Publikasi Fakultas Ilmu Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
2022 Pengaruh media buku cerita bergambar terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B di tk tadika puri surabaya.”
Jurnal PAUD Teratai 11, 59-64, 2022
2022 Pengaruh Metode Pembelajaran Inside-Outside Circle Berbasis Media Video terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V
Pendidikan melambangkan suatu jalan yang memakai beberapa cara-cara khusus maka dari itu seseorang dapat memperoleh pemahaman, pengetahuan, serta cara berperilaku sewajarnya. Pendidikan yang mampu membawa sebuah perubahan dimasa depan yaitu mampu mengembangkan potensi dalam diri peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode pembelajaran dengan mengaplikasikan sistem Pembelajaran Inside-Outside Circle Berbasis Media Video Terahadap. Riset yang dipakai yakni Riset Tindak kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas V MI Internasional Sabilillah Sampang. Sebagai materi penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 21 orang peserta didik terdiri dari 10 orang peserta didik laki-laki serta 11 orang peserta didik perempuan. Peserta didik kelas V pada umumnya berusia 10-11 tahun. Anak-anak ini mempunyai sifat serta gaya …
Jurnal Basicedu 6 (5), 7700-7706, 2022
2022 Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar: Literatur Review
Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipenerapanmodelproblem based learning (PBL) padaliterasisainssekolahdasar. Penelitianinimenggunakanmetodologitinjauanpustakayangdilakukanberdasarkanpenelitian-penelitiansebelumnyayangrelevan. Sumber-sumberkajianpustakadidasarkanpadajurnal-jurnalpenelitiansebelumnyadenganmenggunakanpenelitianyangsamadenganfokuspadamodelpembelajaranberbasismasalah (PBL) pendidikanIPASD. Teknikpemilihanjurnalberdasarkankatakunci, tahunterbitdantujuanpenelitian. KatakunciyangdicaridiGoogleScholaradalahModelProblem Based Learning (PBL) untukLiterasiSains Siswa SDdenganmenggunakantahunterbitan2015hingga2022. PengujiandalampenelitianinibertujuanuntukmengetahuidanmenganalisismodelPBLuntukliterasisains siswa SD. Temuantersebutmeliputiartikelyangditinjauberdasarkanreferensi, metodepenelitian, danintervensi. Kesimpulanyangdicapaidalampenelitianiniadalah untuk meningkatkanliterasisainspadasiswasekolahdasar model yang diterapkan yaitu PBL, dan terbukti bahwa model PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa.
Jurnal Ilmiah Mandala Education 8 (4), 2022
2022 Pengembangan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar
Tujuan penelitian ini yakni menghasilkan kartu huruf yang valid, praktis dan efektif digunakan untuk membaca permulaan. Jenis penelitian yang digunakan yakni pengembangan model ASSURE (1)(Analyze Learners);(2)(States Objectives);(3)(Select Methods, Media, and Ingredient),(4)(Utilize Mediaand Ingredient);(5)(Require Learner Participation);(6)(Evaluate and Revise). Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket, tes serta dokumentasi penelitian. Teknik penelitian yang digunakan untuk menganalisis data yakni kuantitatif deskriptif. Hasil data penelitian diperoleh fakta bahwa kartu huruf yang dikembangkan peneliti dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 89% pada validator media dan 85, 21% validator ahli materi. Selain itu juga kualitas kartu huruf memperoleh respon dengan presentase sebesar 90, 4% yang masuk pada kategori sangat layak. Hasil uji coba menunjukkan bahwa kartu huruf sangat layak digunakan karena telah memenuhi kriteria peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa yakni dengan hasil NGain Score didapatkan hasil presentase sebesar 73.88% di kelas IIB dan 64.79 di kelas IIC. Oleh karena itu, kartu huruf yang dikembangkan peneliti sudah masuk pada kategori valid, praktis dan efektif diterapkan di kelas IIB dan IIC SD GMIT 01 Kalabahi Kabupaten Alor.
Jurnal Basicedu 6 (5), 8992-9006, 2022
2022 Development of Kidung Jula-Juli as a media for children's literacy
Kidung Jula-Juli is known as a sustainable art in East Java which has its own uniqueness. This uniqueness becomes a cultural value to be introduced to students. Kidungan Jula-Juli is a song development reseach with good messages from local wisdom. This research was conducted with a qualitative type of R&D (Research and Development) from the use of the ADDIE flow which has 5 steps (analyst, design, development, implementation, evaluation). Data collection techniques were obtained from the needs of observations and questionnaires The results of the research material show that experts accumulated a score of 5 while linguists formed a score of 4,386. Questionnaire responses from teachers and students were conducted by two schools consisting of 2 classes, each involving 4 teachers and 139 students. From 13 assessed aspects, it is safe to indicate that media literacy is very good. Kidung Jula-Juli …
Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 12 (2), 174-186, 2022
2022 Pengembangan Big Book Berbasis Kearifan Lokal Untuk Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sd
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pengembangan media big book berbasis kearifan lokal terhadap pembelajaran membaca permulaan pada siswa kelas I SD. Penelitian ini menggunakan metode literature review yang berfokus pada penggunaan literatur pada jurnal-jurnal penelitian serupa dengan menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development/R&D). Berdasarkan literature review, diperoleh hasil penelitian berupa kesimpulan bahwa setiap penelitian yang menggunakan media big book menunjukkan keefektifan dari media tersebut ketika digunakan pada pembelajaran membaca permulaan untuk siswa di kelas rendah. Media big book membuat pembelajaran lebih dekat dengan siswa, menyenangkan dan bermakna. Media ini sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa kelas I SD dan meningkatkan keterampilan membaca pada siswa yang dibuktikan dengan adanya respon positif dalam hasil belajar siswa dalam memahami sebuah informasi.
Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil …, 2022
2022 Penerapan Model Pembelajaran Untuk Meningkatan Literasi Baca Tulis: Literature Review
Rendahnya minat baca siswa di Indonesia juga seiring dengan rendahnya minat menulis. Minat membaca dan menulis sejatinya merupakan pondasi bagi seseorang agar bisa meningkatkan kemampuan literasinya. Minat membaca dan menulis sejatinya merupakan pondasi bagi seseorang agar bisa meningkatkan kemampuan literasinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peneran model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan literasi baca tulis. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan (literature review). Teknik pemilihan kepustakaan berdasarkan kata kunci model pembelajaran terhadap literasi baca tulis. Kepustakaan berasal dari hasil penelitian yang didapatkan pada laman google scholar dengan batas publikasi 15 tahun terakhir. Teknik studi kepustakaan menggunakan matriks sintetis berdasarkan sumber rujukan, jenis sampel, metode, intervensi, dan hasil temuan. Kesimpulan yang didapatkan bahwa penerapan model pemebelajaran yang dapat meningkatkan literasi baca tulis adalah dapat dilakukan menggunakan metode pembelajaran.
Pionir: Jurnal Pendidikan 11 (2), 2022
2022 Optimalisasi Media Sosial Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19
Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan 10 (1), 73-81, 2022
2022 Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun pada Era Transisi New Normal
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui langkah-langkah orang tua mengajak anak agar tertarik untuk belajar mengenal keaksaraan, mengetahui stimulasi orang tua pada anak saat belajar mengenal keaksaraan, mengetahui pelaksanaan belajar mengenal keaksaraan anak dengan orang tua. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 2 anak, orang tua dan guru. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan uji kredibilitas yang mencakup teknik triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan membandingkan dan mengecek hasil dari beberapa metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah yang perlu orang tua lakukan untuk mengajak anak supaya tertarik mengenal keaksaraan adalah tidak memaksa anak untuk belajar, memberikan reward berupa hadiah dan pujian, sering diberikan buku cerita, alat tulis menulis, waktu, dan media pembelajaran. Stimulasi orang tua pada saat mengenalkan keaksaraan berupa diberi pengetahuan tentang huruf alfabet, cara mengejanya, dan membacakan cerita sebelum tidur. Pelaksanaan belajar mengenal keaksaraan yaitu ketika ditengah-tengah kegiatan belajar anak sering diberikan ice breaking yang menyenangkan. Ditemukan metode unik pembelajaran yaitu mengenalkan huruf konsonan dan cara membacanya terlebih …
Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 9 (1), 46-58, 2022
2022 Tumbuh Kembang Anak Berdasarkan Tinjauan Kesehatan
Ibu dan bayi selamat, sehat, dan berkualitas merupakan hal yang diharapkan semua ibu pada saat menghadapi persalinan. Saat bayi baru lahir, tangisan menandakan kebebasan dan harapan untuk kehidupan dunia yang baik. UNICEF (2021) melaporkan sebanyak 140 juta bayi diperkirakan lahir pada tahun 2021. Rata-rata harapan hidup anak yang lahir diperkirakan selama 84 tahun. Pemahaman tentang pertumbuhan dan perkembangan beserta prosesnya harus dimiliki oleh setiap pasangan yang merencanakan kehamilan, hal ini menjadi sangat penting dalam upaya untuk menghasilkan individu yang berkualitas. Definisi anak yang berkualitas ialah anak yang optimalisasi perkembangannya berjalan dengan baik. Optimalisasi ini harus dimulai pada saat konsepsi kemudian dilanjutkan dengan pemberian stimulasi dan perawatan oleh lingkungannya. Kesehatan bayi sangat ditentukan oleh perawatan kesehatan dan orang tuanya sebelum terjadi pembuahan, bahkan perawatan kesehatan dan perbaikan asupan makanan dan pola hidup perlu dilakukan 6 bulan sebelum terjadinya konsepsi (Eskam, 2007).
Bunga Rampai Perkembangan Anak dalam Multiperspektif, 117, 2022