Publikasi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Year Title Description Publisher Author(s)
2023 PELATIHAN PENYUSUNAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA GURU PAUD DI KECAMATAN PRIGEN
The use of the concept of independent learning in education provides great potential for the development of better education in Indonesia. The condition of Kindergartens in Prigen District is that only a few plan and implement literacy-based learning. So there needs to be a conscious effort to encourage and train PAUD teachers in Prigen District to be able to have the knowledge and skills in planning literacy-based learning as part of the implementation of independent learning. This community service activity is in the form of literacy-based learning preparation training as an implementation of the independent learning curriculum for kindergarten tutors in Prigen District. This training uses discussion, lecture and simulation methods. The data collection technique used is Engineering. The result obtained is that the teacher's ability to design literacy-based learning increases, as evidenced by the increase in pre-test to post-test scores.
Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (1), 14-18, 2023
2022 PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN BAEG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR (PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK)
Penelitian ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran berupa alat permainan baeg berbahan spon eva yang dapat digunakan untuk meningkatkan motorik kasar terutama keseimbangan dan koordinasi gerakan pada anak usia 4 sampai 5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah model desain instruksional penelitian dan pengembangan Dick & Carey. Studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan koordinasi dan keseimbangan pada anak usia 4 sampai 5 tahun mulai berkembang dan kurangnya variasi permainan dalam menstimulasi motorik kasar. Sedangkan kemampuan motorik kasar merupakan salah satu aspek perkembangan yang penting untuk distimulasi sejak dini agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan capaian perkembangannya. Responden penelitian adalah anak TK PGRI di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan sebanyak 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada kemampuan keseimbangan dan koordinasi gerak anak saat menggunakan alat permainan baeg berbahan spon eva. Alat permainan baeg layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan motorik kasar anak usia 4 sampai 5 tahun di Taman Kanak-kanak Kabupaten Pasuruan. Temuan penelitan yaitu alat permainan baeg dapat menstimulasi gerak dasar yang meliputi gerak lokomotor, non lokomotor dan manipulatif. Keywords: alat permainan baeg, keseimbangan, koordinasi gerakan, motorik kasar ******** This study aimed to produce learning media in the form of a game tool made of EVA sponge which can be used to improve gross motor skills, especially for balance and …
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA, 2022
2022 Development of Local Wisdom-Based
Childhood is an important period for development and an opportunity to learn and develop motor skills and physical fitness through Movement-based play. This research will develop a play tool,
International Journal of Current Educational Research 1 (2), 145-160, 2022
2022 Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun pada Era Transisi New Normal
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui langkah-langkah orang tua mengajak anak agar tertarik untuk belajar mengenal keaksaraan, mengetahui stimulasi orang tua pada anak saat belajar mengenal keaksaraan, mengetahui pelaksanaan belajar mengenal keaksaraan anak dengan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 2 anak, orang tua dan guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang mencakup teknik triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan membandingkan dan mengecek hasil dari beberapa metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang perlu orang tua lakukan untuk mengajak anak supaya tertarik mengenal keaksaraan adalah tidak memaksa anak untuk belajar, memberikan reward berupa hadiah dan pujian, sering diberikan buku cerita, alat tulis menulis, waktu, dan media pembelajaran. Stimulasi orang tua pada saat mengenalkan keaksaraan berupa diberi pengetahuan tentang huruf alfabet, cara mengejanya, dan membacakan cerita sebelum tidur. Pelaksanaan belajar mengenal keaksaraan yaitu ketika ditengah-tengah kegiatan belajar anak sering diberikan ice breaking yang menyenangkan. Ditemukan metode unik pembelajaran yaitu mengenalkan huruf konsonan dan cara membacanya terlebih …
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 9 (1), 46-58, 2022
2022 Tumbuh Kembang Anak Berdasarkan Tinjauan Kesehatan
Ibu dan bayi selamat, sehat, dan berkualitas merupakan hal yang diharapkan semua ibu pada saat menghadapi persalinan. Saat bayi baru lahir, tangisan menandakan kebebasan dan harapan untuk kehidupan dunia yang baik. UNICEF (2021) melaporkan sebanyak 140 juta bayi diperkirakan lahir pada tahun 2021. Rata-rata harapan hidup anak yang lahir diperkirakan selama 84 tahun. Pemahaman tentang pertumbuhan dan perkembangan beserta prosesnya harus dimiliki oleh setiap pasangan yang merencanakan kehamilan, hal ini menjadi sangat penting dalam upaya untuk menghasilkan individu yang berkualitas. Definisi anak yang berkualitas ialah anak yang optimalisasi perkembangannya berjalan dengan baik. Optimalisasi ini harus dimulai pada saat konsepsi kemudian dilanjutkan dengan pemberian stimulasi dan perawatan oleh lingkungannya. Kesehatan bayi sangat ditentukan oleh perawatan kesehatan dan orang tuanya sebelum terjadi pembuahan, bahkan perawatan kesehatan dan perbaikan asupan makanan dan pola hidup perlu dilakukan 6 bulan sebelum terjadinya konsepsi (Eskam, 2007).
Bunga Rampai Perkembangan Anak dalam Multiperspektif, 117, 2022
2022 Implementasi Perancangan Media Loose Parts Pada Guru Taman Kanak-Kanak
Pembelajaran merupakan sistem yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang saling terintegrasi dan mempengaruhi satu dengan yang lainnya. Agar terjadi proses pembelajaran di Taman Kanak-kanak memiliki kualitas baik, guru harus mampu membuat perencanaan pembelajaran yang baik dan sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan anak. Penggunaan media yang tepat akan memudahkan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Loose parts merupakan sebuah benda potongan yang bebas dimainkan dan tidak dapat diprediksi akan menjadi apa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimen. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya kenaikan kemampuan guru sebesar 25, 7 berdasarkan hasil pretest dan posttest.
SELING: Jurnal Program Studi PGRA 8 (1), 1-8, 2022
2022 PENERAPAN SISTEM ZONASI KEBIJAKAN BARU BERDASARKAN PERSPEKTIF ORANGTUA SEBAGAI UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN
Upaya dalam memperbaiki kualitas pendidikan dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berkompeten, maka solusi yang ditawarkan adalah zonasi yakni kebijakan dalam penerimaan peserta didik baru dengan mempertimbangkan jarak terdekat sekolah dengan domisili tempat tinggal siswa. Kebijakan ini merupakan upaya pemerintah dalam pemerataan akses layanan pendidikan sekaligus kualitas pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penerapan kebijakan zonasi dalam perspektif orangtua dan sekolah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi deskriptif. Data primer sebagai sumber data penelitian adalah orangtua siswa, sedangkan data sekundernya adalah kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data dilakukan melalui trianggulasi data dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa perspektif orangtua yang menyekolahkan di SD terkait dengan penerapan zonasi masih belum maksimal dan banyak orangtua yang belum mengetahui secara detail aturan terbaru tentang kebijakan zonasi. Berdasarkan pemahaman orangtua, sistem zonasi merupakan kebijakan pemerintah yang menganjurkan anak bersekolah didasarkan pada jarak domisili yang terdekat dengan sekolah. Penerapan zonasi ini menunjukkan dampak negatif yang dirasakan oleh orangtua karena merasa kecewa dengan sistem zonasi ini sehingga tidak bisa bersekolah yang diinginkan bagi anak mereka. Namun, ada orangtua yang menunjukkan dampak positif dari sistem zonasi ini karena anak yang domisilinya terdekat dengan sekolah lebih …
Jurnal Cakrawala Pendas 8 (3), 932-940, 2022
2022 Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini
(Penelitian Pengembangan) atau yang sering disebut dengan penelitian R&D Sugiyono (2010: 407), model pengembangan yang digunakan ADDIE. Metode penelitian ini dipilih karena sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk buku cerita bergambar berbasis digital yang layak dan efektif dalam meningkatkan kecakapan literasi digital anak usia 4-5 tahun.
Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini 4, 2655-6561, 2022
2022 Development of Story Books Containing MELESAT (Mathematics, Existence, Literacy, Engineering, Science, Art, Technology) to Improve Literacy Skills among Group B of Early …
The purpose of this study was to develop a storybook containing Mathematics, Existence, Literacy, Engineering, Science, Art, Technology (MELESAT) to improve literacy skills among group B of early childhood education and to test the feasibility of designing a storybook containing MELESAT. This type of research is a Research and Development with Pretest-Posttest One Group Design, using the ADDIE model which includes five stages, namely Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluate. Subjects are children aged 5-6 years, including group B early childhood education totally 20. The instrument used a validation questionnaire and literacy tests. Results of this research indicate that the validation of the material obtained 3.04 of 4, validation of book design obtained 2.55 of 4 and validation of the media obtained 2.89 of 4. The effectiveness based on giving pretest and posttest to students totaled 20 subjects. The results showed that the pre-test score of 57% was developing as expected, and 43% was starting to develop. Post-test scores showed 7.5% progressed beyond expectations, 87.5% progressed as expected, and 5% started to develop. Through the content, design, and use of MELESAT books, there is an increase of literacy skills of children aged 5-6 years including group B early childhood education.
IJORER: International Journal of Recent Educational Research 3 (6), 728-736, 2022
2022 ANALISA PENGGUNAAN APLIKASI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING DI PAUD PADA MASA PANDEMI COVID-19
This research is based on a change in teaching patterns from face-to-face to online caused by the Covid-19 pandemic. This study uses a quantitative approach with a descriptive method which aims to determine the perception of PAUD teachers regarding the applications used during online learning during the Covid-19 pandemic. The subjects of this study were PAUD teachers totaling 126 respondents in the city of Surabaya. This research is quantitative research using quantitative descriptive data analysis techniques. The data collection technique in this study used a survey method in the form of a questionnaire in the form of a Google Form. From the data of this study, it was found that most PAUD teachers in Surabaya more often use the WhatsApp application to carry out online learning. When using the application, teachers often experience major problems related to the network. Even so, most PAUD teachers in Surabaya agree that the benefits of using the application are that the application is very effective and efficient to use in carrying out teaching and learning activities during the pandemic.
JP2KG AUD(Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini …, 2022