Publikasi S2 Manajemen Pendidikan
| | | | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Year | Title | Description | Publisher | Author(s) |
---|---|---|---|---|
2021 | Evaluation of Physical Fitness Development Program Using the CIPP Model | Planning a physical developing program must have a procedure that is organized and implemented with a good method to help soldiers achieve a good level of physical fitness. The purpose of this research is to evaluate how the implementation of the physical fitness development program at Naval Academy, Surabaya. This research is an evaluative study using a descriptive qualitative approach. The subject of this study are the department of Physical staff as respondents including the head of the department and 3 representatives at the Indonesian Naval Academy. The evaluation model used is the CIPP (Contex, Input, Process and Product) evaluation model developed by Stufflebeam and Shinkfield. Data were collected through structured interviews, observation and documentation analysis. The findings show that in general the four aspects of context, inputs, processes and products make a positive contribution to … |
rigeo 11 (8), 2021 | |
2021 | Kepemimpinan Pendidikan | Buku Kepemimpinan Pendidikan ini ditulis untuk dapat mengetahui, memahami dan mengimplementasikan pengetahuan tentang kepemimpinan yang sangat dibutuhkan dalam lembaga pendidikan, baik formal, informal maupun nonformal. Materi yang disajikan secara komprehensif tentang kepemimpinan secara filosofis, tujuan dan fungsi, syarat, pendekatan, gaya, dan implikasinya sehingga diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang kepemimpinan. Adapun struktur isi buku ini dibangun atas sembilan pokok bahasan, sebagai berikut: Pengertian dan konsep-konsep dasar kepemimpinan. Syarat-syarat dan prinsip-prinsip kepemimpinan. Kepemimpinan dan manajemen. Pendekatan dan model-model kepemimpinan. Tipe dan gaya kepemimpinan. Peranan pemimpin dalam mengelola konflik. Kepemimpinan dalam perilaku organisasi. Pemimpin pendidikan yang efektif. Praktik … |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Principal's Leadership Style to Improve Teacher Performance and Educational Performance. | The selection of the right leadership style by the principal will be able to bring the school towards improving quality and service. This study aims to describe and analyze the principal's leadership style in an effort to improve the performance of teachers and education personnel and to explore the factors that influence the principal's leadership style at SMA Negeri 2 Lumajang, East Java, Indonesia. This study uses a descriptive qualitative approach with a case study research design, the data collection techniques used are non-participant open observation, semi-structured interviews and documentation studies, techniques for data validity using credibility, transferability, dependability and conformability. The results showed that in leading the principal using a group leadership style. The influencing factors consist of a leader who has personality, past experience, high expectations for all school personnel to develop the … |
Review of International Geographical Education Online 11 (9), 2021 | |
2021 | Pengantar teori perkembangan peserta didik | Manusia yang diawali dari janin, bayi, kanak, remaja, dewasa, tua merupakan agen-agen pembawa perubahan zaman. Tentunya agen perubahan peradaban sering dimulai dari masa kanak-kanak. Seorang anak dikatakan memasuki dunia yang bernama PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) yaitu sedari mereka lahir hingga berumur enam tahun. PAUD adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Hal-hal yang dilakukan pada jenjang ini seperti pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal Bab 1 Konsep Dasar Belajar Bab 2 Teori Perkembangan Kognitif Piaget Bab 3 Teori Perkembangan Moral Bab 4 Perkembangan Afektif Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Emosi Bab 5 Karakteristik Dan Perbedaan Individu Bab 6 Pertumbuhan Dan Perkembangan Individu Bab 7 Pengertian Belajar Dan Teori-Teori Belajar Bab 8 Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Belajar Bab 9 Guru Dan Proses Belajar Mengajar |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Pengelolaan Pendidikan | Pengelolaan Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam menjalankan proses atau aktivitas Pendidikan di unit organisasi yang dikelola. Ketercapaian tujuan Pendidikan di setiap unit Pendidikan tidak terlepas dari kajian teori dan penerapan pengelolaan Pendidikan. Jika pengelolaan Pendidikan dapat dilaksanakan dengan baik, sistematis, efektif dan efisien, maka seluruh komponen sumber daya yang ada dalam unit organisasi tersebut dapat digerakkan Bersama untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan. Tentu, keberhasilan di setiap unit organisasi Pendidikan ini akan berkontribusi pada pencapaian tujuan Pendidikan secara nasional. Buku ini berisi materi yang dapat diterapkan secara langsung di setiap unit organisasinya dan disesuaikan dengan konteks dan tujuan yang hendak dicapai. Adapun isi buku ini terdiri dari: Bab 1 Pengantar Pengelolaan Pendidikan Bab 2 Wawasan Dasar Pengelolaan Pendidikan Bab 3 Pengelolaan Satuan Pendidikan Bab 4 Supervisi Pendidikan Bab 5 Sistem Informasi Pendidikan/Manajemen Bab 6 Pengelolaan Kurikulum Bab 7 Pengelolaan Peserta Didik Bab 8 Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Bab 9 Pengelolaan Sarana Prasarana Bab 10 Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat Bab 11 Pengelolaan Kelas |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Landasan Pedagogik: Teori dan Kajian | Materi landasan pedagogik ini sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan maupun organisasi karena dikaji secara komprehensif dan lebih lengkap dari kajian filosofis, kajian empirik, perkembangan, evaluasi, dan implikasinya sehingga diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang pedagogik. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas sebelas pokok kajian bahasan, yaitu mencakup: Ragam perspektif pedagogik tentang makna pendidikan, pengajaran dan pelatihan. Pendidikan sebagai ilmu pengetahuan. Kajian antropologis filsafat terhadap hakikat manusia dan pendidikan. Kajian historis terhadap tokoh-tokoh pendidik. Kajian psikologis terhadap realitas perkembangan peserta didik. Kajian terhadap perkembangan religi peserta didik. Kajian empirik tentang pranata pendidikan dalam latar budaya dan organisasi. Perspektif pedagogik tentang landasan manajemen pendidikan. Perspektif pedagogik tentang evaluasi pendidikan. Kajian tentang research and development pendidikan. Kajian tentang implikasi landasan pedagogik terhadap pengembangan teori dan praktek pendidikan di Indonesia dan dunia. Buku ini sangat berguna dan mendukung bagi mahasiswa yang belajar di Fakultas Ilmu Pendidikan, bagi guru, dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, organisasi, perusahaan dan pemerhati dalam bidang pendidikan dalam menambah wawasan tentang pedagogik sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan. |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Dasar-Dasar Kependidikan | Buku “Dasar-Dasar Kependidikan” ini merupakan landasan umum dan praksis dalam rangka menjalankan tugas panggilan sebagai pendidik di sekolah maupun perguruan tinggi. Namun demikian Buku ini tidak hanya membahas ketentuan teknik operasional berkenaan dengan tugas sebagai dosen, pendidik dan pengajar di sekolah, melainkan memuat prinsip-prinsip umum yang mendasar mengenai tugas kependidikan dan keguruan. Buku ini membahas: Bab 1 Pengertian dan Tujuan Kependidikan. Bab 2 Landasan dan Asas Pendidikan. Bab 3 Pendidikan Sebagai Suatu Sistem. Bab 4 Pendidik dan Peseerta didik. Bab 5 Perangkat Pembelajaran. Bab 6 Metode Pembelajaran Bab 7 Kebutuhan Manusia Terhadap Pendidikan. Bab 8 Aliran Pokok Dalam Pendidikan. Bab 9 Lingkungan Pendidikan. Bab 10 Berbagai Permasalahan Pokok Pendidikan Bab 11 Homeschooling dan Masalah-Masalah Pendidikan Bab 12 Konsep Pendidikan Seumur Hidup. Bab 13 Pendidikan Masa Depan. |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Administrasi Supervisi Pendidikan | Buku ini disusun untuk mengetahui, memahami, menambah wawasan, dan pengetahuan tentang Administrasi dan Supervisi Pendidikan serta keterkaitannya sehingga pengkajiannya lebih lengkap dan komprehensif guna meningkatkan ilmu pengetahuan dalam bidang Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Buku ini sangat berguna bagi mahasiswa yang belajar di Fakultas Ilmu Pendidikan, bagi guru, dosen, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan pemerhati dalam bidang pendidikan. Buku ini disajikan dengan struktur yang dibangun atas Sembilan pokok bahasan, yaitu mencakup: Konsep dan Teori Administrasi Pendidikan; Ruang lingkup, Tujuan, Prinsip dan Fungsi Administrasi Pendidikan; Administrasi Tatalaksana Sekolah; Administrasi Guru dan Kegiatan Belajar Mengajar; Administrasi Kesiswaan; Konsep Supervisi Pendidikan; Kepemimpinan Pendidikan; Kepala Sekolah sebagai Administrator; Monitoring dan Evaluasi Pendidikan. |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan | Kehadiran buku ini dengan maksud dan tujuan untuk memberikan tambahan paradigma pengetahuan dan membantu para pembaca yang berasal dari berbagai kalangan, baik akademisi maupun praktisi dalam memahami teori kepemimpinan dan pengambilan keputusan. Buku ini membahas mengenai konsep kepemimpinan dan pengambilan keputusan yang dibagi atas 14 bab yaitu: Bab 1. Filosofi dan Konsep Dasar Kepemimpinan Bab 2. Pemimpin dan Kepemimpinan Bab 3. Beberapa pendekatan kepemimpinan Bab 4. Gaya Kepemimpinan Bab 5. Peranan Kepemimpinan Bab 6. Delegasi Kekuasaan Bab 7. Kepemimpinan dan Konflik Bab 8. Kepemimpinan Situasional Bab 9. Kepemimpinan di Indonesia Bab 10. Pengertian dan Hakekat Pengambilan Keputusan Bab 11. Proses dan Mekanisme Pengambilan Keputusan Bab 12. Jenis dan Tipe Keputusan Bab 13. Diagram Pohon Keputusan Bab 14. Implementasi Sistem Pengambilan Keputusan |
Yayasan Kita Menulis, 2021 | |
2021 | Pengantar Metodologi Penelitian | Buku Metodologi Penelitian Pendidikan ini dibuat sebagai bahan referensi dan juga memberikan wawasan tambahan kepada pembaca perihal perkembangan Metodologi Penelitian Pendidikan yang ada pada masyarakat revolusi industri 4.0. Sejalan dengan modernisasi pendidikan serta kemajuan teknologi yang menyertainya, buku ini dapat dijadikan solusi terbaik sehingga tujuan dan manfaat dapat dicapai dengan maksimal. Secara detail pembahasan buku ini meliputi: Bab 1 Hakikat Penelitian Pendidikan dan Paradigma Penelitian Bab 2 Ruang Lingkup dan Kontribusi Penelitian Terhadap Pengetahuan dan Pendidikan Bab 3 Etika, Legalitas dan Hubungan Manusia dalam Penelitian Bab 4 Klasifikasi Jenis-Jenis Penelitian Bab 5 Judul, Masalah, Tujuan, dan Manfaat Penelitian Bab 6 Review Literatur dan Hipotesis Penelitian Bab 7 Variabel, Data, Populasi, Sampel dan Setting Penelitian Bab 8 Teknik dan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian Bab 9 Metode atau Teknik Analisa Data Penelitian Kesembilan materi pokok tersebut dikemas sedemikian rupa sehingga setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan buku ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami metodologi-metodologi penelitian pendidikan terkini dengan baik dan benar secara utuh. |
Yayasan Kita Menulis, 2021 |