Publikasi S2 Manajemen Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2023 | PELATIHAN FACE PAINTING DALAM MENGOPTIMALKAN PENTAS SENI ANAK USIA DINI | Kajian awal yakni hasil kegiatan praktek yang telah dilaksanakan pada lembaga sekolah anak usia dini. Seorang pendidik anak usia dini haruslah memiliki daya kreativitas dan inovasi pendidikan untuk anak usia dini. Salah satu seni, kreativitas dan inovasi yang kami ambil saat ini adalah tema pentas seni di lembaga TK. Terutama kemampuan face painting guru TK yang masih kurang sehingga pada kegiatan pentas seni menjadi kurang optimal. Selain itu tidak semua guru TK memiliki kemampuan dalam merias atau melukis wajah (face painting) anak. Tidak semua guru TK memiliki alat dan bahan untuk face painting. Kebutuhan guru TK dalam kemampuan face painting dalam mengoptimalkan pentas seni melatar belakangi TIM PKM (pengabdian kepada masyarakat) untuk memberikan pelatihan face painting. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tim PKM memberikan solusi dengan mengadakan workshop dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep face painting serta cara pengaplikasian face painting pada anak dalam kegiatan pentas seni. Kegiatan ini bertujuan memberikan pelatihan Face Painting untuk meningkatkan kemampuan guru, serta mengoptimalkan kegiatan pentas seni anak. Pelatihan ini juga bertujuan meningkatkan kepercayaan diri guru. Hal ini menguatkan pada pembentukan karakter guru, di mana ketika guru menggambar pada wajah partisipan maka guru akan menggambarkan karakter dirinya pada hasil lukisannya. Sasaran kegiatan pelatihan face painting adalah guru TK gugus 5 dibawah naungan IGTKI Kecamatan Waru. Program pengabdian kepada masyarakat dilakukan … |
Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (2), 106-113, 2023 | |
2023 | Sains, Teknologi, dan Masyarakat | Pembelajaran STM dapat dipandang sebagai pendekatan yang tepat untuk konten yang secara dekat dan konkret dikontekstualisasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa dan mencakup hubungan yang jelas dengan sudut pandang masyarakat, lingkungan, atau teknologi yang mengacu pada kehidupan masyarakat dan pengambilan keputusan. Pembelajaran STM mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan justifikasi untuk menemukan hubungan antara pengalaman sehari-hari mereka dan pertimbangan yang lebih global. Dalam pembelajaran STM, guru dan siswa bersama-sama mengajukan pertanyaan untuk mempertimbangkan fenomena ilmiah yang bermakna bagi kehidupan mereka. Siswa terlibat dalam diskusi sosio-saintifik dan mampu berargumentasi tentang fenomena lingkungan yang kompleks dari beberapa perspektif masyarakat. Buku ini berisi penjabaran secara lengkap tentang STM. Buku ini terdiri atas 11 bab sebagai berikut. Bab 1 Pengantar Sains Teknologi Masyarakat Bab 2 Sains Teknologi Masyarakat dalam Studi Sosial Bab 3 Landasan Konstruktivisme dan Pragmatisme Bab 4 Ranah Afektif dalam Sains Teknologi Masyarakat Bab 5 Kreativitas dalam Sains Teknologi Masyarakat Bab 6 Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat Bab 7 Inkuiri, Penilaian dan Pengambilan Keputusan Bab 8 Kaitan antara Sains, Teknologi dan Masyarakat serta Pembelajarannya Bab 9 Pendekatan Kontekstual dan Keterampilan Hidup Bab 10 Pengembangan Pendekatan STM Menjadi Model Pembelajaran Bab 11 Modal STM pada Berbagai Mata Pelajaran Alam dan Studi Sosial |
Yayasan Kita Menulis, 2023 | |
2023 | Sukses Menjadi Pendidik Profesional Abad 21 | Buku Pengantar Pemasaran agribisnis yang ini berfungsi sebagai referensi dan bahan pengajaran di bangku kuliah. Dengan menggali dan menambah referensi lain yang ada, diharapkan buku ini akan banyak memberikan manfaat dan berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan. Buku ini membahas tentang: Bab 1 Sejarah Perkembangan Pertanian Bab 2 Karakteristik Komoditas Pertanian Bab 3 Definisi dan Konsep Agribisnis Bab 4 Ruang Lingkup Pemasaran Bab 5 Lembaga dan Saluran Pemasaran Agribisnis Bab 6 Konsep Pasar dan Pembentukan Harga Bab 7 Analisis Pasar Melalui Model Perilaku Konsumen Bab 8 Struktur Pasar Produk Agribisnis Bab 9 Segmentasi Pasar Bab 10 Strategi Pemasaran Bab 11 Efisiensi Pemasaran Buku ini disusun secara sederhana, mudah dipahami dan dipahami berdasarkan kebutuhan dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi dan pembaca umum. |
Yayasan Kita Menulis, 2023 | |
2023 | Budaya Organisasi: Sebuah Konsep | Tujuan disusunnya buku ini adalah untuk memberikan tambahan paradigma pengetahuan dan membantu para pembaca yang berasal dari berbagai kalangan, baik akademisi maupun praktisi dalam memahami teori Budaya Organisasi. Buku ini membahas mengenai tentang Budaya Organisasi yang dibagi atas 12 Bab yaitu: Bab 1 Konsep Budaya Organisasi Bab 2 Konsep Strategi Implementasi Nilai–Nilai Budaya Organisasi Bab 3 Konsep Komunikasi Dalam Budaya Organisasi Bab 4 Konsep Budaya Pemberdayaan Bab 5 Konsep Standar Sistem Kualitas Bab 6 Konsep Inovasi Dan Kreativitas Bab 7 Konsep Kinerja Bab 8 Konsep Budaya Kualitas Bab 9 Konsep Efektivitas Organisasi Bab 10 Konsep Konsep Produktivitas Bab 11 Peran Manusia Sebagai Inti Organisasi Bab 12 Pengelolaan Perubahan |
Yayasan Kita Menulis, 2023 | |
2023 | PELATIHAN PERENCANAAN STRATEGIK KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN | Perencanaan strategik dalam organisasi pendidikan sangat diperlukan dan bermanfaat untuk menentukan arah dan tujuan lembaga pendidikan ke arah yang lebih baik di masa depan. Program pendampingan bagi lembaga pendidikan dalam menyusun perencanaan strategik merupakan hal yang sangat diperlukan. Pendampingan dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan yang salah satunya program pengabdian kepada masyarakat (PkM). Oleh karena itu program pengabdian ini bertujuan untuk membantu sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan melalui pelatihan penyusunan perencanaan strategik. Sasaran PkM ini adalah kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan lainnya di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Samarinda. PkM dilakukan dalam bentuk pelatihan/workshop. Hasil dari kegiatan PkM adalah memberikan manfaat bagi peserta dalam mengatasi masalah yang ditemui ketika … |
RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4 (1), 313-321, 2023 | |
2023 | Development of a Learning and Professional Roadmap to Support Independent Learning at State University of Surabaya | Learning and Professional Development Institute (LPDI) State University of Surabaya is one of the State University of Surabaya environmental organizations that has duties and functions in fostering and improving learning and the profession, especially State University of Surabaya environmental educators and also as a reference for learning and professional activities at related educational institutions. This research uses a quantitative descriptive approach to translate and implement in support of the independent learning program. It is necessary to map and develop a clear roadmap to guide the institution (field of assignment) effectively and efficiently to achieve the goals and targets set. In particular, the Center for Education and Training Development Center (ETD) will be directed to dig up data and find a profile of roadmap needs in preparing the selection and training of school principals to support the independent learning program. At the same time, the TLSC center focuses on strengthening the learning function, which includes curriculum, learning, and evaluation to support independent learning. |
Unima International Conference on Social Sciences and Humanities (UNICSSH …, 2023 | |
2022 | PROFILING THE DIGITAL LITERACY OF SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN AN ISLAMIC BOARDING SCHOOL IN EAST JAVA | This study aimed to investigate the digital literacy of senior high school students in an Islamic boarding school in East Java, Indonesia. Four questions guided the inquiry in this study: 1) to what extent is the students’ digital literacy? 2) how is the students’ view toward the use of digital technology in learning?; 3) what factors affect the use of digital technology by the students?; and 4) from what sources do the students learn digital technology? This study used a quantitative method which involved eighty-one students in senior high school, East Java. The data were collected through a closed-ended questionnaire. Further, the data was analyzed using descriptive statistics aided with SPSS. This study revealed that students had a high level of digital information literacy but a moderate level for language learning. Even though they had a moderate level, they were willing to receive digital literacy instructions for their … |
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT 10 (1), 178-185, 2022 | |
2022 | ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ALIH KOMODITAS DARI TEMBAKAU KE CABAI JAMU | Lahan merupakan sumberdaya yang sangat penting bagi petani dalam melakukan kegiatan pertanian. Lahan yang luas akan semakin memperbesar harapan petani untuk dapat hidup layak. Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, keberadaan lahan terutama lahan pertanian menjadi semakin terancam dikarenakan desakan kebutuhan akan lahan yang lebih banyak. Sementara jumlah tanah yang tersedia tidak bertambah. Fenomena inilah yang kemudian memacu terjadinya konversi lahan pertanian. Berdasarkan latar belakang diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Petani Dalam Alih Fungsi Lahan Tanaman tembakau Menjadi tanaman cabai jamu di Dusun Sumber Papan Desa Larangan Badung Kec. Palengaan Kab. Pamekasan. Analisis data yang digunakan yaitu: analisis regresi logistik sehingga diperoleh faktor yang berpengaruh positif dan negative serta berpengaruh secara nyata atau tidak terhadap perilaku petani dalam alih fungsi lahan tembakau menjadi lahan cabai jamu. Faktor ekonomi (X1) berpengaruh secara negatif, serta dengan melihat tabel sig sebesar 0.975 yang menunjukkan bahwa nilai sig. lebih besar dari 0.05 dan tidak berpengaruh secara nyata. Faktor pengalaman (X2) berpengaruh positif pada taraf sig. 0.05 namun tidak berpengaruh secara nyata dengan nilai signifikansi 0.709. Faktor pendapatan (X3) berpengaruh positif serta berpengaruh secara nyata dengan nilai signifikasi 0.013. Faktor pendidikan (X4) memiliki pengaruh positif namun tidak berpengaruh secara nyata dengan nilai sig. 0.666. Faktor alam (X5) memiliki pengaruh nyata dengan … |
Seminar Nasional Sumber Daya Lokal (SEMNASDAL) 3 (1), 84-91, 2022 | |
2022 | KEPUTUSAN PETANI DALAM MENGGUNAKAN MESIN RICE TRANSPLANTER PADA TANAMAN PADI (STUDI KASUS DESA DURBUK KECAMATAN PADEMAWU) | Penanaman bibit padi secara manual membutuhkan tenaga kerja yang cukup banyak dan waktu yang lama sehingga menbutuhkan biaya yang besar. Salah satu tegnologi yang sekarang sedang dikembangkan di Desa Durbuk Kecamatan Pademawu adalah tegnologi mein rice transplanter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan petani dalam menggunakan mesin rice transplanter pada tanaman padi di Desa Durbuk Kecamatan Pademawu. Penelitian ini merupakan penelitian yang diperoleh dari data primer melalui wawancara terhadap responden petani yang menggunakan mesin rice transplanter. Sedangkan data sekunder di peroleh dari instansi pemerintah yaitu kantor Desa Durbuk Kecamatan Pademawu. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu IBM SPSS version 22. Metode pengambilan sampel random sampling sebanyak 38 petani dan menggunakan rumus slovin menjadi 20 petani. Data dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil regresi linier berpengaruh nyata terhadap pengambilan keputusan petani dalam menggunakan mesin rice transplater dalam faktor pendapatan, umur dan pendidikan dengan tingkat kesalahan 15%. Sedangkan hasil data yang hampir mendekati yaitu faktor status lahan dan yang tidak berpengaruh yaitu penggunaan mesin, kelompok tani dan pengaruh lingkungan. |
Seminar Nasional Sumber Daya Lokal (SEMNASDAL) 3 (1), 109-119, 2022 | |
2022 | PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETANI DALAM PEMILIHAN BENIH PADI BERSERTIFIKAT DI DESA BUKEK KECAMATAN TLANAKAN KABUPATEN PAMEKASAN | Pengambilan keputusan petani terhadap penggunaan benih padi merupakan salah satu faktor penentu pencapaian hasil optimal dalam suatu usahatani, karena jika salah memilih jenis benih padi maka hasil yang dicapai tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter petani dalam memilih benih padi dan menganalisis faktor yang paling menjadi prioritas dalam pengambilan keputusan petani pemilihan benih padi bersertifikat di Desa Bukek Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, AHP dan Fuzzy AHP yang digunakan untuk menjawab tujuan penelitian ini. Alasan dipilihnya Desa Bukek sebagai lokasi penelitian karena adanya luas tanam, produktivitas, produksi yang baik dan masyarakatnya masih banyak berantusias dalam berbudidaya padi. |
Seminar Nasional Sumber Daya Lokal (SEMNASDAL) 3 (1), 37-42, 2022 |