Publikasi S2 Teknologi Pendidikan

Year Title Description Publisher Author(s)
Pengelolaan Kurikulum Menghafal Alquran Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang
Dalam penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu (1) untuk mengetahui struktur kurikulum menghafal alquran yang dimiliki dan dilaksanakan di Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang.(2) Untuk mengetahui proses berlangsungnya pengelolaan kurikulum menghafal alquran di Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang.(3) Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam menghafal alquran pada Pondok Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, obsevasi dan dokumen yang ada dalam lembaga. Hal ini bertujuan untuk menggali informasi berupa kata-kata tertulis baik dari tindakan maupun lisan untuk menunjukan tentang segala sesuatu tentang jalannya proses pengelolaan dan metode yang digunakan dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dapat ditarik kesimpulan tentang jalannya kurikulum yang ada dan metode yang digunakan. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh Struktur kurikulum menghafal al-quran di pondok pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang menggunakan kurikulum yang berkesinambungan atas setiap tingkatnya. anajemen kurikulum dalam pondok pesantren Madrasatul Quran Tebuireng Jombang telah mengikuti standar pengelolaan kurikulum yang ada akan tetapi belum tersistem secara sistematis. terdapat beberapa metode yang digunakan oleh guru tersebut yaitu metode pembelajaran Talaqi atau pembelajaran langsung dari guru ke santri, lalu ada …
Volume, 0