum. Dalam penelitian kualitatif ini metode fenomenologi dipilih sebagai kerangka penelitian dengan memanfaatkan teknik wawancara mendalam, observasi, pengolahan dokumen untuk pengumpulan data. Sedangkan untuk proses analisis data, data dianalisa dengan cara trianggulasi. Adapun subjek penelitian meliputi guru kelas sekaligus konselor, guru pendamping khusus, dan 1 anak tunaganda kelas IV yang bersekolah di SD umum. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 1) model bimbingan bagi anak tunaganda di SD umum berupa play therapy dengan menggunakan berbagai alat permainan. Model bimbingan terbukti dapat meningkatkan aspek motorik dan sosial bagi anak tunaganda karena adanya peningkatan secara bertahap yang terjadi dari waktu ke waktu dalam proses bimbingan, 2) Sedangkan untuk upaya pengembangan model bimbingan dapat dilakukan beberapa hal seperti mengadakan workshop, sosialisasi terkait anak berkebtuhan khusus bagi guru pengajar, sekolah perlu menyediakan ragam metode pengajaran dan media permainan sederhana, serta guru pendamping khusus perlu menyusun program pengajaran secara individual sekaligus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk pelatihan dan memantau perkembangan kondisi anak tunaganda secara berkala.
Jurnal Basicedu 6 (4), 7303-7309, 2022
2022 Implementasi Model PJBL Berbasis Steam pada Kelas IV SD: Mobil Bertenaga Angin
Seiring perkembangan zaman, tantangan serta tuntuntan hidup semakin tinggi. Pesatnya perkembangan teknologi secara global, serta tingginya tingkat persaingan dalam berbagai bidang baik ekonomi, sosial, politik, hingga budaya, sehingga dibutuhkan pembelajaran yang dapat membekali peserta didik untuk menghadapi perkembangan zaman. Salah satu model pembelajaran yang cocok yaitu PjBL berbasis STEAM. Oleh karena itu, peneliti melakukan implementasi pembuatan mobil bertenaga angin untuk kelas IV sekolah dasar, di MI Hidayatul Mubtadiin, Sidoarjo. Penelitian ini, menggunakan metode Education Design Research (EDR) yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk serta mengetahui keefektifan dari produk tersebut. Pembuatan mobil bertenaga angin ini, dapat membuat siswa melaksanakan pembelajaran PjBL berbasis STEAM tanpa merasa jenuh. Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme siswa, dalam melakukan proyek tersebut bersama
J-SES: Journal of Science, Education and Studies 1 (2), 2022
2022 Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall. net Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar
Pandemi COVID-19 telah merambah di Indonesia pada awal tahun 2020. Sejak itulah sistem pembelajaran berubah menjadi daring. Perubahan sistem pembelajaran ini tentunya banyak menyulitkan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, salah satunya dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Karena hal itulah akan dikembangkan sebuah alat evaluasi pembelajaran menggunakan platform wordwall. net yang bertujuan untuk mengukur kevalidan, kepraktisan dan kefektifan pengembangan media berupa alat evaluasi pembelajaran menggunakan platform wordwall. net pada materi ungkapan bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II UPT SD Negeri 220 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Devolpoment (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji kevalidan, uji kepraktisan dan uji keefektifan. Kevalidan media memenuhi kriteria “sangat valid” berdasarkan persentase nilai rata-rata dari ahli media 89% dan persentase nilai rata-rata dari ahli materi 85%. Kepraktisan media memenuhi kriteria “sangat praktis” berdasarkan hasil persentase angket respon siswa 92% dan angket respon guru 100%. Keefektifan media memenuhi kriteria “tinggi’atau “sangat efektif” berdasarkan hasil ketuntatasan belajar yang dihitung dengan bantuan N-Gain dengan perolehan nilai 0, 76. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi menggunakan platform wordwall. net untuk kelas II sekolah dasar dinyatakan valid, praktis dan efektif digunakan sebagai alat …
Jpgsd 10 (6), 1415-1424, 2022
2022 The Differences of Self Regulated Learning in Senior High Schools Students in Terms of Gender and Class Specialization
This research aims to examine methodologically and empirically the differences in the level of self-regulated learning of senior high school students in science class and Social class, seen from a gender perspective. The research variable consisted of:(a) the level of self-regulated learning,(b) class specialization, and (c) gender that was measured using modified Likert scale and using self-regulated learning level. This research is quantitative. The population is the second-year students of SMA Negeri 1 Menganti Gresik. The research sample obtained is 80 samples consisting of 40 samples from 20 males and 20 females of Natural science class, and 40 samples from 20 males and 20 females of Social science class. The data analysis used the two-way ANOVA technique. ANOVA test using the help of a computer program (SPSS19. 0forwindows) is used to test two variables or more and determine whether the two variances are the same or not. After conducting the different tests using two-way ANOVA with the help of SPSS 19.0, the research results gained average Natural science class and Social science class of 103.21. The results showed that the Natural science class and Social science class students were seen from the gender.
Proceeding Series of International Conference on Arts and Humanities 1 (2), 2022
2022 Program Halo BK: Solusi Pelayanan Bimbingan dan Konseling Dimasa Pandemi Covid-19
The Halo BK program is an online or online-based guidance and counseling service activity that is packaged in the VOS Podcast discussion technique by utilizing Youtube TV, VOS radio, and VOS TV media. The Halo BK program provides various information and assistance on personal, social, learning, and career aspects and helps students identify themselves (self-concept), get to know the environment, and plan for the future. The research method uses qualitative research, with the type of literature study. The objectives of the Halo BK program are:(1) Helping students gain an understanding of the information provided,(2) Helping students use the information to help solve problems,(3) Helping students become more independent,(4) Helping students to think positive and objective in adapting to their environment,(5) Helping students to be able to make decisions,(6) Helping students being able to direct themselves according to their needs (7) Helping students being able to actualize themselves.
Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara …, 2022
2022 Experiential Learning Sebagai Teknik Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa
Career understanding is considered very important to prepare professional planning according to talents and interests to determine future job choices. This study aimed to measure the effectiveness of the classical experiential learning method in improving students' career understanding. The research method uses a quantitative approach with an equivalent time series design research design. The study results show that the experiential learning method of classical guidance services is proven effective in increasing students' career understanding. After having a good understanding of careers, students are expected to be able to develop a career plan and choice and be able to realize it in real action.
Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara …, 2022
2022 Improving Students Learning Strategy Trough Mobile Counselling Online Application
This study aims to implement an online guidance and counselling service-based mobile counselling online application (MCO) to make it easier for students to recognize their learning potential and create effective learning strategies. Quantitative and qualitative data collection methods simultaneously compare the presence or absence of convergence, difference, or combination. The results of multivariate statistical analysis showed differences in self-efficacy and achievement between students who used online guidance and counselling services and those who used face-to-face guidance and counselling services. The MCO application results effectively increase the linkage of their learning potential with learning styles. They help develop, select, and plan effective learning strategies with individual and individual characteristics. The MCO application during the COVID-19 pandemic is an alternative for unlimited guidance and counselling services that can be anytime and with anyone.© 2022 Fahyuni et al.
Journal of Educational and Social Research, 185-196, 2022