Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Implementasi Perancangan Media Loose Parts Pada Guru Taman Kanak-Kanak
Pembelajaran merupakan sistem yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang saling terintegrasi dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Agar terjadi proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak memiliki kualitas baik, guru harus mampu membuat perencanaan pembelajaran yang baik dan sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan anak. Penggunaan media yang tepat akan memudahkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Loose parts merupakan sebuah benda potongan yang bebas dimainkan dan tidak dapat diprediksi akan menjadi apa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya kenaikan kemampuan guru sebesar 25, 7 berdasarkan hasil pretest dan posttest.
SELING: Jurnal Program Studi PGRA 8 (1), 1-8, 2022
2022 PENERAPAN SISTEM ZONASI KEBIJAKAN BARU BERDASARKAN PERSPEKTIF ORANGTUA SEBAGAI UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN
Upaya dalam memperbaiki kualitas pendidikan dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berkompeten, maka solusi yang ditawarkan adalah zonasi yakni kebijakan dalam penerimaan peserta didik baru dengan mempertimbangkan jarak terdekat sekolah dengan domisili tempat tinggal siswa. Kebijakan ini merupakan upaya pemerintah dalam pemerataan akses layanan pendidikan sekaligus kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penerapan kebijakan zonasi dalam perspektif orangtua dan sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Data primer sebagai sumber data penelitian adalah orangtua siswa, sedangkan data sekundernya adalah kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan melalui trianggulasi data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perspektif orangtua yang menyekolahkan di SD terkait dengan penerapan zonasi masih belum maksimal dan banyak orangtua yang belum mengetahui secara detail aturan terbaru tentang kebijakan zonasi. Berdasarkan pemahaman orangtua, sistem zonasi merupakan kebijakan pemerintah yang menganjurkan anak bersekolah didasarkan pada jarak domisili yang terdekat dengan sekolah. Penerapan zonasi ini menunjukkan dampak negatif yang dirasakan oleh orangtua karena merasa kecewa dengan sistem zonasi ini sehingga tidak bisa bersekolah yang diinginkan bagi anak mereka. Namun, ada orangtua yang menunjukkan dampak positif dari sistem zonasi ini karena anak yang domisilinya terdekat dengan sekolah lebih …
Jurnal Cakrawala Pendas 8 (3), 932-940, 2022
2022 Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini
(Penelitian Pengembangan) atau yang sering disebut dengan penelitian R&D Sugiyono (2010: 407), model pengembangan yang digunakan ADDIE. Metode penelitian ini dipilih karena sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk buku cerita bergambar berbasis digital yang layak dan efektif dalam meningkatkan kecakapan literasi digital anak usia 4-5 tahun.
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 4, 2655-6561, 2022
2022 Implementasi Pola Asuh Orang Tua Dalam Pengenalan Ibadah Sholat dan Kesantunan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun
Peran orang tua sangat penting dalam pembentukan kepribadian anak, khususnya dalam pengenalan ibadah sholat dan kesantunan berbicara anak. Penerapan cara pengasuhan yang salah bisa mengakibatkan anak memiliki perilaku yang kurang baik. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi pola asuh orang tua dalam pengenalan ibadah sholat dan kesantunan berbicara anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak usia 5-6 tahun di wilayah Bandarejo RT 07. Teknik Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman dengan pengabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orang tua dalam mengenalkan ibadah sholat dan kesantunan berbicara anak memiliki karakteristik yang berbeda-beda dari empat keluarga yang di teliti ada tiga pola asuh yang ditemukan yaitu pola asuh demokratis, otoriter, dan permisif. Kendala yang dihadapi orang tua ketika mengenalkan ibadah sholat dan kesantunan berbicara adalah dari faktor gadget dan lingkungan yang kurang kondusif. Pola asuh yang efektif dalam mengenalkan ibadah sholat dan kesantunan berbicara anak dalam keluarga yakni pola asuh demokratis, hal ini terlihat dari sikap anak yang memiliki sikap patuh, sopan, dapat berkomunikasi dengan baik, lebih terbuka dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood) 4 (2), 74-97, 2022
2022 Development of Story Books Containing MELESAT (Mathematics, Existence, Literacy, Engineering, Science, Art, Technology) to Improve Literacy Skills among Group B of Early …
The purpose of this study was to develop a storybook containing Mathematics, Existence, Literacy, Engineering, Science, Art, Technology (MELESAT) to improve literacy skills among group B of early childhood education and to test the feasibility of designing a storybook containing MELESAT. This type of research is a Research and Development with Pretest-Posttest One Group Design, using the ADDIE model which includes five stages, namely Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluate. Subjects are children aged 5-6 years, including group B early childhood education totally 20. The instrument used a validation questionnaire and literacy tests. Results of this research indicate that the validation of the material obtained 3.04 of 4, validation of book design obtained 2.55 of 4 and validation of the media obtained 2.89 of 4. The effectiveness based on giving pretest and posttest to students totaled 20 subjects. The results showed that the pre-test score of 57% was developing as expected, and 43% was starting to develop. Post-test scores showed 7.5% progressed beyond expectations, 87.5% progressed as expected, and 5% started to develop. Through the content, design, and use of MELESAT books, there is an increase of literacy skills of children aged 5-6 years including group B early childhood education.
IJORER: International Journal of Recent Educational Research 3 (6), 728-736, 2022
2022 Hubungan antara Mental Toughness dengan Competitive Anxiety Pada Atlet Disabilitas
Atlet disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi yang dimiliki dan berprestasi pada bidang olahraga. Competitive anxiety pada Atlet disabilitas dapat mempengaruhi performa dalam bertanding sehingga diperlukan mental toughness yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara mental toughness dengan competitive anxiety pada atlet disabilitas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah 69 orang atlet disabilitas NPCI (National Paralympic Committee Indonesia) Jawa Timur. Untuk memperoleh data, digunakan skala mental toughness yang diadaptasi dari Gucciardi et al.(2009) yang terdiri dari 24 item dan skala competitive anxiety yang disusun berdasarkan CSAI-2R dari Martinent et al.(2010) yang terdiri dari 16 item. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier dan korelasi product moment dengan bantuan JASP 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara mental toughness dengan competitive anxiety secara signifikan dengan p value 0,018 (p< 0, 05) dan r value-0,284 (rhitung> 0.267). Sehingga semakin tinggi mental toughness yang dimiliki atlet disabilitas dalam menghadapi pertandingan maka semaki rendah tingkat competitive anxiety yang dialami.
Jurnal Patriot 4 (2), 123-138, 2022
2022 KESADARAN UNTUK PENINGKATAN KEBUGARAN DAN KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA PERKUMPULAN KLUB JANTUNG SEHAT LOKASI MAS
Olahraga merupakan aktivitas gerak secara berkelanjutan dengan menggerakkan semua fungsi anggota tubuh dengan atau tanpa alat secara berirama untuk menjaga kebugaran jasmani dan kesehatan. Selain kebugaran, kesehatan mental/psikologis juga tidak kalah pentingnya untuk diketahui kondisi ketika batin seseorang berada dalam keadaan tenang dan tentram, sehingga bisa membuat seseorang untuk menikmati kehidupan sehari-harinya. Perkumpulan KJS MAS memiliki jadwal aktivitasnya seminggu 3 kali ini (Senin–Rabu–Sabtu) merupakan jadwal kegiatan yang ideal untuk beraktivitas.
SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (2), 74-82, 2022
2022 Hubungan Kohesivitas Kelompok Dengan Motivasi Berprestasi Pada Atlet Futsal Universitas Negeri Surabaya
Futsal merupakan salah satu cabang olahraga beregu yang digemari masyarakat. Motivasi berprestasi diperlukan untuk meraih prestasi optimum. Kohesivitas kelompok dapat mempengaruhi motivasi berprestasi olahraga beregu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi berpestasi pada atlet futsal Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaf. Penelitian melibatkan 60 orang yang keseluruhan merupakan laki-laki. Karakteristik yang digunakan pada penelitian ini yaitu mahasiswa anggota Futsal Universitas Negeri Surabaya dan mahasiswa yang masih aktif mengikuti latihan. Rentang usia dari subjek yaitu 19 tahun hingga 22 tahun. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Pearson’s Correlations dengan menggunakan JASP 0.14. 1 for windows. Hasil uji analisis koefisien korelasi sebesar 0,334 (p= 0,009< 0, 05). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kohesivitas kelompok dengan motivasi berprestasi. Semakin kuat kohesivitas kelompok dari subjek maka akan semakin tinggi motivasi berprestasi yang dimiliki. Melalui mekanisme kohesi, terbentuk komitmen dan tanggung jawab antar anggota untuk bekerjasama dan mendongkrak motivasi berprestasi untuk meraih tujuan bersama.
Jurnal Penelitian Psikologi 9 (3), 55-64, 2022
2022 Developing Model and Psychological Competencies Scale of 100 Meter Runner Student Athletes
The main aim of research is to develop model and instrument psychological competencies scale (PCS) of 100 Meter Student Athletes. This research use a mixed methods approach. 1 st Study, used a qualitative approach, identifying the constructs and dimensions of elite 100 meter runner student athletes. Using literature review and interview of 2 elite athletes and 2 coaches. The results of the first study is psychological competencies model consists of goal setting, goal setting, motivation, concentration, emotion regulation, focus, self talk, self confidence, and persistence. Another result is 10 items of multidimentional measure of PCS. Each items in the scale were responded on five point level. Leveling describes psychological abilities based on behavior. 2 nd Study, using a quantitative approach, instrument validation and reliability testing. We recruited 50, age 18-22 years from 100 meters runner student athletes voluntarily participated in this study. We assessed construct validity by examining how well the measures discriminated groups expected to differ based on their competencies, using Corrected Item-Total Correlation with a minimum limit of 0.300 to be declared a valid item. We assessed internal consistency of PCS using the Cronbach Alpha coefficient. The result of Corrected Item-Total Correlation obtained results All items are valid because they have a Corrected Item-Total Correlation value greater than the minimum limit of 0.300. The internal consistency of the (Cronbach’s alpha coefficient) was 0.841. It can be concluded that PCS is valid and reliable for measuring for 100 meter runner student athlete.
Ijorer: International Journal of Recent Educational Research 3 (2), 192-199, 2022
2022 Motivasi Berprestasi Olahraga Pada Atlet Pelajar Ketika Pandemi Covid-19 Di Jawa Timur
Motivasi berprestasi olahraga merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang atlet pelajar. Hal ini dikarenakan atlet pelajar dituntut untuk dapat menyimbangkan antara kewajiban sebagai siswa di kelas dan juga dituntut untuk berprestasi dalam bidang olahraga, termasuk pada saat pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran motivasi berprestasi atlet pelajar pada saat pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Jumlah sampel 115 atlet pelajar, berstatus sebagai pelajar sekaligus sebagai atlet yang pernah mewakili Jawa Timur di Pekan Olahraga Pelajar Nasional. Rentang usia subjek penelitian ini yaitu 15-19 tahun. Instrumen pada penelitian ini motivasi berprestasi olahraga yang diadaptasi berdasarkan pendapat Smith berisi dua aspek yaitu achievement thoughts in sport dan achievement behaviors in sport. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian rerata tingkat motivasi berprestasi olahraga atlet pelajar sebesar 33, 5 (laki-laki senilai 32, 35 dan atlet perempuan senilai 33, 75). Hal ini dapat diartikan bahwa motivasi berprestasi atlet pelajar berada pada kategori tinggi. Tingginya motivasi berprestasi olahraga didukung adanya faktor eksternal dan internal. Salah satunya adanya sistem degradasi sehingga memunculkan motivasi atlet untuk tetap berprestasi dalam bidang olahraga.Abstract: Sports achievement motivation is an important thing that must be owned by a student athlete. This is because student athletes are …
Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan 13 (1 …, 2022